Gambar dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit & Aturannya

Ukuran Lapangan Lompat Jangkit – Lompat jangkit atau dalam bahasa inggris disebut Triple jump merupakan salah satu dari empat cabang olahraga atletik lompat yang paling sering dilombakan.

Hampir sama dengan lompat jauh, lompat jungkit sendiri berfokus pada jarak horizontal lompatan pemain.

Selain hal tersebut, ukuran lapangan lompat jangkit berbeda dengan lapangan lompat jauh, walaupun perbedaannya keduanya tidak signifikan.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Lompat Tinggi

Sama dengan olahraga atletik lainnya, ukuran lapangan lompat jangkit juga diatur oleh badan induk olahraga atletik yaitu IAAF (International Association of Athletics Federations) dan PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Jika kalian tertarik mengetahui ukuran lapangan lompat jangkit beserta gambar dan keterangannya, atau ingin mengerti perbedaan antara lompat jangkit dengan lompat jauh, maka kalian sedang membaca artikel yang tepat.

Ukuran Lapangan Lompat Jangkit (Triple Jump)

Bentuk lapangan lompat jangkit sebenarnya sama dengan lapangan lompat jauh, akan tetapi dalam masalah ukuran lapangan lompat jangkit ada sedikit penyesuaian dengan lapangan lompat jauh.

Dalam lapangan lompat jangkit jarak papan lepas landas dengan bak pasir atau tempat pendaratan antara 11-13 meter. Hal ini sangat berbeda dengan lompat jauh yang papan tumpu atau lepas landasnya bergandengan dengan bak pasir.

Untuk lebih mudah memahami ukuran lapangan lompat jangkit, kalian bisa melihat gambar lapangan lompat jangkit beserta ukurannya di bawah ini.

Gambar Lapangan Lompat Jangkit Beserta Ukurannya

ukuran lapangan lompat jangkit
Gambar lapangan lompat jangkit beserta ukurannya
  • Panjang lintasan awal lapangan lompat jangkit: 40 meter (minimal).
  • Lebar lintasan awal: 1,22 meter.
  • Panjang papan lepas landas lapangan lompat jangkit: 1,22 meter.
  • Lebar papan lepas landas: 20 cm.
  • Tebal papan lepas landas: 10 cm.
  • Jarak papan lepas landas dengan bak pasir: 11 meter (untuk putri).
  • Jarak papan lepas landas dengan bak pasir: 13 meter (untuk putra).
  • Panjang papan plastisin lapangan lompat jangkit: 1,21 – 1,22 meter.
  • Lebar papan plastisin: 10 cm.
  • Tebal papan plastisin: 0,7 cm.
  • Panjang bak pasir lapangan lompat jangkit: 9 meter.
  • Lebar bak lompat jauh : 2,75 meter.
  • Panjang build in try: 1-3 meter.

Itulah ukuran lapangan lompat jangkit, jika kalian masih kebingungan mengenai istilah ataupun keterangan bagian-bagian yang ada dalam lapangan lompat jangkit, bisa melihat gambar lapangan lompat jangkit beserta keterangannya di bawah ini.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Futsal

Gambar Lapangan Lompat Jangkit Beserta Keterangannya

Sebenarnya jika kita lihat lebih dalam, lapangan lompat jangkit tersusun atas beberapa area atau wilayah, mulai dari lintasan awal sampai bak pasir atau tempat pendaran.

Selain memahami ukuran lapangan lompat jangkit, kita juga perlu memahami fungsi dari area-area yang ada di dalamnya.

Nah, untuk lebih mudah kalian memahami area-area yang ada di dalam lapangan lompat jangkit, kalian bisa melihat gambar lapangan lompat jangkit beserta keterangannya di bawah ini:

ukuran lapangan lompat jangkit
Gambar lapangan lompat jangkit beserta keterangannya

1. Lintasan awal (Runway)

Lintasa awal atau runway adalah sebuah lintasan lurus yang digunakan para pemain lompat jangkit untuk berlari sebelum melompat. Lintasan awal di lapangan lompat jangkit berbentuk persegi panjang dan harus memiliki permukaan yang rata.

2. Papan lepas landas (Take-off board)

Papan lepas landas atau take-off board adalah sebuah area atau papan yang digunakan pemain untuk melompat. Papan lepas landas dicat dengan warna mencolok sperti putih.

Letak papan lepas landas pada lapangan lompat jangkit memiliki jarak yang lebih jauh jika dibandingkan dengan yang ada di lapangan lompat jauh.

Pada bagian depan papan lepas landas terdapat sebuah papan plastisin yang digunakan untuk mengecek sah atau tidaknya lompatan pemain.

3. Build in try

Bulid in try adalah sebuah area di dalam lapangan lompat jauh yang berada diantara lintasan awal dengan tempat pendaratan dengan panjang antara 1-3 meter.

4. Tempat pendaratan (Landing area)

Tempat pendaratan atau landing area adalah sebuah area yang digunakan pemain mendarat setelah melompat.

Area ini berbentuk bak pasir persegi panjang agar para pemain yang mendarat bisa mengurangi tekanan pendaratan dan sekaligus bisa mengurangi resiko cidera bila terjadi kesalahan mendarat.

Perbedaan Lompat Jauh dan Lompat Jangkit

Walaupun sama-sama berfokus pada jauhnya jarak lompatan, tetapi sebenarnya antara olahraga lompat jauh dan lompat jangkit sangatlah berbeda.

Mulai dari ukuran lapangan lompat jangkit yang berbeda sampai teknik pelaksanaan berbeda dengan lompat jauh.

Kami sudah mengumpulkan beberapa perbedaan mendasar antara olahraga lompat jangkit dan lompat jauh, antara lain adalah:

  • Lompat jangkit tidak menggunakan satu hentakan ketika melompat, sedangkan lompat jauh hanya satu hentakan ketika melompat.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa lompat jangkit menghitung jauhnya lompatan pada tiga kali lompatan. Sedangkan dalam lompat jauh para pemain akan melompat dalam satu hentakan saja.

  • Lompat jangkit menggunakan mistar untuk mengukur lompatan, sedangkan lompat jauh tidak

Karena lompat jangkit melakukan hentakan lompatan sebanyak tiga kali, maka setiap pos hentakan akan ada mistar atau pembatas yang harus dilewati agar lompatannya bisa dianggap sah.

Sedangkan dalam lompat jauh karena hanya satu hentakan, maka tidak menggunakan mistar.

Peraturan Lompat Jangkit di Lapangan

Teknis pelaksanan olahraga lompat jangkit sebenarnya hampir sama dengan olahraga atletik lompat yang lainnya, akan tetapi dalam peraturan melompat para pemain lompat jangkit sedikit berbeda.

Para pemain lompat jangkit harus melompat dalam tiga sesi, yaitu: Jingkat (hop), Langkah (step), dan Lompatan (jump).

Aturan teknis lompatan yang harus diselesaikan pemain lompat jangkit adalah:

  1. Saat melakukan tolakan pertama atau hop, para pemain harus menginjak papan tolakan atau di belakang papan tolakan.
  2. Saat melakukan tolakan yang kedua atau step, pemain harus menggunakan kaki yang sama dengan tolakan pertama.
  3. Sedangkan dalam tolakan ketiga atau jump, pemain harus menggunkan kaki yang berbeda dengan tolakan pertama dan kedua.
  4. Para pemain yang mendarat setelah melakukan tolakan dilarang menyentuh pinggir bak pasir.
  5. Setelah melakukan lompatan ketiga, pemain dilarang melakukan gerakan salto.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Baseball

Penutup

Lompat jangkit atau Triple jump merupakan olahraga lompatan yang tidak hanya berfokus seberapa jauh jarak lompatannya saja, tetapi kesesuaian irama pemain saat melakukan lompatan juga faktor penting yang harus diketahui.

Oleh sebab itu, mengetahui seluk beluk lapangan seperti ukuran lapangan lompat jangkit secara menyeluruh sangatlah dibutuhkan bagi para pemain agar bisa mengatur ritme dan irama saat melakukan tolakan.

Sekian pembahasan tentang ukuran lapangan lompat jangkit beserta keterangan, peraturan, dan juga perbedaannya dengan lompat jauh dari kami. Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar