3 Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak / Dihack Orang

Mengembalikan Akun FB yang Dibajak – Kehilangan akses masuk akun Facebook kita sendiri karena dibajak/hack memang sangat merugikan, apalagi kalau yang dibajak itu adalah akun FB utama kita dan akun tersebut sudah terhubung dengan beberapa platform lain seperti Instagram atau yang lainnya.

Dalam beberapa kasus pembajakan akun Facebook seringkali memang digunakan untuk hal-hal yang merugikan secara personal pemilik akunnya sendiri, tentu hal yang seperti ini tidak diinginkan oleh semua orang.

Akan tetapi jika kalian sudah terlanjur mengalami hal tersebut, maka kalian bisa mencoba beberapa cara mengembalikan akun FB yang dibajak berikut ini.

Baca juga: Kumpulan Nama FB Keren Untuk Laki-laki dan Perempuan

Penyebab Akun FB Dibajak

Hal-hal yang membuat akun Facebook kita terkena bajak orang lain seringkali datang dari kelalaian diri kita sendiri. Diketahuinya Username dan Password facebook ataupun email oleh hacker menjadi faktor utama penyebab kasus pembajakan akun Facebook terbanyak.

Lantas bagiamana seorang hacker bisa mengetahui password FB kita, padahal kita tidak pernah memberitahukan password tersebut kepada orang lain?

Dibawah ini akan kami sebutkan beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang bisa mengetahui password Facebook sehingga mereka bisa membajak akun facebook kalian.

  • Mengakses Web Phising. Seperti yang kita ketahui web phising sekarang sangat banyak, dan para penipu menggunakan banyak sekali modus yang digunakan. Salah satunya adalah pura-pura menjadi teman kalian dan memberi link phising, jika kalian klik link tersebut dan mengisi data, maka otomatis penipu tersebut bisa mengetahui password facebook kalian.
  • Lupa belum Logout Facebook di Warnet/tempat umum lainnya. Hal tersebut juga sangat bisa untuk membuat para hacker mengetahui password FB kalian
  • Tanpa Sadar Disadap Orang. Usahakan hapus aplikasi yang mencurigakan di HP ataupun Komputer anda, agar meminimalisir hal tersebut

Itulah hal-hal yang menurut kami perlu kalian waspadai agar tidak terjadi kejadian seperti akun FB terbobol hacker. Namun apabila kalian sudah terlanjur terkena bajak FB, kalian bisa menggunakan cara mengembalikan akun FB yang dibajak di bawah ini.

Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak

Memang terkesan sulit mengembalikan suatu akun FB yang dibajak kembali kesemula. Akan tetapi hal itu bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, karena pada dasarnya pihak Facebook sendiri memang menyediakan layanan untuk memulihkan akun-akun yang dibajak secara resmi.

Bagi kalian yang sedang mengalami kondisi yang tidak mengenakkan seperti akun FB dibajak orang lain dan akun tersebut malah disalah gunakan yang mengatas namakan kalian, jangan khawatir dulu. Kalian bisa mencoba 3 cara mengembalikan akun FB yang dibajak atau terkena hack dibawah ini:

1. Rubah Kata Sandi FB Lewat Email/Nomer Telepon

Cara mengembalikan akun FB yang terkena hack yang pertama adalah menggunakan email. Saat akun FB terkena hack biasanya kita tidak bisa login kedalam akun Facebook tersebut. Saat hal itu terjadi langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengamankan email yang terkait dengan akun Facebook kalian.

Kalian pasti ingat bahwa saat mendaftar akun FB kita disuruh untuk memasukkan email/nomer telepon. Lewat email/nomer telepon tersebut kita bisa mengembalikan akun FB yang dibajak dan membuat kata sandi baru untuk FB kita, dengan syarat kita harus bisa login terlebih dahulu ke email tersebut atau jika kita menggunakan nomer telepon, maka nomor tersebut harus masih aktif.

Untuk cara mengembalikan akun FB yang dibajak menggunakan email/nomer telepon kalian bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama kalian harus mengunjungi situs Pusat bantuan Facebook https://www.facebook.com/help , setelah itu pilih menu Login dan Kata Sandi
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Didalam menu Login dan Kata Sandi kemudian kalian pilih Reset Kata Sandi Anda
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Kemudian kalian akan dibawa pada jendela untuk menemukan akun FB kalian, masukkan email/nomer telepon yang terkait dengan akun FB kalian yang dibajak
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Ikuti langkah-langkah dari Facebook dengan seksama. Biasanya kalau kalian menggunakan email maka kalian akan diberikan link pemulihan untuk merubah kata sandi baru (link akan dikirim ke email).

    Sedangkan kalau kalian menggunakan nomor telepon, maka kalian akan mendapat kode OTP yang dikirim dalam bentuk pesan ke nomor telepon tersebut untuk mereset kata sandi.
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak

Cara mengembalikan akun FB yang dibajak menggunakan metode ini bisa dibilang termudah dan paling cepat untuk dilakukan.

Namun jika akun facebook kalian belum juga kembali maka kami sarankan untuk menggunakan metode lain untuk mengembalikan akun FB yang dihack atau dibajak, seperti poin kedua berikut ini.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Tebal di Facebook 100% WORK

2. Ajukan Laporkan Pembajakan Ke Facebook

Cara untuk mengembalikan akun FB yang dibajak kedua adalah dengan mengajukan laporan pembajakan akun ke pihak Facebook.

Facebook sebenarnya sudah mewanti-wanti mengenai pembobolan akun para penggunanya dengan membuat web kusus untuk pelaporan pembajakan akun FB.

Akan tetapi banyak dari kita tidak tahu apa nama web dan juga cara untuk mengajukan laporan pembajak akun Facebook agar akun FB kita yang dibajak bisa digunakan kembali.

Nah, dibawah ini kami akan membagikan cara mengembalikan akun FB yang dibajak dengan mengajukan laporan pembobolan akun ke pihak Facebook.

  • Pertama buka situs https://id-id.facebook.com/hacked kemudian pilih Akun Saya Dibobol.
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Lalu kalian akan dibawa pada kolom untuk menemukan akun FB kalian. Masukkan email/nomer telepon yang terkait dengan akun Facebook kalian.
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Jika kalian sudah mengisi email/nomer telepon yang benar, maka kalian akan disuruh untuk memasukkan kata sandi akun FB kalian.
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Kalau akun FB kalian sedang dibobol maka kalian tidak akan bisa login, dan facebook akan mengarahkan untuk mereset kata sandi dengan mengirimkan kode OTP lewat SMS atau link pemulihan akun lewat email.
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Setelah itu, ikuti panduan dari pihak facebook sampai selesai.

Walaupun cara mengembalikan akun FB yang dibajak ini sama-sama menggunakan metode kode OTP lewat SMS atau link pemulihan akun lewat email.

Akan tetapi dengan menggunkaan laporan pembobolan akun FB di Facebook Hacked ini kalian bisa menambahkan email lain untuk pengiriman link pemulihan akun.

Jadi jika email kalian sudah dikuasai oleh pihak pembobol, kalian masih bisa untuk mengembalikan akun FB kalian.

3. Pulihkan Akun dengan Akun FB Orang Lain

Cara yang ketiga untuk mengatasi akun FB yang di hack atau di bajak orang adalah dengan menggunakan akun orang lain. Untuk memulihkan akun FB dengan metode ini, kalian cukup meminjam akun Facebook milik teman atau keluarga.

Langkah-langkah cara mengembalikan akun FB yang dihack atau dibajak menggunakan akun orang lain adalah:

  • Pertama buka profil akun FB kalian yang tekena bajak, setelah itu klik titik tiga yang ada disamping kanan, lalu pilih menu Cari Dukungan atau Laporkan Profil
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Kemudian kalian kan ditawari banyak pilihan, pilih Hal Lainnya
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Setelah itu pilih Pulihkan Akun Ini
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Maka kalian akan dibawa pada kolom untuk mengisi email/nomer ponsel yang terkait dengan akun FB kalian yang di bajak, masukkan email/nomer ponsel yang terkait
    cara mengembalikan akun fb yang dibajak
  • Ikuti arahan selanjutnya dari Facebook

Cara mengembalikan akun FB yang dibajak menggunakan akun Facebook orang lain ini sebenarnya hampir sama dengan metode-metode yang lain, yaitu kalian harus punya kendali terhadap email/nomer ponsel yang terkait dengan akun Facebook kalian.

Tips Agar Akun FB Aman dari Pembajakan

Jika kalian sudah berhasil untuk mengembalikan akun FB yang dibajak, maka langkah selanjutnya adalah mencegah pembajakan agar akun FB kalian tidak terbajak kembali.

Hal yang perlu kalian lakukan pertama kali setelah berhasil keluar dari jeratan akun FB terkena hack atau bajak orang lain adalah dengan mengganti kata sandi baik itu email dan Facebook dengan kata sandi yang kuat.

Inilah beberapa tips membuat kata sandi yang kuat, dan hal lain yang akan membuat kalian aman dari pembajakan akun facebook:

  • Gunakan kata sandi yang sulit untuk ditebak orang lain, tetapi mudah diingat oleh kalian sendiri
  • Gunakan kombinasi kata sandi antara huruf kapital, huruf kecil, angka, dan simbol
  • Gunakan kata sandi yang panjang, semakin panjang kata sandi maka akan semakin bagus
  • Jangan pernah menyebarkan password kalian ke orang lain, mencatat password atau menulis dalam bentuk dokumen
  • Pastikan kalian sudah Logout akun FB jika kalian mengaksesnya ditempat umum, seperti warnet
  • Saat menggunakan komputer di warnet, hapus jejak rekam penggunaan anda di komputer tersebut atau bahasanya disebut bersihkan cache atau cookie. 

Itulah tips agar kalian bisa terhindar dari pembajakan akun FB atau akun-akun yang lain.

Baca juga: Cara Membuka Blokir WA Tanpa Diketahui Pemblokir

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara mengembalikan akun facebook yang dibajak atau terkena hack. Walaupun ada cara untuk mengembalikan akun FB yang dibajak tetapi akan lebih baik jika akun FB kita tidak terbajak orang lain.

Karena selain dapat membuat privasi kita diketahui orang tersebut, akun FB kalian bisa digunakan dalam hal yang dapat membuat kalian dirugikan.

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar