10 Macam Teknik Smash Bola Voli

Diposting pada

Macam-macam teknik smash bola voli beserta gambar dan penjelasannyaDalam permainan bola voli terdapat berbagai macam teknik dasar seperti service, passing, smash, dan blocking. Semua teknik tersebut adalah teknik umum yang biasa digunakan para pemain dalam pertandingan. Selain itu teknik-teknik ini juga telah lama diterapkan dan disepakati oleh orang-orang dan berbagai pihak.

Nah, khusus di artikel ini kita akan membahas macam-macam teknik smash pada olahraga bola voli secara lengkap. Seperti yang kita tahu bahwa teknik ini identik dengan pukulan yang keras dan tajam ke arah lapangan lawan, tujuannya sendiri adalah agar tim lawan kesulitan menahan bola sehingga bola tersebut akan jatuh dan menghasilkan poin.

Melakukan smash yang baik dan benar memang tidak mudah, namun jika kamu mempelajari teknik dasar smash bola voli dangan baik dan melakukan sesuai prosedur maka lambat laun kamu juga akan menguasainya. Oleh karena itu mari simak macam-macam teknik smash bola voli beserta penjelasannya berikut ini.

Pengertian Smash Dalam Olahraga Bola Voli

jenis-jenis teknik smash bola voli

Menurut buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli karya Winarto, smash adalah salah satu teknik dalam permainan bola voli yang tujuannya untuk menyerang lawan dengan pukulan bola keras, menukik, dan cepat agar tim yang melakukan smash memperoleh nilai atau skor.

Pukulan smash akan dilakukan dengan keras ketika bola berada di atas jaring pembatas (net) untuk diarahkan ke wilayah lawan. Teknik ini juga sering disebut dengan spike, dan pemain yang melakukan teknik smash atau spike disebut sebagai smasher atau spiker.

Macam-Macam Teknik Smash Bola Voli

Jika kamu mengira smash hanyalah teknik memukul bola dengan keras saja maka kamu salah. Sebenarnya teknik smash ada bermacam-macam yang dibedakan berdasarkan cara pemain dalam memukul bola. Berikut macam-macam teknik smash dalam permainan bola voli.

1. Open Smash

Teknik smash bola voli yang pertama adalah open smash. Pada teknik ini pemain akan melakukan pukulan saat ia berada di puncak maksimal lompatannya dan saat bola ada di jangkauan tertinggi dari lengan pemain itu sendiri.

Open smash biasanya membutuhkan umpan bola tinggi atau terbuka. Teknik ini tidak harus membutuhkan pemain berpostur tinggi, melainkan butuh pemain yang punya lompatan dan jangkauan tinggi, karena rintangan dari teknik smash ini adalah para blocker lawan yang sudah siap menghadang.

2. Smash Semi

Smash semi dilakukan setelah bola diarahkan ke pengumpan yang diikuti pemukul bergerak secara perlahan ke depan ke arah pengumpan. Setelah pengumpan memberikan bola ke atas dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter di atas net, maka pemukul secepatnya langsung melakukan lompatan kemudian memukul bola. Teknik ini membutuhkan kecepatan lebih dibanding dengan teknik smash open.

3. Quick Smash

Quick smash adalah jenis smash bola voli yang dilakukan ketika bola berada di ketinggian sekitar 30 sentimeter di atas jaring net. Dalam melakukan quick smash pemain harus memperhatikan kecepatan langkah dan timing yang pas.

Selain itu kerjasama antara pemukul dan tosser sangat dibutuhkan dalam melakukan teknik ini, karena biasanya pemukul akan mengambil ancang-ancang dan melompat lebih dulu tepat sebelum tosser memberikan umpan.

4. Straigh Smash

Straigh smash adalah pukulan yang dilakukan saat bola berada tepat di tepi net. Pemukul bergerak ke arah luar lapangan mendekati tiang net voli. Begitu bola diberikan oleh pengumpan ke tepi jaring dengan ketinggian di atas net, maka pemukul akan maju dan melakukan lompatan dan memukul bola dengan cepat. Teknik ini juga membutuhkan timing dan kecepatan yang tepat.

5. Drive Smash

Drive smash adalah teknik smash bola voli yang digunakan pemain untuk memukul bola yang posisinya jauh dari net. Bola yang akan dismash berada di kanan atas atau di atas bahu kanan pemukul, dan bola tersebut dipukul dengan telapak tangan yang membentuk cekungan seperti sendok, dan bola dipukul dengan gerakan tangan yang mirip mencambuk

6. Dummy Smash

Dummy smash merupakan teknik yang sama dengan smash normal, namun bedanya disini smasher tidak benar-benar memukul bola, melainkan hanya menyentuhnya saja dengan jari tangan.

Tujuan smash dummy sebenarnya adalah untuk mengecoh musuh, dimana pemain seolah akan melakukan smash normal namun ternyata bola hanya disentuh dengan jarinya saja untuk diarahkan di area lawan yang kosong. Bentuk smash ini berupa bola lambung pendek atau panjang.

7. Smash Bola 3 Meter

Smash bola 3 meter adalah sebuah teknik smash bola voli yang dilakukan dari belakang garis serang. Pemain yang berperan di sini adalah para pemain di posisi belakang. Smash ini memiliki ketentuan khusus, yaitu saat membuat tolakan loncatan pemain tidak boleh menginjak ataupun melewati garis serang. Teknik ini akan maksimal jika digunakan oleh pemain berpostur tubuh tinggi.

8. Smash Kijang

Smash kijang atau umpan bola back adalah teknik smash bola voli yang dilakukan dengan cara membuat langkah panjang lalu membuat tolakan loncatan menggunakan satu kaki. Jika pemain memukul dengan tangan kanan, maka ia harus membuat tolakan loncatan dengan kaki kiri. Teknik smash ini dapat meningkatkan kekuatan lengan pemukul sehingga pukulan yang dihasilkan akan lebih keras.

9. Smash Double Step

Smash double step adalah teknik smash dengan gerakan tipu. Pemain akan meloncat dua kali, pada lompatan pertama digunakan untuk mengecoh block lawan, dan pada lompatan kedua pemain akan benar-benar melakukan smash. Dengan begini, kemungkinan mendapat poin akan lebih besar.

10. Smash Step L

Teknik smash bola voli yang terakhir adalah smash step L. Seperti namanya, smash L adalah teknik smash yang dilakukan dengan membuat gerakan seperti huruf L. Pemain akan melakukan gerakan 3 step, pertama adalah dengan melangkah kedepan, kemudian dilanjutkan dengan melangkah ke samping, dan terakhir membuat tolakan melompat untuk memukul bola.

Tahapan-Tahap Melakukan Smash Bola Voli

Dalam olah raga bola voli, smash tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan teknik tertentu untuk melakukannya agar dapat menghasilkan pukulan yang maksimal. Oleh karena itu ada baiknya jika kita memahami tahap-tahap untuk melakukan smash bola voli.

1. Teknik Awalan

Awalan melakukan smash bola voli dilakukan dengan berlari menjemput bola. Umumnya jarak yang diperlukan pemain untuk melakukan awalan adalah sekitar 2 sampai 4 meter. Perhatikan betul langkah yang diambil saat berlari terutama pada langkah terakhir.

2. Teknik Tolakan dan Loncatan

Tahapan selanjutnya adalah tolakan dan loncatan. Untuk melakukan smash dengan menggunakan tangan kanan, langkahkan kaki kiri ke depan dengan diikuti oleh kaki kanan di belakangnya. Lalu segera posisikan kaki dengan sejajar dan lakukan lompatan setinggi mungkin. Tegakkan tubuh dalam posisi lurus lalu putar sedikit badan ke arah samping agar lengan menjauh dari bola untuk bersiap memukul.

3. Teknik Memukul

Selanjutnya adalah tahapan memukul bola. Untuk menghasilkan pukulan yang kuat, bertenaga, dan sulit dijangkau oleh lawan, maka sebaiknya kombinasikan gerakan memukul dengan lecutan tangan, lengan, serta agak membungkukkan badan. Gerakan ini akan membuat bola mendapat dorongan yang kuat dan mengarah ke bawah daerah lawan sehingga sulit dijangkau.

4. Teknik Mendarat

Tahapan terakhir dari smash adalah mendarat. Pendaratan dilakukan dengan agak membungkukkan badan dengan posisi kaki sejajar dan agak ditekuk agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

Penutup

Demikian pembahasan kita mengenai jenis-jenis teknik smash bola voli. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada yang kurang tolong beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah. Selamat berlatih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *