15 Susunan Acara Ulang Tahun Anak Sederhana tapi Seru

Diposting pada

Contoh susunan acara ulang tahun anak – Merayakan hari ulang tahun atau ultah sudah menjadi budaya masyarakat. Dalam perayaan ini, biasanya seseorang akan membuat pesta atau suatu acara untuk mengistimewakan orang yang berulang tahun.

Kebanyakan anak-anak yang minta ultahnya dirayakan dengan pesta. Kalau orang dewasa sih mungkin sudah cuek, jika dirayakan pun mereka pasti lebih memilih merayakannya dengan sederhana, semisal makan-makan bersama teman.

Pesta yang baik tentu tidak lepas dari susunan acara yang baik pula. Nah, untuk orang tua yang berencana membuat pesta ultah si kecil, bisa melihat referensi susunan acara ulang tahun anak dibawah ini nih.

Menentukan Tema dan Tempat Acara

Sebelum membuat susunan acara, Anda perlu menentukan tema acara dan tempat dimana acara itu dilaksanakan.

Umumnya, acara ulang tahun anak menggunakan tema cinta ayah & bunda. Tujuannya agar kasih sayang antara orang tua dan anak bisa tercurahkan di acara ini.

Sedangkan untuk tempat, Anda bisa menyewa hotel, rumah makan atau taman bermain jika tema acaranya out door.

Namun ada tempat yang lebih menarik untuk mengadakan acara ulang tahun anak, yaitu di rumah sendiri. Mengapa saya katakan lebih menarik?

Karena jika di rumah sendiri kita mempunyai waktu yang tidak terbatas. Selain itu, teman-teman si kecil di sekitar rumah akan lebih banyak yang datang.

Dengan begini, anak Anda akan semakin dekat dengan anak-anak di lingkungan rumahnya.

Susunan Acara Ulang Tahun Anak

susunan acara ulang tahun anak

Susunan acara ini bisa Anda pakai untuk membuat perayaan ulang tahun anak berusia 5-10 tahun. Selain itu Anda dapat menyesuaikan dengan umur anak.

Misalnya pada sesi games dan hiburan harus disesuaikan dengan umur anak dan temannya yang datang. Kurang seru kan kalau anak usia 10 tahun diberi hiburan mandi bola?

Seperti berikut susunan acaranya:

  1. Pembukaan acara oleh MC
  2. Penyambutan tamu undangan oleh MC
  3. Penyambutan tamu undangan oleh orang tua
  4. Games dan hiburan
  5. Mengeluarkan kue ulang tahun dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun
  6. Meniup lilin
  7. Do’a bersama
  8. Memotong kue
  9. Pemberian kado/hadiah
  10. Menyantap hidangan yang disajikan
  11. Hiburan sulap dan badut
  12. Foto bersama
  13. Ucapan terimakasih orang tua kepada semua tamu yang datang
  14. Penutupan acara
  15. Pembagian Sovenir

Berikut penjelasan lebih detail dari susunan acara ulang tahun anak di atas:

Pembukaan (MC)

Acara atau kegiatan apapun itu, pasti dimulai dengan sesi pembukaan. Tugas pembuka acara akan dilakukan oleh MC yang nantinya juga bertugas memandu jalannya acara ini.

Saya sarankan untuk menggunakan jasa MC atau pembawa acara yang sudah berpengalaman membawakan acara ulang tahun anak.

Atau setidaknya jika MC biasa, pastikan ia bisa membawa keseruan dan bisa berinteraksi baik dengan anak kecil. Karena para peserta pesta ini hampir semuanya adalah anak-anak.

Penyambutan Tamu Undangan dari MC

Selanjutnya MC akan memberikan sambutan kepada tamu yang datang, dan mengucapkan terimakasih karena sudah menyempatkan hadir di pesta ulang tahun ini.

Sambutan Tamu Undangan dari Orang Tua

Kurang afdol kalau tuan rumah atau penyelenggara acara tidak memberikan sambutannya langsung kepada tamu.

Nah, pada sesi ini, ayah yang ditemani bunda dan si kecil maju kedepan untuk memberikan sambutan dan ucapan terimakasih kepada tamu.

Pada momen ini orang tua bisa berbagi cerita atau pengalamannya mengurus buah hati. Selipkan juga cerita lucu agar suasana pesta jadi lebih cair.

Games dan Hiburan

Sesi dari susunan acara ulang tahun anak yang tidak bisa ditinggalkan adalah games dan hiburan.

Karena ini adalah pesta ultah anak, dan banyak dari anak-anak juga yang datang, maka sesi games dan hiburan sangat dibutuhkan untuk membuat suasana semakin meriah.

Contoh hiburan yang sering dipakai di ultah anak adalah pertunjukan sulap, badut, cerita pendek dan tebak-tebakan. Sedangkan untuk games harus lebih menyesuaikan umur anak-anak yang datang.

Berikut contoh game ulang tahun anak yang bisa Anda terapkan di konsep acara ini::

  • Priza walk
  • Tepuk balon
  • Treasure hunt
  • Freeze dance
  • Limbo
  • Lomba kapal kertas
  • Kursi musik
  • Pass the bag
  • Fashion show
  • Berkebalikan
  • Sambung kata

Mengeluarkan Kue Ulang Tahun

Setelah bermain games dan menonton pertunjukan hiburan, kini saatnya mengeluarkan kue ulang tahun.

Namun sebelumnya, MC akan mengajak para tamu menyanyikan lagu “selamat ulang tahun” bersama-sama untuk mengiringi keluarnya kue.

Meniup Lilin

Setelah kue siap dan lilinnya dinyalakan, sekarang memasuki sesi peniupan lilin. MC akan mengajak para tamu untuk menyanyikan lagu “tiup lilinnya” bersama-sama.

Jangan lupa mengajak si kecil berdoa bersama sebelum meniup lilin. Dengan begini Anda sudah mengedukasi anak untuk meminta segala sesuatu kepada Tuhan yang maha pengasih dan penyayang.

Do’a Bersama

Selanjutnya orang tua atau juga bisa diwakilkan ke MC akan mengajak para tamu berdoa bersama-sama. Supaya anak yang berulang tahun diberikan kesehatan dan panjang umur.

Memotong Kue Ulang Tahun

Berikutnya dilanjutkan dengan sesi pemotongan kue ulang tahun oleh anak yang dibantu oleh bunda. Potongan kue pertama akan diberikan kepada Bunda, dan potongan kedua akan diberikan kepada ayah.

Jangan lupa untuk mengabadikan moment pemotongan kue ini dengan difoto atau direkam. Dan untuk para tamu undangan sebaiknya disiapkan kue lain juga untuk jamuan.

Pemberian Kado/Hadiah

Sesi ke 9 adalah pemberian kado atau hadiah kepada si kecil. Orang pertama yang memberikan hadiah kepada si kecil adalah orang yang paling istimewa, yaitu ayah dan bunda.

Pada momen seperti ini, berikanlah hadiah yang di inginkan si kecil. Tidak masalah itu sedikit mahal asalkan ia senang. Dan momen seperti ini juga hanya terjadi setahun sekali.

Sedangkan kado dari para tamu dikumpulkan di satu meja. Terserah mau dibuka langsung atau dibuka setelah acara ini selesai.

Menyantap Hidangan yang disajikan

Setelah sesi utama selesai, MC akan mempersilahkan para tamu untuk menyantap makanan dan minuman yang disajikan.

Anda bisa menyiapkan makanan seperti nasi kotak, snack atau makanan ringan lainnya. Tidak perlu yang mahal-mahal, asalkan anak-anak suka sudah cukup.

Hiburan Sulap dan Badut

Berikutnya, anak-anak akan mendapat hiburan kedua. Hiburan ini bisa diisi dengan atraksi pesulap atau badut. Tujuannya adalah untuk menambah kemeriahan dan keseruan di pesta ini.

Foto Bersama

Sesi foto yang pertama adalah sesi foto bersama keluarga. Dalam sesi pertama ini melibatkan ayah, bunda, kakak/adik dan anak yang berulang tahun.

Selanjutnya sesi foto bersama kakek, nenak dan saudara dekat lainnya. Baru kemudian para tamu dipersilahkan untuk maju dan berfoto/selfi bersama si kecil.

Ucapan Terimakasih dari Orang Tua

Acara ke 13 adalah pengucapan terimakasih dari tuan rumah kepada tamu. Kedua orang tua bersama si kecil maju kedepan untuk mengucapkan terimaksih kepada semua tamu dan anak-anak yang datang.

Jangan lupa undang anak-anak ini berkunjung kesini lagi untuk bermain bersama si kecil dilain hari.

Penutupan Acara

Kemudian kita akan menuju ke sesi akhir acara, yaitu penutupan. Acara ini akan ditutup oleh MC dengan mengucapkan terimakasih kepada para tamu. Kemudian mengajak semua peserta berdoa bersama menurut kepercayaan masing-masing.

Pembagian Bingkisan dan Souvenir

Setelah sesi penutupan, kini semua tamu akan pulang. Namun sebelum itu, dibagikan kepada mereka bingkisan dan souvenir sebagai bentuk terimakasih dan kenang-kenangan.

Anda bisa memberikan bingkisan seperti makanan ringan atau nasi kotak. Sedangkan untuk souvenir anda bisa menggunakan mainan, kotak makan, atau celengan berkarakter.

Pada sesi ini, ajak juga si kecil membagikan bingkisan tersebut kepada teman-temannya. Ini bertujuan mengajari anak untuk berbagi dengan teman dan orang lain.

…Seperti itulah contoh dari susunan acara ulang tahun anak dari kami. Silahkan gunakan poin-poin diatas sebagai referensi. Anda bisa menambah atau mengurangi sesi-sesi tersebut sesuai kebutuhan.

Tips MC Acara Ulang Tahun Anak-anak

Tips MC ulang tahun anak

Setelah membahas susunan acara ulang tahun anak, kami akan memberi tips menjadi MC di acara ulang tahun anak-anak.

Menjadi pemandu acara yang kebanyakan pesertanya adalah anak-anak dibawah umur, pasti beda dari memandu di acara biasa yang pesertanya adalah orang dewasa.

Nah, bagi Anda yang baru pertama mendapat job mengisi acara ulang tahun anak, perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini supaya acara yang Anda isi dapat berjalan baik.

Menyiapkan Diri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan diri terlebih dulu. Karena sebanyak apapun teori dan pengalaman yang Anda punya, tapi kalau diri Anda tidak siap, semua itu percuma.

Kesiapan diri akan membuat Anda lebih tenang, sehingga Anda tahu harus berbicara dan melakukan apa di depan anak-anak atau tamu acara ini. Jadi, menyiapkan diri adalah poin pertama yang harus dilakukan.

Menjaga Mood

Keberhasilan sebuah acara sangat tergantung dari MC-nya. Jika pembawaannya lemas maka audiensnya juga lemas, jika pembawaannya sedih maka audiens juga terbawa sedih.

Jadi, sebisa mungkin MC harus mrnjaga mood-nya agar tetap baik. Kalau MC sedang bad mood gaimana audiens bisa ceria dan menikmati acara.

Apa lagi ini adalah acara ulang tahun anak yang kebanyakan pesertanya adalah anak-anak yang identik dengan keceriaan.

Ada banyak cara yang bisa dilakaukan untuk menjaga mood. Misalnya dengan menonton video-video lucu di Instagram, atau mengobrol dengan teman yang lucu 1 jam sebelum perform.

Untuk berjaga-jaga, jangan dulu baca chat atau status orang ketika mau perform. Takutnya kalau Anda melihat chat dan story yang sedih atau meresahkan, Anda akan terbawa suasana dan malah bad mood.

Mempersiapkan Game atau Ice Breaking

Anak-anak sangat menyukai permainan atau ice breaking. Kegiatan ini akan mempermudah MC untuk memecahkan suasana. Sehingga tercipta suasana yang riang dan gembira.

Oleh karena itu, sebagai MC acara anak-anak, Anda harus menguasai banyak permainan atau ice breaking yang sesuai dengan umur anak-anak yang datang. Supaya saat membawakan acara nanti, Anda punya banyak modal untuk membuat suasana lebih seru.

Memakai Pakaian dan Aksesoris Ceria

Anak-anak identik sekali dengan yang namanya keceriaan. Oleh karena itu Anda harus memakai pakaian dan aksesoris yang bisa mewakili keceriaan. Seperti memakai baju berwarna mencolok, aksesoris yang lucu.

Banyak Bertanya

Pada saat acara berlangsung, emosi anak itu berbeda-beda, ada yang ceria, pendiam, bahkan ada juga yang cemberut. Nah, Anda harus memancing mereka semua agar mau berkomunikasi dengan Anda, dengan cara memberi mereka pertanyaan.

Gunakan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti “Jam berapa berangkat dari rumah?” “Hari apa ini?” “Siapa yang suka warna merah?” “Siapa yang mau hadiah?” dan masih banyak lagi pertanyaan lain.

Demikian pembahasan tentang susunan acara ulang tahun anak dan tips menjadi MC ulang tahun yang baik. Semoga acara yang Anda isi akan berjalan sukses dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *