Lapangan 2BFutsal

Ukuran Lapangan Futsal dengan Gambar & Keterangan

Diposting pada

Ukuran Lapangan Futsal – Futsal adalah sebuah permainan bola sepak yang dimainkan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim berjumlah 5 orang pemain inti dan 7 orang pemain cadangan.

Lapangan 2BFutsal

Aturan olahraga futsal kurang lebih sama dengan sepak bola biasa. Dimana para pemain harus menggiring bola menggunakan kaki dan berusaha memasukkan bola kedalam gawang lawan agar mendapat poin.
Namun bedanya, futsal kebanyakan dimainkan di dalam ruangan dan ukuran lapangan yang digunakan juga lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola.
Ngomong-ngomong apakah kamu sudah tahu bahwa ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional itu berbeda? Dan tahukah kamu berapa masing-masing ukurannya?
Jika belum, maka kamu sebagai penggemar atau pemain futsal harus mengetahuinya. Karena ini merupakan pengetahuan dasar dari permainan futsal sendiri.
Baiklah, kalau begitu mari kita bahas secara lengkap berapa ukuran lapangan futsal yang sesungguhnya dengan gambar dan keterangan.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Lapangan Futsal Standar Nasional

Pada umumnya lapangan futsal berbentuk persegi panjang dan bertempat di dalam ruangan. Lapangan futsal nasional dan internasional mempunyai lebar dan panjang yang berbeda.
Ukuran lapangan futsal biasa dibuat dengan menyesuaikan lahan yang dimiliki. Asalkan ukurannya masih berkisar 25-45 meter maka lapangan futsal tersebut sudah memenuhi standar nasional.                                                                    
Berikut detail ukuran lapangan futsal menurut standar nasional:
  • Panjang lapangan futsal standar nasional : 25-42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar nasional : 15-25 meter
  • Jari-jari lingkaran bagian tengah : 3 meter.
  • Tinggi gawang : 2 meter.
  • Lebar gawang: 3 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Internasional

Di atas kita sudah membahas ukuran lapangan futsal yang sesuai dengan standar dalam negri atau nasional. Sekarang mari kita ketahui ukuran lapangan futsal standar internasional yang telah ditetapkan oleh FIFA.
Pada dasarnya bentuk lapangan futsal nasional dan internasional sama saja, yaitu persegi. Namun lapangan futsal internasional mempunyai ukuran standar yang sedikit lebih lebar, namun ukuran maksimumnya tetap sama yaitu 42×25 meter.
Di bawah ini adalah penjelasan dari ukuran lapangan futsal internasional:
  • Panjang lapangan futsal standar internasional : 38-42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar internasional : 18-25 meter.
  • Jari-jari lingkaran tengah : 3 meter.
  • Tinggi gawang : 2 meter.
  • Lebar gawang: 3 meter.
Dari keterangan di atas bisa kita simpulkan bahwa ukuran lapangan futsal nasional dan internasional dibedakan berdasarkan ukuran panjang dan lebar minimumnya saja. Lapangan nasional memiliki lebar minimal 25×15 meter, sedangkan lapangan internasional memiliki minimal lebar 38×18 meter.
Sedangkan ukuran gawang di lapangan futsal nasional dan internasional tidak ada bedanya. Tinggi dan panjang mistar gawang sama saja, yaitu 2×3 meter.

Ukuran Setiap Bagian Lapangan Futsal

  • Ukuran semua garis pada lapangan futsal memiliki lebar 8 cm dengan warna yang kontras atau cerah sehingga mudah terlihat.
  • Radius lingkaran di tengah lapangan futsal berukuran 3 meter.
  • Bagian penalti lapangan futsal mempunyai garis berukuran seperempat lingkaran dengan radius 6 meter dari gawang.
  • Jarak titik penalti dengan gawang adalah 6 meter.
  • Titik penalti 2 berjarak 10 meter dari titik tengah lapangan.
  • Sudut lapangan mempunyai garis seperempat lingkaran beradius 25cm.
  • Gawang futsal berukuran panjang 3 meter dan tinggi 2 meter.
  • Lebar area pergantian pemain adalah 5 meter dengan panjang garis pembatas 80 cm, dimana 40 cm ada dalam lapangan dan 40 cm lagi ada di luar daerah lapangan.

Jenis-jenis Lapangan Futsal 

Jenis-jenis lapangan futsal dibedakan berdasarkan material atau bahan yang digunakan untuk membuat permukaan atau lantai. 

1. Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan vinyl adalah lapangan futsal yang permukaannya terbuat dari bahan karet atau rubber. Karena terbuat dari bahan karet, lapangan jenis ini memiliki permukaan yang cukup empuk dan rata, sehingga aliran bola di lapangan ini bisa baik.
Namun kekurangan dari lapangan vinyl adalah dari segi ketahanannya, dimana bahan karet atau rubber bisa terkelupas jika digunakan dalam jangka waktu yang lama bertahun-tahun.

2. Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Yang kedua adalah lapangan futsal yang permukaannya dibuat dan dilapisi dengan rumput sintetis. Lapangan jenis ini banyak ditemui di Indonesia, permukaan yang menyerupai rumput membuat bola mudah dikontrol.
Namun kekurangan lapangan yang memakai rumput sintetis adalah bisa melukai kulit pemain apabila bergesekan dengan kuat, karena pada dasarnya rumput sintetis mempunyai ujung yang cukup tajam dan kaku.

3. Lapangan Futsal Semen

Lapangan Futsal Semen

Jika kamu hobi bermain futsal, kamu pasti pernah menyewa lapangan futsal ini. Lapangan futsal ini terbuat dari bahan semen yang keras dan menghasilkan permukaan yang cukup rata. Namun karena permukaannya yang keras tersubut, lapangan semen ini tidak cukup aman untuk pemain jika terjatuh.
Kelebihan lapangan futsal berbahan semen yaitu dari segi biaya pembuatan dan perawatan yang terjangkau, pasalnya lapangan futsal semen bisa dibangaun di luar lapangan karena permukaan aman walaupun terpapar langsung oleh panas matahari dan hujan.    

4. Lapangan Futsal Parquette

Lapangan Futsal kayu

Mungkin untuk sebagian orang Indonesia akan cukup asing saat pertama melihat lapangan futsal jenis marquette. Ya karena lapangan ini jarang ditemui di sini, namun di negara-negara Eropa lapangan ini cukup populer.
Di Indonesia sendiri memang ada, namun tidak banyak. Permukaan lapangan Parquette terbuat dari bahan kayu sehingga permukaan menjadi rata dan menciptakan daya cengkram yang tinggi sehingga pemain tidak mudah terpeleset.

5. Lapangan Futsal Taraflex

Lapangan voli Taraflex

Jika diperhatikan secara seksama, maka permukaan lapangan ini cukup mirip dengan lapangan Parquette atau kayu, namun sebenarnya bahannya berbeda. Lapangan taraflex terbuat dari polyethylen atau biji plastik yang dipadatkan, sehingga membuat permukaannya tidak licin.

6. Lapangan Futsal Karpet Plastik

Lapangan Futsal karpet

Lapangan futsal berbahan karpet plastik sama saja dengan lapangan futsal taraflex yang dibuat dari biji plastik yang dipadatkan. Namun bedanya, lapangan jenis ini permukaannya dapat di bongkar pasang, sehingga bisa dipindah-pindah jika dibutuhkan.

Peraturan-peraturan Futsal

Setiap olahraga tentunya memiliki peraturan permainannya sendiri-sendiri, begitu juga dengan futsal. Tujuan dari diberlakukannya aturan-aturan tersebut agar permainan dapat berjalan baik, lancar dan tidak ada kecurangan.
Jika kita perhatikan, aturan dalam permainan futsal kurang lebih sama dengan aturan sepak bola. Namun sebanarnya dari kedua olahraga ini juga mempunya karakter permainan yang berbeda dalam aturannya.
Berikut beberapa aturan dasar olahraga futsal yang harus kamu ketahui:
  1. Jumlah pemain futsal yang bermain harus 5 orang.
  2. Jumlah pemain untuk mengakhiri pertandingan minimal adalah 2 orang.
  3. Pemain cadangan maksimal ada 7 orang.
  4. Tidak ada batas pergantian pemain.
  5. Semua pemain kecuali kiper bebas diganti kapan saja.
  6. Kiper hanya boleh diganti ketika permainan berhenti dan atas izin dari wasit.
  7. Waktu normal permainan futsal adalah 2×20 menit.
  8. Waktu istirahat 10 menit.
  9. Perpanjangan waktu 2×10 menit.
  10. Time out satu kali per tim satu babak.
  11. Waktu pergantian babak maksimal 10 menit.

Sejarah Olahraga Futsal di Indonesia

Melansir dari Wikipedia, permainan futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani. Dan keunikan olahraga ini mendapat perhatian besar dari seluruh Amerika Selatan, terutama di Brasil.
Pertandingan futsal tingkat internasional pertama kali diadakan pada tahun 1965 dan Paraguay menjuarai piala Amerika Selatan pertama. Dan pada piala Amerika Selatan selanjutnya yaitu tahun 1979, Berasil sukses meraih kemenangannya.
Menurut sejarah Indonesia, olahraga futsal dengan resmi masuk pada tahun 2002 dibawa olah Justinus Lhaksana. Namun sebenarnya futsal sendiri sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 1998-1999.
Pada 2002 diadakan kejuaraan AFC dan seluruh pertandingan futsal diadakan di Istora Senayan Jakarta. Namun sayangnya tim futsal Indonesia hanya mempu meraih satu kali kemenangan dan satu kali seri dari 4 pertandingan.
Demikian pembahasan kita mengenai ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional. Tidak ketinggalan di atas kita juga membahas aturan futsal, jenis lapangan futsal, dan sejarah futsal di dunia dan di Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk anda.
Baca Juga:
Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *