tutorian21

Cara Mengaktifkan Fitur Camera RAW Filter di Photoshop CS & CC

Diposting pada

Apakah Anda sedang mencari menu camera RAW filter di Photoshop, namun tak kunjung ketemu? Mungkin masalah tersebut terjadi karena Anda belum mengaktifkan fitur camera RAW filter secara manual pada pengaturan photoshop.

Kasus seperti ini sering terjadi, terutama di aplikasi photoshop versi lama seperti photoshop CS6. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya cara mengaktifkan fitur camera RAW filter sendiri sangat mudah.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus mengetahui versi photoshop yang Anda gunakan saat ini. Karena pada versi CS dan CC letak menu camera RAW filter-nya berbeda.

Pengertian dan Fungsi Camera RAW Filter

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika kita pahami lebih dulu apa itu camera RAW filter dan fungsinya.

Camera RAW filter adalah fitur photoshop yang awalnya dirancang untuk memproses dan mengedit foto yang diambil dari format file RAW di kamera saja. Namun seiring berjalannya waktu, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengedit file gambar JPEG dan TIFF.

Dalam fitur Camera RAW Filter terdapat berbagai macam menu setingan seperti Exposure, Highlight, Contrast dan lain sebagainya.

Menu setingan tersebut dapat digunakan untuk mengontrol warna, pencahayaan dan lain-lain sehingga akan menciptakan gambar dengan efek yang Anda inginkan.

Mengaktifkan Camera RAW Filter di Photoshop CC

Cara mengaktifkan camera RAW filter di photoshop CC sebenarnya cukup mudah, karena pihak adobe sendiri telah menyediakan menu khusus untuk mengaksesnya.

camera RAW filter photoshop cc
  1. Buka aplikasi photoshop dan masukkan gambar yang ingin diedit.
  2. Pergi ke menu Filter yang berada di bar atas photoshop.
  3. Pilih opsi Camera RAW Filter.
  4. Selanjutnya fitur camera RAW filter akan otomatis muncul.
  5. Selesai.

Mengaktifkan Camera RAW Filter di Photoshop CS

Adobe memang tidak menyediakan fitur atau menu untuk mengakses camera RAW filter di photoshop CS6. Oleh karena itu Anda harus mengaktifkan sendiri fitur camera RAW filter melalui menu preference.

Berikut cara mengaktifkan camera RAW filter di photoshop CS6 dan versi CS lainnya:

  1. Buka aplikasi photoshop, lalu masuk ke menu Edit – Preference – Camera RAW. camera RAW filter photoshop cs
  2. Selanjutnya anda akan dibawa ke menu setelan Camera RAW Preferences.
  3. Di menu tersebut silahkan ubah setelan JPEG and TIFF Handing menjadi seperti gambar di bawah ini. camera RAW filter photoshop cs6
  4. Simpan setelan Anda dengan mengeklik opsi OK di kanan atas.
  5. Tutup aplikasi photoshop dan buka kembali.
  6. Terakhir, masukkan gambar Anda maka setelan camera RAW filter akan otomatis muncul. camera RAW filter cs6
  7. Selesai.

Perlu Anda ingat bahwa fitur camera RAW filter di photoshop CS6 akan muncul secara otomatis saat Anda memasukkan atau open gambar di photoshop, dan juga tidak ada menu akses khusus karena memang pihak adobe sendiri tidak membekalinya.

Jika Anda ingin mematikan kembali fitur ini, silahkan kembalikan pengaturannya seperti semula.

Demikian pembahasan kita tentang cara mengaktifkan fitur camera RAW filter di photoshop CS dan CC. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *