waktu komputer eror

Penyebab & Cara Mengatasi Waktu Komputer Selalu Berubah

Diposting pada

Jika Anda mengalami masalah jam dan tanggal komputer selalu berubah, itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti daya baterai CMOS yang hampir habis, hingga terdapat pengaturan sistem yang salah.

Untuk memastikan waktu di komputer Anda tersetel dengan benar dan tidak berubah-ubah lagi, di sini kami akan menjelaskan apa saja faktor penyebab waktu di komputer eror dan juga cara mengatasinya agar dapat normal kembali.

Baiklah, mari langsung saja simak penyebab dan cara mengatasi waktu Komputer selalu berubah terus-menerus berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Waktu Komputer yang Selalu Berubah

Setidaknya kami menemukan empat alasan paling umum yang mengakibatkan jam dan tanggal di komputer Anda tidak tepat waktu atau tersetel ulang terus-menerus setelah perangkat komputer dimatikan.

1. Baterai CMOS Mati

Masalah pertama yang patut Anda curigai atas erornya waktu di komputer Anda adalah baterai CMOS.

Baterai CMOS adalah baterai kecil yang terletak di motherboard komputer. Baterai ini berfungsi untuk memberikan daya ke chip Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS).

baterai cmos habis

Chip ini adalah tempat menyimpan informasi tentang konfigurasi sistem, termasuk tanggal dan waktu. Baterai CMOS bertugas memberikan daya agar chip ini dapat menyimpan data meskipun perangkat komputer dimatikan.

Jika baterai CMOS tidak berfungsi, maka chip tidak akan bisa menyimpan data lagi dan akan mengakibatkan jam dan tanggal di komputer salah. Setiap kali Anda me-restart komputer, Anda akan menemukan bahwa waktu akan tersetel default dan salah, seperti menjadi tanggal 1 Januari jam 00:00.

Untungnya, mengganti baterai CMOS tidak begitu sulit untuk Anda lakukan sendiri. Untuk lebih jelasnya tentang cara mengganti baterai CMOS, Anda bisa melihat artikel kami berikut ini: Cara Mengganti Baterai CMOS pada PC dan Laptop.

2. Pengaturan Zona Waktu yang Salah

Jika jam komputer Anda salah dan hanya terlewat atau kurang beberapa jam/menit saja dari waktu yang benar, bisa jadi penyebabnya ada pada pengaturan zona waktu yang salah.

Bahkan kalau Anda sudah mengatur ulang jam dan tanggal secara manual, sistem Windows akan melupakan pengaturan tersebut dan kembali lagi ke pengaturan waktu yang salah setelah komputer reboot.

Untuk memperbaiki zona waktu yang salah pada windows 10, silahkan klik kanan pada jam komputer yang ada di kiri bawah layar, lalu pilih Adjust date/time. Atau bisa juga dengan melalui menu Setting > Time and Language > Date and Time.

Selanjutnya, periksa apakah Zona waktu sudah teratur dengan benar atau belum. Jika belum, silahkan atur dulu melalui menu dropdown, lalu silahkan pilih zona waktu (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

mengubah zona waktu

Aktifkan opsi Set time automatically agar sistem dapat mengontrol waktu secara otomatis. Terakhir, simpan setingan waktu Anda dengan klik opsi Sync now atau Singkronkan sekarang.

3. Windows Time Is Out Sync

Jika ternyata baterai CMOS Anda belum habis dan tidak bermasalah, namun waktu di komputer masih belum benar juga, mungkin masalahnya ada pada pengaturan sinkronisasi waktu yang tidak benar.

Pertama, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptop Anda sedang menyingkronkan jamnya ke server waktu yang benar. Caranya buka Settings > Time & Language > Region, kemudian pilih Additional date, time & regional settings yang ada di bilah kanan.

menyingkronkan waktu komputer

Setelah jendela baru terbuka, pilih Set the time and date kemudian pilih tab Internet time > Change setting, dan di sini Anda dapat mengubah Server melalui menu dropdown atau dengan langsung memasukkan server yang anda inginkan.

menyingkronkan waktu komputer

Jangan lupa klik tombol Ok untuk menyimpan pengaturan Anda. Sekarang sistem akan menggunakan pengaturan ini untuk menyingkronkan jam komputer agar tidak hanyut dan berubah berlahan seiring waktu yang lama.

Namun ini belum selesai, Anda masih perlu memastikan Windows benar-benar menyingkronkan waktunya secara teratur.

Caranya masuk dulu ke tombol Windows lalu ketikkan Services di kolom pencarian, kemudian buka menu Services tersebut.

Pada jendela Services cari Windows Time, klik kanan dan pilih Properties.

menyingkronkan waktu komputer

Kemudian ubah Startup type menjadi Automatic, klik Stop lalu klik Start untuk memastikan program berjalan. Terakhir, klik Ok untuk menyimpan perubahan Anda.

menyingkronkan waktu komputer

4. Terkena Malware

Kasus seperti ini memang jarang terjadi, namun jika Anda sudah melakukan semua cara perbaikan di atas dan belum berhasil juga, Anda perlu mencurigai adanya Malware di komputer Anda.

Malware bisa membajak komputer dan mengacaukan waktunya. Biasanya Malware ini akan mengubah jam dan tanggal komputer Anda ke beberapa tahun silam, dengan tujuan mengelabuhi scanning dari aplikasi antivirus.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memakai software antivirus terbaik dan terbaru, dan jangan lupa untuk terus memperbarui antivirus ke versi terbaru saat sudah tersedia.

Jam & Tanggal Komputer Sudah Kembali Tepat Waktu

Bagaimana, apakah jam dan tanggal komputer Anda sudah kembali normal dan tepat waktu sekarang? Jika belum, cara terakhir yang bisa kami sarankan adalah dengan memperbarui versi BIOS atau UEFI.

Untuk mencegah hal seperti ini terjadi lagi, Anda harus lebih memperhatikan hal-hal detail dari perangkat komputer Anda. Kelalaian kecil bisa berdampak buruk di masa yang akan datang, seperti saat baterai CMOS mati, komputer akan kehilangan data BIOS saat rebot.

Demikian pembahasan kita mengenai penyebab dan cara mengatasi waktu komputer yang terus berubah. Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan share ke teman-teman Anda agar masalah jam komputer eror tidak terjadi pada mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *