ukuran lapangan bola voli mini

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini Standar Untuk Anak-Anak

Diposting pada

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini Bola voli mini adalah cabang olahraga bola voli yang dikhususkan untuk anak-anak yang berusia sekitar 10 – 15 tahun. Bola voli mini diadaptasi dari permainan bola voli biasa dengan tujuan untuk pembalajaran siswa usia dini

Pada dasarnya bola voli mini memiliki aturan dasar yang tidak jauh berbeda dari permainan bola voli biasa. Namun terdapat perbedaan pada ukuran lapangan dan jumlah pemain.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas berapa ukuran lapangan bola voli mini yang tepat dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Baca Juga:

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

ukuran lapangan bola voli mini
Ukuran lapangan bola voli mini
  • Panjang lapangan bola voli mini adalah: 12 meter.
  • Lebar lapangan bola voli mini adalah: 5,5 – 6 meter.
  • Tinggi net putra: 2,1 meter
  • Tinggi net putri: 2 meter.
  • Panjang net 7 meter.
  • Lebar net 90 sentimeter.
  • Area servis: 2 meter.
  • Ukuran garis lapangan: 5 sentimeter.

Pada gambar dan keterangan di atas dapat kita lihat bahwa panjang lapangan bola voli mini adalah 12 meter, lebar 5,5-6 meter. Selain itu lapangan bola voli mini tidak memiliki garis serang atau garis yang membagi area belakang dan depan.

Tinggi net bola voli mini adalah sekitar 2 meter, dengan panjang mencapai 7 meter dan lebar 90 sentimeter. Untuk ukuran standar bola yang digunakan adalah sekitar 230 sampai 250 gram, atau lebih tepatnya menggunakan standar ukuran bola 4.

Peraturan Permainan Bola Voli Mini

Bola voli mini memiliki aturan main yang tak jauh beda dengan olahraga bola voli biasa. Terdapat dua tim yang bertanding di lapangan, dengan jumlah pemain dari setiap tim adalah 2 sampai 4 orang, dengan tambahan 1 atau 2 pemain cadangan.

Untuk aturan penyentuhan bola sama saja dengan bola voli dewasa, yaitu satu tim hanya boleh menyentuh paling banyak tiga kali.

Setiap tim mempunyai kesempatan tidak terbatas atau bebas untuk mengganti pemain, pergantian harus dilakukan di saat permainan berhenti.

Jumlah skor dalam satu sesi permainan bola voli mini adalah 25 angka dengan sistem kemenangan dua set.

Dalam permainan bola voli mini, servis dilakukan secara bergantian dengan urut setelah tim mencetak poin. Namun setiap pemain tidak diwajibkan untuk berada di posisi tertentu karena tidak adanya pembagian garis depan dan belakang.

Penutup

Demikian pembahasan kita tentang ukuran lapangan bola voli mini. Ukuran dan aturan permainan bola voli mini di atas kami kutip dari buku petunjuk tes keterampilan bola voli usia dini dari Depdikbud. Jadi penjelasan di atas tidak perlu diragukan lagi. Semoga bermanfaat.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *