Gambar dan Ukuran Lapangan Lompat Tinggi

Ukuran Lapangan Lompat Tinggi – Lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang cukup populer di Indonesia, bahkan banyak sekolah-sekolah yang memasukkan olahraga lompat tinggi dalam mata pelajaran Penjasorkes .

Seperti namanya, lompat tinggi adalah olahraga dimana para pemain akan berlari pada jarak tertentu dan berusaha melompat setinggi-tingginya agar bisa melewati mistar atau crossbar.

Sebenarnya olahraga lompat tinggi bisa kita mainkan di mana saja, asalkan ada area untuk berlari, tiang lompatan, dan juga tempat untuk mendarat. Akan tetapi dalam kancah lompat tinggi profesional, lapangan yang digunakan untuk lompat tinggi harus sesuai standar.

Standar ukuran lapangan lompat tinggi dikeluarkan oleh badan internasional dan nasional yang mengatur tentang olahraga atletik, yaitu IAAF (Association of Athletics Federations) dan PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Standar ukuran lapangan lompat tinggi bersifat mutlak dan harus diterapkan dalam lapangan , hal tersebut supaya lapangan lompat tinggi bisa digunakan untuk pertandingan secara resmi.

Lalu berapakah ukuran lapangan lompat tinggi yang sesuai standar? Jika kalian memiliki pertanyaan tersebut, maka kalian berada pada artikel yang tepat.

Karena dalam artikel Tutorian21 kali ini akan menjelaskan tentang ukuran lapangan lompat tinggi yang sesuai standar, dan untuk mempermudah kalian memahaminya kami sertakan juga gambar lapangan lompat tinggi beserta ukurannya dan keterangannya.

Baca juga: Ukuran lapangan Takraw

Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Ukurannya

Lapangan lompat tinggi memiliki bentuk setengah lingkaran pada bagian depan atau lintasan awal untuk berlari para pemain sebelum melompat.

Standar ukuran lapangan lompat tinggi sebenarnya hanya dibatasi oleh minimum ukuran saja, akan kita juga harus memperhatikan batas wajar ukuran lapangan lompat tinggi tesebut.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar lapangan lompat tinggi beserta ukurannya di bawah ini.

ukuran lapangan lompat tinggi
Gambar lapangan lompat tinggi beserta ukurannya

Ukuran lapangan Lompat Tinggi

Secara detail ukuran lapangan lompat tinggi dibagi menjadi empat bagian yaitu:

  • Ukuran lintasan awal (runway)

Bentuk lintasan awal pada lapangan lompat tinggi adalah setengah lingkaran, dengan panjang minimum 15 meter dan jarak ini diambil dari garis tengah tiang lopatan.

Sedangkan untuk daerah tumpuan pada bagian lintasan awal harus datar, dan memiliki tingkat kemiringan 1:100.

  • Ukuran Mistar (crossbar)

Mistar atau bilah lompat didalam lapangan lompat tinggi memiliki ukuran panjang 3,98 – 4,02 meter, dengan berat maksmial 2 kg.

Mistar lompat memiliki ukuran garis tengah 2,5 – 3 meter dan berbentuk bulat dengan permukaan yang datar, permukaan mistar memiliki ukuran 3cm x 15 cm x 20 cm.

Untuk penopang mistar lopat memiliki ukuran 4 cm dan panjang 6 cm.

  • Ukuran Tiang (high jump post)

Tiang yang digunakan untuk penyangga mistar sekaligus ukuran tinggi lompatan terbuat dari kayu, besi, atau bahan apapun asalkan kokoh. Jarak kedua tiang sebesar 3,98 – 4,02 m.

  • Ukuran Tempat pendaratan (landing area)

Tempat pendaratan didalam lapangan lompat tinggi berbentuk persegi empat dengan lebar minimum 3 x 5 m, dan memiliki dua tingkatan.

Tingkatan pertama atau alas terbuat dari busa dengan ketebalan 60 cm, sedangkan dilapisan atas terbuat dari matras dengan tebal 10-20 cm.

Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Keterangannya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai ukuran lapangan lompat tinggi, bahwasannya lapangan lompat tinggi terdiri dari berbagai sarana atau item pendukung antara lain:

  1. Lintasa awal (runway)
  2. Mistar atau bilah lompat (crossbar)
  3. Tiang lompat (high jump post)
  4. Tempat pendaratan (landing area)

Adanya sarana atau item pendukung lompat tinggi dalam lapangan tentunya memiliki fungsi dan peran tersendiri.

Untuk lebih memahami mengenai penjelasan sarana yang ada di dalam lapangan lompat tinggi, kalian bisa melihat gambar lapangan lompat tinggi beserta keterangannya di bawah ini.

ukuran lapangan lompat tinggi beserta keterangannya
Gambar lapangan lompat tinggi beserta keterangannya

Peraturan Pertandingan Lompat Tinggi

Selain ukuran lapangan lompat tinggi yang harus sesuai dengan aturan, pemain lompat tinggi yang bertanding di lapangan juga memiliki peraturan permainan yang harus ditaati agar mendapat poin yang sah.

Inilah beberapa peraturan pertandingan lompat tinggi yang harus diperhatikan oleh atlet atau pemain lompat tinggi:

  • Pemain atau atlet lompat tinggi harus melompat melewati mistar tanpa menyentuhnya.
  • Apabila dalam melompat tubuh pemain atau atlet lompat tinggi mengenai misar, maka diberi tiga kali percobaan untuk melompat melewati mistar dengan ukuran ketinggian yang sama. jika sampai pada percobaan ketiga masih gagal, maka dinyatakan gugur.
  • Ketika pemain sedang melakukan tolakan, maka harus menggunakan satu kaki.
  • Atribut yang ditentukan oleh panitia harus di ikuti oleh pemain lompat tinggi.
  • Seorang atlet atau pemain lompat tinggi diperbolehkan untuk menyerah dan tidak melanjutkan lompatan, jika merasa sudah tidak mampu melompat.
  • Pengecekan ukuran tinggi mistar dilakukan secara berkala.

Itulah beberapa aturan dasar yang harus ketahui atlet lompat tinggi, sebenarnya masih ada aturan-aturan lain didalam pertandingan lompat tinggi. Tetapi akan kami bahas pada artikel selanjutnya secara khusus, agar kalian tidak kebingungan.

Baca juga: Lapangan Tenis Beserta Ukurannya

Penutup

Sekian pembahasan tentang ukuran lapangan lompat tinggi dari kami. Perlu kalian ketahui bahwa adanya pendisiplinan mengenai standar dan ukuran lapangan lompat tinggi adalah untuk mencegah para atlet cedera saat melompat.

Terimkasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar