Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi dan Keluar Sendiri

WhatsApp Tidak Menanggapi – Hampir semua orang sekarang ini menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi. Mengingat betapa pentingnya peran WhatsApp dalam kehidupan kita sehari-hari, maka akan sangat kacau jika sewaktu-waktu aplikasi WhatsApp kita eror.

Kejadian erornya aplikasi WhatsApp secara tiba-tiba biasanya banyak terjadi pada smartphone berspesifikasi rendah. Hal ini biasanya ditandai dengan pemberitahuan di HP bahwa “WhatsApp tidak menanggapi” atau “Not Responding“, dan hal tersebut dapat terjadi berulang-ulang ketika kita membuka aplikasi WhatsApp.

Kondisi tersebut tentu saja membuat pesan yang kita kirim atau dikirimkan ke kita tidak masuk. Lantas bagaimana cara mengatasi WhatsApp eror tidak menanggapi dan keluar sendiri?

Simak artikel ini sampai selesai, dan temukan solusi WA tidak menanggapi yang terjadi padamu.

Mengapa WhatsApp Tidak Menanggapi?

Kondisi WhatsApp yang eror dengan peringatan tidak menanggapi sebenarnya mengisyaratkan bahwa ada kesalahan sistem yang terjadi ketika aplikasi WA berjalan di HP kita.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari aplikasi nya crash ataupun sistem HP kita yang tidak mampu menjalankan aplikasi tersebut.

Berikut beberapa penyebab WhatsApp tidak menanggapi yang biasanya terjadi di sebuah HP.

1. WhatsApp belum diupdate

Penyebab pertama WhatsApp eror tidak menanggapi adalah karena aplikasi WhatsApp yang terpasang di HP kita sudah terlalu usang atau belum diupdate ke versi yang terbaru.

Kondisi ini terkadang membuat aplikasi WhatsApp tidak dapat berjalan dengan baik di HP. Dan jika hal ini terus berlanjut, maka sistem pada HP tidak akan bisa menjalankan aplikasi dengan lancar.

2. File cache WhatsApp terlalu besar

Penyebab kedua yang dapat membuat WhastApp tidak menanggapi atau not responding adalah menumpuknya file cache dari aplikasi WhatsApp kita.

File cache adalah sebuah file penyimpanan sementara dari sebuah aplikasi yang akan membuat proses loading aplikasi menjadi cepat. File cache sebenarnya dapat membuat kinerja aplikasi menjadi lebih optimal, namun jika menumpuk terlalu banyak justru dapat memberatkan kinerja HP, sebab banyak file yang harus dimuat dalam aplikasi tersebut.

Banyaknya file yang terdapat di aplikasi WhatsApp akan membebani RAM ponsel kita, dan jika RAM kita sudah tidak dapat menampungnya maka otomatis aplikasi tersebut akan Force Close atau menutup dengan sendirinya.

3. Terjadi kesalahan pada sistem HP

Penyebab ketiga yang seringkali membuat WhatsApp tidak menanggapi adalah adanya kesalahan sistem di HP kita. Kondisi ini biasanya tidak hanya membuat aplikasi WhatsApp saja yang eror, namun aplikasi lain juga bisa mengalami eror.

Kesalahan sistem yang terjadi di HP kita bisanya disebabkan karena OS sudah terlalu lama tidak di update, sehingga terdapat banyak bug sistem yang belum teratasi. Selain itu, terhapusnya file penting di OS kita juga dapat membuat crash sistem.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menaggapi

Setelah kita mengetahui 3 penyebab dasar terjadinya WhatsApp eror dengan notifikasi tidak menanggapi atau not responding, maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengatasi eror WhatsApp tersebut.

Sebenarnya, untuk mengatasi WhatsApp tidak menanggapi, kita tidak bisa berpatokan pada satu cara saja, sebab ada banyak hal yang dapat menyebabkan eror tersebut.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan bagikan 6 cara untuk mengatasi WhatsApp eror tidak menanggapi. Silahkan coba cara di bawah ini satu persatu.

1. Update Aplikasi WhatsApp

Cara pertama yang dapat kamu lakukan ketika mengalami WhatsApp tidak menanggapi adalah dengan mengupdate aplikasi WhatsApp kamu ke versi terbaru. Hal ini bisa menjadi sebuah solusi jitu jika penyebab eror di WA kamu karena versi aplikasi yang sudah terlalu usang.

Seperti yang kita ketahui, bahwa disetiap update aplikasi akan ada perbaikan dari versi sebelumnya, sehingga jika ada eror di aplikasi versi lama maka dapat terselesaikan dengan mudah hanya dengan update versi WA terbaru.

2. Hapus Cache WhatsApp

cara mengatasi whatsapp tidak menanggapi dengan clear cache

Setelah melakukan update WA versi terbaru namun hasilnya masih eror maka bisa disimpulkan penyebab eror yang terjadi bukan dari versi WA kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menghapus file cache yang berada pada aplikasi WhatsApp, sebab menumpuknya file cache di WA juga dapat menghambat kinerja RAM untuk mengakses aplikasi.

3. Kosongkan Penyimpanan Internal Ponsel

Apabila kamu mengalami eror WhatsApp tidak menanggapi dan kondisi penyimpanan internal ponsel kamu sedang penuh, maka mengkosongkan penyimpanan internal bisa menjadi solusi untuk WA eror tersebut.

Hal tersebut karena, penyimpanan internal dalam sebuah HP berperan penting dalam proses kinerja disemua aplikasi yang ada di HP, sehingga jika penuh maka kinerja semua aplikasi menjadi tidak optimal dan bahkan dapat menyebabkan eror.

Untuk mengkosongkan penyimpanan internal ponsel, kamu tinggal hapus beberapa file besar seperti video atau foto hingga kira-kira kosong 30% dari penyimpanan total yang kita miliki.

4. Restart HP

cara mengatasi whatsapp tidak menanggapi dengan restart hp

Kondisi WhatsApp tidak menanggapi atau not responding bisa tejadi karena RAM di HP kita penuh, sebab ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini membuat RAM tidak dapat mengakses aplikasi WA sehingga menjadi eror.

Untuk mengkosongkan RAM yang terdapat banyak aplikasi berjalan di latar belakang, kamu bisa lakukan restart atau muat ulang HP. Restart HP dapat merefresh RAM dan membebaskannya dari aplikasi yang tidak berguna, selain itu muat ulang HP dapat menyegarkan sistem operasi ponsel kita.

5. Reset atau Update OS HP

cara mengatasi whatsapp tidak menanggapi dengan reset dan update os

WhatsApp tidak menanggapi juga bisa terjadi jika OS di HP kita sedang bermasalah. Kondisi OS HP yang bermasalah berdampak pada semua ekosistem HP, salah satunya adalah aplikasi menjadi eror dan tidak bisa dibuka.

Jika mengalami hal tersebut, ada dua opsi yang dapat kamu lakukan. Apabila OS kamu tidak ada update pembaharuan, kamu bisa melakukan reset setingan pabrik HP, dan jika ada pembaharuan OS, maka kamu tinggal update OS tersebut.

Reset HP akan membuat pengaturan sistem kita kembali ke setingan default, sehingga jika ada eror pada sistem HP kita maka akan hilang. Sedangkan update OS akan memperbaiki bug-bug yang terjadi di OS versi lama.

6. Atur Ulang Perizinan Akses WhatsApp

cara mengatasi whatsapp tidak menanggapi dengan atur ulang perizinan aplikasi

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan ketika mengalami WhatsApp tidak menanggapi adalah dengan mengatur ulang ulang perizinan akses aplikasi WA kita. Eror pada WhatsApp bisa saja terjadi karena akses dari WA dibatasi di HP kita, sehingga aplikasi tidak bisa berjalan secara optimal.

Biasanya perizinan aplikasi WhatsApp yang luput adalah akses berjalan di latar belakang aplikasi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa WA selalu berjalan di latar belakang, sehingga jika ijin akses tersebut dicekal maka akan membuat WA menjadi eror.

Apakah WA Tidak Menanggapi Bisa Terjadi Lagi?

Pada dasarnya eror WhatsApp tidak menanggapi yang sudah hilang atau terselesaikan bisa saja terjadi lagi, sebab tidak hanya satu variabel yang dapat menyebabkan eror tersebut.

Namun jika kita tahu penyebab dan solusinya secara cermat, maka bisa meminimalisir eror tersebut dapat terjadi. Selain itu, apabila eror WA tidak menanggapi menghampiri kita lagi, maka kita bisa lakukan proses perbaikan agar bisa terselesaikan.

Penutup

Itulah pembahasan tentang WhatsApp tidak menanggapi atau not responding yang dapat kami bagikan. Kondisi WA eror tidak menanggapi selalu ada penyebabnya, jadi analisis penyababnya terlebih dahulu agar solusinya bisa tepat dan eror tidak terulang lagi.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply