Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah SD/SMP/SMA

Diposting pada

Ujian akhir sekolah akan segera tiba. Itu berarti acara perpisahan sekolah sudah semakin dekat. Dan pastinya, panitia acara perlu mempersiapkan susunan acara perpisahan sekolah tersebut.

Acara perpisahan sekolah atau juga biasa disebut acara pelepasan murid, merupakan momentum yang tidak akan pernah terlupakan. Karena setelah ini, mereka akan berpisah dengan teman seperjuangan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah baru.

Selain konsep, hal yang tak kalah penting yang harus disiapkan adalah “susunan acara perpisahan sekolah itu sendiri”. Dengan adanya susunan acara, panitia akan mudah dalam menjalankan setiap sesi acara dengan urut dan tepat waktu.

Nah, jika Anda bingung membuatnya, mungkin bisa melihat referensi susunan acara perpisahan sekolah dari kami berikut ini.

Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Susunan acara perpisahan sekolah

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Yang terhormat Bapak Alief Fitrian, S.Pd. selaku kepala sekolah SMA PGRI.

Yang terhormat bapak/ibu guru dan staf karyawan SMA PGRI.

Yang terhormat bapak dan ibu wali murid kelas XII, serta siswa-siswi calon alumni yang kami cintai.

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita curahkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Sihingga kita dapat berkumpul pada kesempatan pagi hari ini dalam keadaan sehat walafiat, untuk menyelenggarakan acara pelepasan siswa siswi kelas XII SMA PGRI tahun ajaran 2020/2021.

Sholawat serta salam marilah kita junjungkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafa’atnya di yaumul qiyamah (hari kebangkitan besar) nanti. Amiin.

Hadirin yang berbahagia, perkenalkanlah nama saya Abimana. Di sini saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara hari ini yaitu sebagai berikut:

  1. Acara yang pertama pembukaan
  2. Acara yang kedua pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Acara yang ketiga pembacaan do’a
  4. Acara yang keempat sambutan
    • Sambutan pertama Kepala Sekolah
    • Sambutan kedua perwakilan wali murid kelas XII
  5. Acara yang kelima penyematan samir
  6. Acara yang keenam pemberian hadiah kepada siswa berprestasi
  7. Acara yang ketujuh hiburan
    • Hiburan pertama pembacaan puisi
    • Hiburan kedua pertunjukan tari
    • Hiburan ketiga pertunjukan band SMA PGRI
  8. Acara kedelapan penutup.

Pembukaan

Hadirin yang berbahagia, memasuki acara pertama yaitu pembukaan, marilah kita awali acara perpisahan kelas XII SMA PGRI ini dengan bacaan basmalah bersama-sama. Bismillahirrahmannirrahiim.

Semoga seluruh rangkaian acara perpisahan pagi hari ini bisa berjalan dengan baik.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Memasuki acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibawakan oleh saudara Akbar. Kepada saudara Akbar kami persilahkan.

Terimakasih kepada saudara Akbar yang telah membacakan ayat suci Al-Qur’an pada pagi ini (penutup sesi).

Pembacaan Do’a

Memasuki acara yang ketiga yaitu pembacaan do’a yang akan dibawakan oleh Bapak Arif S.Pd. Kepada bapak Arif kami persilahkan.

Terimakasih kepada Bapak Arif S.Pd. telah membacakan do’a di pagi hari ini.

Sambutan

Hadirin yang berbahagia, sekarang kita akan memasuki acara yang keempat yaitu sambutan. Sambutan pertama akan dibawakan oleh Kepala Sekolah. Kepada bapak Alief Fitrian S.Pd. kami persilahkan.

Terimakasih kepada bapak Alief Fitrian S.Pd. atas sambutan yang diberikan.

Sambutan kedua yaitu perwakilan dari wali murid yang akan disampaikan oleh bapak Nur Hadi. Kepada bapak Nur Hadi kami persilahkan

Terimakasih kepada bapak Nur Hadi atas sambutan yang diberikan.

Penyematan Samir

Memasuki acara yang kelima yaitu penyematan samir oleh bapak Alief Fitrian S.Pd. selaku kepala sekolah. Kepada wisudawan wisudawati kelas XII dimohon maju secara tertib sesuai urutan kelas untuk menerima samir.

Demikian acara penyematan samir. Kepada wisudawan wisudawati kelas XII dimohon kembali ke tempat duduk masing-masing.

Pemberian Hadiah

Memasuki acara yang keenam yaitu penerimaan hadiah kepada wisudawan wisudawati kelas XII berprestasi.

Demikian acara penerimaan hadiah kepada murid berprestasi.

Hiburan

Hadirin yang berbahagia, sekarang kita akan memasuki acara ketujuh yaitu hiburan. Hiburan pertama yaitu pembacaan puisi yang akan dibawakan oleh saudari Syifa dari kelas XII IPS B.

Hiburan kedua yaitu pementasan drama yang akan dibawakan oleh Teater SMA PGRI.

Hiburan yang ketiga yaitu pertunjukan musik yang akan dibawakan oleh grup band SMA PGRI.

Penutup

Hadirin yang berbahagia, demikian rangkaian acara pelepasan siswa-siswi kelas XII angkatan 2020/2021 pada pagi hari ini.

Sebelum kita akhiri acara ini, mari kita bersama-sama ucapkan puji syukur sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT. Karena atas izin-Nya lah kita bisa menyelenggarakan acara ini dengan baik dan lancar.

Terimakasih atas segala perhatiannya, semoga dari terselenggaranya acara ini kita semua mendapat hikmah dari-Nya.

Dan semoga wisudawan wisudawati SMA PGRI angkatan 2020/2021 dapat mencapai impian dan cita-citanya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Seperti itulah contoh susunan acara perpisahan sekolah yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Sebuah acara yang baik harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh, mulai dari konsep acara sampai susunan acara.

Cukup sekian pembahasan tentang susunan acara perpisahan sekolah kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *