Ukuran Lapangan Rugby Beserta Gambar dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Rugby – Rugby merupakan olahraga bola besar yang dimainkan secara tim, dua tim yang bermain rugby di lapangan akan mencoba mencetak poin terbanyak agar bisa menjadi pemenang.

Jika kita melihat secara sekilas cara bermain rugby hampir mirip dengan american football, akan tetapi kedua olahraga ini berbeda karena dalam prakteknya rugby memiliki atribut keamanan lebih sedikit jika dibanding dengan american Football.

Oleh sebab itu salah satu faktor penting yang harus dijaga dalam bermain rugby adalah faktor keselamatan pemain di lapangan.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Berbeda dengan olahraga bola lainnya, olahraga rugby memiliki karakteristik yang unik. Hal tersebut karena di dalam rugby kita bisa mencetak poin dengan cara menyepak, melempar, dan membawa bola ke gawang atau menyetuh di garis belakang lawan untuk mencetak angka.

Setiap tim yang bertanding di lapangan rugby terdiri dari 22 pemain, akan tetapi hanya ada 15 pemain yang berada di dalam lapangan. Jadi 7 pemain sisanya adalah cadangan yang berada di base lapangan.

Permainan rugby adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik dan juga strategi untuk bisa menembus pertahanan lawan, oleh sebab itu pemahaman mengenai lapangan rugby seperti ukuran lapangan rugby adalah pengetahuan yang wajib dimiliki pemain.

Bagi kalian yang ingin mengetahui ukuran lapangan rugby, maka kalian berada dalam artikel yang tepat. Karena di dalam artikel Tutorian21 kali ini akan membahas tentang ukuran lapangan rugby beserta gambar lapangannya.

Ukuran Lapangan Rugby

Lapangan rugby berbentuk persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa zona. Setiap zona yang ada di lapangan rugby memiliki peran tersendiri terhadap jalannya permainan.

Zona-zona yang ada di dalam lapangan rugby dihubungkan oleh garis-garis yang bersifat sebagai tanda.

Ada dua garis tengah yang membagi lapangan rugby menjadi dua, yaitu garis dead ball dan garis try. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar lapangan rugby beserta ukurannya di bawah ini.

Baca Juga; Ukuran Lapangan Tenis

Gambar Lapangan Rugby Beserta Ukurannya

ukuran lapangan rugby
Gambar lapangan rugby beserta ukurannya

Untuk bisa memahami ukuran lapangan rugby secara menyeluruh, maka kita harus mengerti dahulu pembagian zona-zona yang ada dalam lapangan rugby. Hal tersebut karena tidak semua zona yang ada di lapangan rugby digunakan semuanya.

Lapangan rugby yang dipakai terbagi mejadi beberapa zona, dimulai dari zona 10 meter yang diukur dari garis tengah lapangan dan diberi garis.

Zona selanjutnya adalah zona 22 meter, zona ini diukur dari goal line sebesar 22 meter dan diberi garis pada bagian tersebut.

Untuk ukuran terperinci mengenai lapangan rugby adalah:

  • Panjang lapangan rugby: 94-100 meter
  • Lebar lapangan rugby: 68-70 meter
  • Panjang end zone/ touch in goal line: 10 meter

Gambar dan Ukuran Gawang Rugby

Gawang lapangan rugby terletak di tengah-tengah garis goal line, dan dihubungkan oleh dua tiang vertikal.

Bentuk gawang rugby sedikit berbeda dengan gawang-gawang olahraga bola besar lainnya, bentuk gawang rugby seperti huruf “H”.

Untuk lebih jelasnya mengenai bentuk dan ukuran gawang rugby, kalian bisa melihat gambar dan ukurannya di bawah ini.

ukuran lapangan rugby
Gambar gawang rugby beserta ukurannya
  • Tiang gawang rugby memiliki tinggi minimal: 3,4 meter
  • Lebar gawang rugby atau jarak antar tiang: 5,6 meter
  • Tinggi mistar gawang: 3 meter

Ukuran Bola Rugby

Bola rugby memiliki bentuk oval, hal tersebut karena bola yang digunakan untuk rugby tidak hanya dilempar ataupun ditendang saja, tetapi juga dibawa lari. Sehingga bentuk oval dan memiliki empat panel adalah bentuk paling pas.

Seperti bola dalam cabang olahraga lainnya, bola rugby juga memiliki standar ukuran yang harus dipenuhi agar bisa digunkan untuk pertandingan rugby secara resmi.

Inilah ukuran bola rugby yang sesuai standar.

ukuran lapangan rugby
Gambar dan ukuran bola rugby
  • Panjang bola rugby:  280-300 milimeter
  • Keliling dari ujung ke ujung: 740-770 milimeter (panjang)
  • Lebar bola rugby: 580-620 milimeter (keliling lingkaran)
  • Berat bola rugby: 410-460 gram
  • Tekanan udara bola rugby:  65,71-68,75 kilopascal per sentimeter persegi

Jumlah dan Posisi Pemain Rugby di Lapangan

Suatu tim rugby union terdiri dari 22 pemain, 15 pemain akan bertanding di lapangan sedangkan 7 pemain sisanya menjadi pemain cadangan di base.

Dari 15 pemain rugby yang bertanding di lapangan, dibagi menjadi dua posisi pemain yaitu pemain penyerang dan pemain bertahan.

ukuran lapangan rugby
Posisi pemain rugby di lapangan

Pemain penyerang rugby akan menggunakan jersey atau seragam dengan nomer punggung 1-8, sedangkan pemain bertahan menggunakan jersey dengan nomor punggung 9-15.

Suatu tim rugby boleh melakukan pergantian pemain ketika sedang bertanding, dengan jumlah maksimal pergantian pemain delapan kali. Pemain yang sudah pernah diganti boleh untuk masuk kembali kelapangan.

Peralatan Pemain Rugby di Lapangan

Rugby merupakan olahraga bola yang membutuhkan tenaga fisik banyak, hal ini karena dalam cara bermain rugby kita boleh untuk membawa bola, melempar, atau menendang bola rugby.

Selain itu dalam permainan rugby, hal-hal seperti menahan lawan dengan kekuatan penuh diperbolehkan. Jadi benturan antar pemain rugby di lapangan merupakan hal yang biasa.

Oleh sebab itu dalam bermain rugby kita memerlukan peralatan kemanan yang lebih jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. Hal tersebut untuk menjamin keselamatan pemain rugby ketika sedang bertanding di lapangan.

Inilah peralatan dan pakaian yang wajib dikenakan pemain rugby di lapangan:

  • Jersey (seragam)
  • Celana pendek
  • Kaus kaki
  • Sepatu rugby

Selain perlengkapan wajib yang harus dipakai, seorang pemain rugby juga diperbolehkan menggunakan peralatan keamanan tambahan seperti:

  • Mengenakan pelindung tulang kering
  • Mengenakan  sarung tangan ( sarung tangan tanpa jari )
  • Pelindung gigi
  • Pelindung kepala
  • Menggunakan perban atau dressing untuk menutupi dan melindungi cedera

Peraturan dan Sistem Skor Pertandingan Rugby

Selain mengetahui ukuran lapangan rugby, ada banyak hal yang harus kita ketahui dalam olahraga rugby. Salah satunya adalah peraturan dan sistem skor yang digunakan dalam peratndingan rugby.

1. Peraturan permainan rugby

Inilah beberapa peraturan didalam permainan rugby di lapangan:

  • Kick off: sebuah tendangan yang manandai awal permainan rugby.
  • Restart kick: sebuah tendangan kick off yang dilakukan setelah terjadi goal.
  • Ruck: suatu keadaan dimana bola berada di tanah dan terdapat satu atau lebih dari pemain kedua tim berada sangat dekat dengan bola, saat terjadi ruck pemain hanya boleh menggunakan kaki untuk memindahkan bola.
  • Maul: suatu kondisi jika pembawa bola dihadang oleh tim lawan dan membuat pembawa bola atau rekan satu timnya terjepit. Saat kondisi maul bola rugby tidak boleh jatuh ke tanah.
  • Mark: suatu kondisi dimana pemain melakukan tangkapan bola terhadap tendangan lawan di garis 22 meter dan berteriak “mark”. Pemain yang melakukan mark tidak bisa di tackel dan berhak drop uot.

2. Penilaian poin pertandingan rugby

Cara untuk mencetak poin didalam permainan rugby bermacam-macam, dan memiliki jumlah poin yang didapat yang berbeda-beda juga.

Setiap cara mencetak poin di rugby memiliki istilah dan pengertian yang berbeda-beda, dan inilah beberapa istilah dan pengertian cara mencetak poin di rugby:

  • Try, merupakan suatu cara mencetak poin dengan mendaratkan bola melewati garis gawang lawan, saat melakukan try tim akan mendapatkan 5 poin
  • Conversion/Konversi, saat tim berhasil melakukan try, tim tersebut berkempatan mendapatkan 2 poin tambahan dengan melakukan tendangan konversi. Tendangan konversi dialakukan dengan menendang bola melampaui palang di antara¬† pos dari tempat pada garis dimana nilai Try di dapat
  • Penalti, suatu kondisi dimana tim sedang dilanggar dan memperoleh tendangan penalti ke gawang. Jika berhasil menendang maka mendapat 3 poin
  • Drop goal, suatu kondisi dimana bola terjatuh dan pemain melakukan tendangan setengah voli. Drop gola bernilai 3 poin

Baca Juga: Ukuran Lapangan Futsal

Penutup

Sekian artikel tentang ukuran lapangan rugby. Olahraga rugby merupakan olahraga tim yang mengandalakan fisik, jadi untuk bisa melakukan olahraga ini pertimbngkan kondisi fisik kalian terlebih dahulu.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar