2 Cara Mudah Membuat Gradasi Warna di Photoshop

Diposting pada

Cara Membuat Gradasi Warna di Photoshop – Jika anda bingung untuk membuat gradasi atau gradient di photoshop, maka anda tidak perlu khawatir. Pasalnya di artikel kali ini akan menjawab pertanyaan anda terkait cara membuat gradasi warna di photoshop secara lengkap dengan gambar.

Dengan mengetahui cara membuat gradasi di photoshop ini, anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke studio foto untuk mendapatkan hasil foto yang menampilkan efek gradasi warna sesuai yang anda inginkan.

Meskipun photoshop memiliki banyak pilihan versi seperti CS1, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6 hingga CC, namun untuk membuat gradasi warna di photoshop dapat dilakukan di versi manapun itu.

Karena, untuk membuat gradasi warna di photoshop ini kita hanya memperlukan beberapa fitur saja yang dimana fitur-fitur tersebut bisa anda temukan di semua versi photoshop.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara membuat gradasi atau gradient di photoshop, silahkan untuk menyimak tutorialnya berikut di bawah ini.

Baca Juga: Cara Aktifkan Camera RAW Filter Photoshop

Cara Membuat Gradasi Warna di Kanvas

Pertama-tama kita akan belajar cara dasar membuat gradasi warna di kanvas kosong photoshop. Cara ini bisa anda pakai untuk membuat background gradasi, dan membuat teks berwarna gradasi yang nanti akan kita bahas di poin kedua.

Baiklah tanpa berlama-lama langsung saja kita mulai cara membuat gradasi warna di kanvas photoshop:

  1. Buka photoshop dan buat lembar kerja atau kanvas baru, klik File > New > tentukan ukurannya > lalu Ok. buat kanvas baru
  2. Pilih Gradient Tool yang ada di toolbox kiri photoshop.gradient tool
  3. Klik Gradient Picker untuk membuka menu Gradient Editor. gradient picker
  4. Pada menu Gradient Editor ini anda bisa membuat warna gradasi secara custom, caranya klik Color Stop lalu pilih Color yang anda inginkan. cara membuat gradasi warna di photoshop
  5. Untuk menambah titik Color Stop, anda bisa klik di bawah kotak warna gradient. Ini berfungsi jika anda ingin membuat beberapa warna gradasi. membuat gradasi warna di photoshop
  6. Anda juga dapat menggeser atau mengatur posisi color stop susuai kebutuhan anda.
  7. Jika anda ingin menghapus color stop, anda bisa melakukannya dengan cara klik titik color stop lalu tekan tombol hapus di keyboard anda.
  8. Setelah pemilihan dan pengaturan gradasi warna selesai, langsung saja klik Ok.
  9. Selanjutnya, letakkan kursor anda di bagian tepi kanvas, kemudian klik dan tarik sampai ke tepi sebrangnya. membuat gradasi dengan gradient tool
  10. Sekarang anda sudah berhasil membuat gradasi warna. membuat gradasi warna di photoshop

Nah, selanjutnya anda tinggal mengkreasikan gradasi warna yang sudah jadi tersebut. Anda bisa membuatnya menjadi background foto atau desain poster, brosur, pamflet dan lain sebagainya.

Cara Membuat Gradasi Warna Pada Teks

Pada poin kedua ini kita akan membuat gradasi warna di teks atau tulisan. Caranya cukup mudah dan hampir sama dengan cara pertama. Namun bedanya di sini kita akan menggunakan fitur lain yaitu Blanding option dan Gradient overlay.

Berikut cara membuat gradasi warna di teks photoshop:

  1. Buka photoshop dan buatlah halaman kerja baru, pilih File > New > tentukan ukurannya > lalu klik Ok. buat kanvas baru
  2. Pilih Horizontal Type Tool dan ketikkan teks di halaman kerja anda. Sebagai contoh di sini saya menuliskan teks “Gradasi”. buat teks
  3. Klik kanan pada layer teks lalu pilih Blanding Option. blanding option
  4. Selanjutnya akan terbuka jendela baru, di sana pilihlah opsi Gradient Overlay. gradient overlay
  5. Pilih Gradient untuk membuat gradasi warna (seperti cara sebelumnya). cara membuat gradasi warna di teks photoshop
  6. Pada opsi Style anda bisa memilih style gradasi yang anda inginkan, di sini saya menggunakan style Linear.
  7. Pada opsi Angle anda dapat mengatur angle gradasi. Di tutorial ini saya mengatur anglenya menjadi horizontal.
  8. Pada opsi Scale anda dapat mengatur scale gradasi, semakin tinggi nilainya maka akan semakin halus transisi warna anda.
  9. Terakhir pilih Ok. cara membuat color gradient teks di photoshop

Cara ini merupakan salah satu cara yang sering dipakai untuk mendesain teks agar kelihatan lebih ciamik dengan perpaduan warna yang unik.

Itulah 2 cara membuat gradasi warna di photoshop yang bisa anda gunakan untuk mempercantik desain anda. Silahkan pelajari dan kembangkan sendiri cara di atas agar hasil anda semakin maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *