Ukuran Lapangan Lompat Jauh, Gambar, Keterangan, dan Peraturan

Ukuran Lapangan Lompat Jauh – Olahraga lompat jauh adalah salah satu jenis olahraga lompat yang berfokus pada seberapa jauh jarak loncatan seorang atlet atau pemain.

Lompat jauh merupakan salah satu olahraga atletik yang banyak dimainkan dalam berbagai macam kejuaraan, baik itu Internasional maupun Nasional. Bahkan pada tahun 1896 lompat jauh sudah masuk cabang olahraga yang dilombakan dalam olimpiade modern.

Akan tetapi untuk menggelar sebuah pertandingan resmi lompat jauh kita harus melakukan beberapa persiapan, salah satunya adalah menyesuaikan ukuran lapangan lompat jauh dengan standar yang telah ditentukan.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Standar ukuran lapangan lompat jauh sendiri dikeluarkan oleh badan induk olahraga atletik, yaitu Association of Athletics Federations (IAAF) dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Nah, pada artikel kali ini akan membahas tentang ukuran lapangan lompat jauh baik itu standar Nasional maupun Internasional.

Dan untuk mempermudah kalian memahaminya kami ilustrasikan juga dalam gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya, dan juga gambar lapangan lompat jauh beserta keterangannya.

Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Ukuran lapangan lompat jauh standar Internasional diatur oleh IAAF sebagai badan induk olahraga atletik dunia, sedangkan untuk lapangan lompat jauh standar Nasional diatur oleh PASI sebagai badan induk olahraga atletik di Indonesia.

Untungnya kedua ukuran lapangan lompat jauh baik itu standar Internasional maupun Nasional memiliki ukuran yang sama.

Di bawah ini akan kami jelaskan kedua standar tersebut dalam sebuah gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya dibawah ini.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Lompat Tinggi

Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya

ukuran lapangan lompat jauh
Gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya
  • Panjang lintasan awalan lapangan lompat jauh: 13-45 meter.
  • Lebar lintasan awalan lapangan: 1,22 meter.
  • Panjang papan lepas landas lapangan lompat jauh: 1,22 meter.
  • Lebar papan lepas landas: 20 cm.
  • Tebal papan lepas landas: 10 cm.
  • Panjang papan plastisin lapangan lompat jangkit: 1,21 – 1,22 meter.
  • Lebar papan plastisin: 10 cm.
  • Tebal papan plastisin: 0,7 cm.
  • Panjang bak pasir lapangan lompat jauh: 9 meter.
  • Lebar bak lompat jauh : 2,75 meter.
  • Panjang build in try: 1-3 meter.

Itulah ukuran lapangan lompat jauh yang sesuai standar baik Internasional maupun Nasional. Apabila kalian masih kebingungan tentang keterangan dan penjelasan dari area-area yang ada di lapangan lompat jauh kalian bisa melihat gambar lapangan lompat jauh beserta keterangannya di bawah ini.

Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Keterangannya

Lapangan lompat jauh sebenarnya terbentuk dari beberapa wilayah-wilayah, setiap wilayah yang ada di dalam lapangan lompat jauh memiliki fungsi dan nama-nama sendiri.

Untuk mempermudah kalian memahami wilayah atau area yang ada di dalam lapangan lompat jauh, kalian bisa melihat gambar di bawah ini:

ukuran lapangan lompat jauh
Gambar lapangan lompat jauh beserta keterangannya

1. Lintasan awal (Runway)

Lintasa awal atau runway adalah sebuah lintasan lurus yang digunakan para pemain lompat jauh untuk berlari sebelum melompat.

Lintasan awal di dalam lapangan lompat jauh berbentuk persegi panjang dan harus memiliki permukaan yang rata, hal tersebut agar para pemain bisa lebih mudah untuk berlari.

2. Papan lepas landas (Take-off board)

Papan lepas landas atau take-off board adalah sebuah area atau papan yang digunakan pemain untuk melompat.

Letak papan lepas landas ini berada di depan lintasan awal, karena papan ini sekaligus pembatas area berlari para pemain. Oleh sebab itu papan lepas landas biasanya dicat dengan warna putih atau warna yang mencolok.

Pada bagian depan papan lepas landas terdapat sebuah papan plastisin yang digunakan untuk mengecek sah tidaknya lompatan pemain.

3. Build in try

Bulid in try adalah sebuah area di dalam lapangan lompat jauh yang berada di antara lintasan awal dengan tempat pendaratan dengan panjang antara 1-3 meter.

Ukuran area ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan kondisi permainan lompat jauh yang disepakati, jadi apabila ingin menyesuakan panjang area ini tinggal membongkar papan lepas landas menyesuaikan dengan jarak area ini.

4. Tempat pendaratan (Landing area)

Tempat pendaratan atau landing area adalah sebuah area yang digunakan pemain mendarat setelah melompat.

Area ini berbentuk bak pasir persegi panjang agar para pemain yang mendarat bisa mengurangi tekanan pendaratan dan sekaligus bisa mengurangi resiko cidera bila terjadi kesalahan mendarat.

Peraturan Permainan Lompat Jauh di Lapangan

Sama dengan ukuran lapangan lompat jauh, peraturan lompat jauh juga dikeluarkan oleh IAAF sebagai badan induk olahraga atletik.

Peraturan lompat jauh yang dikeluarkan oleh IAAF terdiri dari aturan melompat pemain hingga perlengkapan atau atribut pemain lompat jauh.

Inilah beberapa peraturan lompat jauh yang dikeluarkan oleh IAAF:

  • Waktu maksimal pemain menyelesaikan lompatan adalah 1 menit, waktu ini dihitung ketika pemain melangkah ke area lintasan awal.
  • Bagian kaki pelompat tidak boleh melewati bagian tepi garis pelanggaran (foul line) yang terletak persis setelah balok lepas landas. Apabila bagian kaki ada yang melewati garis pelanggaran, maka lompatan akan dinilai tidak sah.
  • Pemain lompat jauh memiliki tiga kali kesempatan melompat, lompatan yang tidak sah juga akan dihitung sebagai lompatan.
  • Jika terjadi pelanggaran, hakim akan mengukur jarak lompatan mulai dari tepi garis pelanggaran ke titik pendaratan pertama yang pelompat lakukan.
  • Teknik gerakan jungkir balik (somersault) tidak diperbolehkan saat melakukan lompatan.
  • Sepatu yang digunakan pemain tidak boleh memiliki sol atau alas yang melebihi 13 mm.

Itulah beberapa peraturan dasar lompat jauh yang telah dikeluarkan oleh IAAF, peraturan yang kami sebutkan di atas adalah peraturan dasarnya saja.

Penutup

Sekian artikel tentang ukuran lapangan lompat jauh beserta gambar, keterangan, dan peraturannnya. Lompat jauh merupakan olahraga yang mengandalakan teknik dan kekuatan, oleh sebab itu memahami medan atau lapangan lompat jauh sangatlah penting.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan komentar