Lapangan 2Btakraw

Ukuran dan Gambar Lapangan Takraw Nasional Internasional

Diposting pada

Ukuran lapangan sepak takraw – Sepak takraw adalah salah satu cabang olahraga bola yang berasal dari penggabungan tiga permainan yaitu sepak bola, bola voli dan bulu tangkis.

Lapangan takraw

Dalam olahraga takraw akan menggunakan lapangan yang ukurannya menyerupai lapangan bulu tangkis, menggunakan aturan dimana bola tidak boleh jatuh ke tanah layaknya aturan bola voli, namun bola harus di kontrol memakai kaki pemain. 
Pada umumnya permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggota 3 pemain. Kedua tim akan bertanding dalam lapangan yang dibatasi dengan net atau jaring.
Di Indonesia sendiri takraw belum cukup populer di masyarakat dibandingkan dengan olahraga lainnya seperti bulu tangkis, bola voli dan sepak bola, takraw sudah jelas kalah jauh.
Meskipun begitu sebenarnya masih banyak juga penggemar olahraga ini, bahkan sering diadakan turnamen-turnamen takraw di tingkat tertentu.
Sebelum kamu belajar lebih jauh mengenai takraw, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dulu berapa ukuran lapangan takraw yang sesuai dengan standar nasional dan internasional.
Nah, di kesempatan kali ini mari kita bahas secara detail berapa ukuran lapangan sampai tinggi dan lebar net yang digunakan untuk bermain sepak takraw.

Ukuran Lapangan Takraw dan Gambar

ukuran lapangan takraw

Seperti yang saya sampaikan di atas, bahwa ukuran lapangan takraw menyerupai lapangan bulu tangkis ganda. Yang membedakannya adalah pada garis lapangan, di mana permainan takraw memiliki ciri khas garis lapangan tersendiri.
Pada gambar di atas bisa anda lihat gambaran dan ukuran lapangan takraw berdasarkan standar PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) dan ISTAF (International Sepak Takraw Federation). 
Jadi baik lapangan takraw nasional dan internasional ukurannya sama saja. Agar lebih jelas perhatikan penjelasan ukuran lapangan takraw berikut:
  • Panjang lapangan takraw : 13,4 meter
  • Lebar lapangan takraw : 6,1 meter
  • Daerah bebas penonton dari garis luar : 2 meter
  • Tebal garis : 4 cm
  • Ketinggian atap minimal (jika dalam ruangan) : 8 meter.

Ukuran dan Tinggi Net Sepak Takraw

ukuran 2Bnet 2Btakraw

Seperti permainan bola voli dan bulu tangkis, sepak takraw juga mempunyai standar ukuran dan tinggi net yang sudah di tetapkan olah PSTI dan ISTAF. Fungsi net atau jaring di sini juga sama dengan olahraga voli atau bulu tangkis. 
Berikut adalah ukuran dan ketinggian net sepak takraw yang memenuhi standar:
  • Lebar net takraw : 30 cm
  • Panjang net takraw : 6,1 meter
  • Lubang jaring : 6 – 8 cm persegi.
  • Tinggi net takraw putra : 1,55 meter di bagian samping dan minimal 1,52 meter di bagian tengah lapangan.
  • Tinggi net takraw putri : 1,45 meter di bagian samping dan minimal 1,42 meter di bagian tengah lapangan.
  • Tiang harus berada di luar garis lapangan dengan jarak 30 cm.

Jenis Bola untuk Sepak Takraw

bola takraw

Bola takraw adalah permainan yang tercipta dari tiga olahraga yaitu voli, sepak bola, dan bulu tangkis. Meskipun dalam permainan takraw menggunakan beberapa teknik olahraga tersebut namun bola yang digunakan sangat berbeda.
Bola takraw memiliki ciri khas tersendiri, dimana bahan pembuatan bola menggunakan rotan yang di anyam menjadi berbentuk lingkaran. Berikut kita lihat lebih detail ukuran bola takraw:
  • Bahan pembuatan bola : Rotan 9 atau 11 putaran di anyam menjadi lingkaran berdiameter 41-43 cm.
  • Jumlah lubang pada bola : 12
  • Berat bola : 160-180 gram. 

Sejarah Sepak Takraw di Indonesia

Sepak takraw berasal dari dua kata, yaitu “sepak” dan “takraw”. Kata sepak sendiri berasal dari bahasa Melayu yang artinya menendang, dan takraw berasal dari bahasa Thailand yang berarti bola anyaman rotan.
Negara Malaysia dan Thailand selaku penemu olahraga ini telah sepakat memberikan nama sepak takraw untuk sebutan permainan ini. Pada tahun 1970 orang-orang Malaysia dan Singapura yang berkunjung ke Indonesia mulai memperkenalkan permainan sepak takraw kepada masyarakat setempat.
Namun sebenarnya masyarakat sudah tahu tentang sepak takraw, karena di Indonesia sendiri terdapat permainan tradisional yang serupa dengan takraw, hanya saja nama dan aturannya sedikit berbeda.
Setelah Malaysia dan Singapur memperkenalkan permainan takraw ke Indonesia, masyarakat dengan senang hati menyambutnya. Di daerah Sulawesi dan Sumatra sepak takraw sangat di minati para penduduk setempat dan menjadi permainan atau olahraga favorit saat itu.
Pada tahun 1971 berdirilah induk dari olahraga sepak takraw di Indonesia bernama PERSERASI, dan pada tahun 1980 di adakan kejuaraan sepak takraw pertama di Indonesia. 

Teknik Dasar Sepak Takraw

teknik sepak takraw

Seperti layaknya permainan olahraga pada umumnya, sepak takraw juga mempunyai teknik dasar dalam memainkan bola. Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa aturan permainan takraw hampir sama dengan voli, dimana pemain harus menjaga bola agar tidak jatuh di daerah sendiri dan berusaha menjatuhkannya di daerah lawan untuk mencetak angka.
Berikut ini beberapa teknik dasar bermain sepak takraw yang perlu di ketahui pemula:
 
1. Sepak Kuda/Kura
Sepak kuda atau kura adalah sebuah teknik dasar permainan takraw dimana teknik ini mengharuskan pemain menendang bola menggunakan kaki bagian punggung. Fungsinya untuk mengontrol bola datang, bola rendah, dan bola kencang atau keras.
2. Sepak Sila
Sepak sila adalah teknik mengontrol atau menendang bola memakai kaki bagian dalam. Teknik ini biasanya digunakan pemain untuk mengontrol bola yang datang dan memberi umpan kepada rekan tim.
3. Sepak Cungkil
Seperti namanya sepak cungkil adalah sebuah teknik menyepak bola takraw menggunakan ujung kaki atau jari kaki. Pada umumnya teknik ini dipakai untuk meraih bola-bola yang jauh.
4. Sepak Mula
Wajib bagi setiap pemain takraw untuk menguasai teknik ini. Sepak mula merupakan sepakan pertama yang menjadi tanda dimulainya pertandingan takraw. Sepakan akan diarahkan ke area lawan, jika dalam voli ini semacam servis.
5. Menapak
Bukan hanya memakai punggung dan ujung kaki saja, melainkan telapak kaki juga diperlukan untuk menyepak bola. Teknik menapak adalah teknik menyepak bola takraw memakai telapak kaki, biasanya teknik ini dipakai untuk melakukan serangan keras atau smash.
6. Heading
Mungkin anda yang pemula terkejut mengetahui ini, namun benar memang ada teknik seperti sundulan dalam permainan takraw. Teknik ini umumnya digunakan untuk menyelamatkan bola takraw dari serangan lawan dalam kondisi bola tinggi sehingga tidak terjangkau kaki. 
7. Membahu
Membahu merupakan salah satu teknik menerima bola takraw memekai bahu. Biasanya teknik ini akan dipakai pemain ketika terdesak oleh serangan lawan sehingga dengan cepat memakai bahu untuk mengontrol bola.
8. Mendada
Mendada adalah teknik menerima bola takraw menggunakan dada yang kemudian bola akan di jatuhkan untuk di kontrol menggunakan kaki.
9. Memaha
Memaha adalah teknik mengontrol bola yang harus dikuasai pemain. Teknik ini menggunakan paha untuk memainkan bola takraw.
10. Sepak Simpuh/Badek
Sepak simpuh atau biasa di kenal sepak badek adalah teknik sepakan bola takraw yang mengandalkan kaki bagian luar. Biasanya sepak simpuh digunakan untuk menahan laju bola dari lawan.
Itulah sedikit informasi mengenai ukuran lapangan takraw yang benar. Standar ukuran lapangan takraw nasional dan internasional tidak ada bedanya. Terimakasih sudah berkunjung di situs ini semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang bola takraw.
Baca Juga:

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *