website jurnal internasional

Situs Untuk Mencari Jurnal Internasional Gratis dan Lengkap

Diposting pada

Kendala seorang mahasiswa dalam menyusun skripsi atau karya ilmiah lainnya adalah sulitnya mendapatkan akses referensi jurnal-jurnal internasional secara gratis.

Referensi menggunakan jurnal ilmiah internasional sekarang ini sudah tidak bisa dihindari lagi, karena di sebagian besar perguruan-perguruan tinggi sudah menjadikan referensi jurnal internasional sebagai acuan standar karya ilmiahnya.

Sulitnya mendapatkan referensi jurnal internasional selain harus menggunakan id akses yang berbayar, bentuk publish dari sebuah jurnal tersebut biasanya dalam bentuk artikel sehingga jumlah kata dalam karya ilmiah ini terbatas. 

Selain itu jurnal ilmiah internasional bagi akademisi dipandang memiliki kedudukan yang jauh lebih bergengsi jika dibandingkan dengan karya ilmiah seperti skripsi atau yang lainnya.

Sebenarnya ada beberapa situs website yang menyediakan akses untuk mencari jurnal internasional baik itu dengan berbayar atau gratis. Walaupun pastinya akses id yang berbayar akan memiliki akses yang lebih luas mengenai mencari jurnal internasional tetapi dengan akses gratis kita juga bisa mencari jurnal internasional disana.

Nah, dalam artikel kali ini Tutorian21 akan memberikan beberapa rekomendasikan situs untuk mencari jurnal internasional gratis yang bisa kalian gunakan untuk mencari referensi jurnal internasional.

Baca Juga: “10+ Situs Download Ebook Gratis dan Legal

Rekomendasi Situs untuk Mencari Jurnal Internasional

Situs-situs penyedia jurnal di internet sangatlah banyak. Akan tetapi banyak sekali diantara situs-situs yang tersebar di internet menyediakan jurnal-jurnal yang ilegal dan tidak valid sumbernya.

Oleh karena itu kami sudah merangkum 10 Rekomendasi situs untuk mencari jurnal internasional dengan spesifikasi situs ini menyediakan jurnal-jurnal yang legal dan gratis untuk kita baca ataupun download dalam file pdf untuk kita jadikan referensi jurnal internasional di karya tulis ilmiah.

  1. DOAJ (Directory of Access Journals)
  2. Jurnal Online LIPI
  3. Research Gate
  4. Academia.edu
  5. Google Scholar
  6. ScienceDirect
  7. Oxford Academy
  8. International Journal of Education & the Arts (IJEA)
  9. Sage Publishings
  10. PubMed Central

1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ merupakan salah satu website yang menyediakan akses terbuka (open class) terhadap direktori jurnal dan artikel ilmiah dari seluruh penjuru dunia dan DOAJ dikelola langsung oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA). Situs ini pertama rilis pada tahun 2003 dan sekarang tercatat telah lebih dari 11.000 jurnal dari 127 negara dan lebih dari 3 juta artikel tersimpan pada situs ini.

Tujuan DOAJ adalah untuk meningkatkan visibilitas dan kemudahan penggunaan jurnal-jurnal ilmiah dan akademik dengan akses terbuka sehingga meningkatkan penggunaan nya dan dampaknya.

Oleh sebab itu DOAJ tidak mengenakan biaya kepada pembaca atau institusi mereka untuk mengaksesnya dan kalian bebas untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan jurnal inetrnasional yang ada di DOAJ ke naskah lengkap atau untuk referensi jurnal internasional anda.

Untuk mencarr jurnal internasional di situs DOAJ sangat lah mudah, kalian cukup dengan memasukkan judul jurnal yang akan kalian cari di kolom pencarian dan sistem akan mencarikannya untuk anda.

2. Jurnal Online LIPI

Jurnal Online LIPI adalah situs dari lembaga pemerintahan non kementrian yang bergerak di bidang keilmiahan, Jurnal online LIPI memberikan dedikasi kepada masyarakat Indonesia berupa kumpulan jurnal dengan berbagai tema seperti jurnal kimia dan jurusan fisika.

Jurnal-jurnal di dalam LIPI bisa dibaca dan diunduh secara gratis dalam berbagai format file dokumen termasuk PDF.

3. Research Gate

Jika kalian adalah mahasiswa atau mahasiswi di suatu perguruan tinggi dan ingin mencari jurnal iternasional maka situs Research Gate merupakan jawaban yang paling tetap.

Research Gate adalah sebuah media sosial dimana para akademisi diseluruh dunia berkumpul dan saling berbagi penelitiannya baik itu jurnal ataupun karya ilmiah lainnya. Sejak pertama kali rilis di tahun 2008 research gate telah digunakan oleh lebih dari 1,400,000 ilmuwan dari 196 negara.

Di Research Gate kalian bisa request jurnal jika memang jurnal yang kalian cari belum ada di database research gate. Selain itu kalian juga bisa bertanya atau berdiskusi dengan akademisi lain atau mengupload karya ilmiah kalian ke dalam situs ini.

Untuk mengakses research gate sangat lah mudah, kalian cukup mendaftar dengan email id kampus atau instutitusi kalian. Jika kalian sudah masuk di research gate, kalian bisa bebas mencari jurnal dan mengunduh jurnal internasional yang kalian cari.

Walaupun ada beberapa jurnal yang butuh ijin terlebih dahulu terhadap pemiliknya sebelum digunakan, akan tetapi situs ini sangat bagus bagi kalian yang mencari referensi jurnal internasional.

4. Academia.edu

Academia.edu adalah rekomendasi website jurnal internasional selanjutnya. Hal ini karena academia.edu merupakan media jejaring sosial bagi para akademisi atau mahasiswa untuk mencari atau berbagi jurnal, skripsi, dan berbagai karya ilmiah lainnya.

Dan yang paling kami suka dari situs akademia.edu adalah kalian bisa login di sana tanpa harus menggunakan email id perguruan tinggi, jadi untuk login dan mencari referensi jurnal internasional di situs ini kalian cukup menggunakan email atau akun facebook kalian.

Di situs academia.edu kalian bisa membaca secar langsung jurnal yang kalian cari atau download dalam format pdf, doc atau format file dokumen lainya.

5. Google Scholar

Google Scholer atau Google Cendekia dalam versi indonesia bisa dikatakan makanan sehari-hari bagi mahasiwa. Bagaimana tidak dikatakan makanan sehari-hari mahasiswa, kalau hampir semua mahasiswa seringkali mencari referensi jurnal internasional maupun nasional di dalam google scholar ini.

Google Scholer adalah mesin pencarian untuk mencari jurnal atau skripsi yang dikembangkan google. Cara akses yang mudah dan lengkap menjadi salah satu alasan situs ini digemari mahasiswa dalam mencari junal- jurnal termasuk jurnal internasional.

Walaupun tidak semua hasil pencarian yang ditampilkan di situs ini gratis dan terkadang berbayar dari situs asli penyedia jurnalnya, tetapi di pencarianya masih banyak juga menampilkan jurnal yang setema dan gratis.

6. ScienceDirect

ScienceDirect merupakan salah satu website jurnal internasional terlengkap. Di dalam database ScienceDirect saja sudah ada lebih dari 12 juta konten dari 3.500 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik.

Dan yang lebih memanjakan bagi para pencari jurnal adalah jurnal-jurnal yang ada di situs ini sudah dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities.

Walaupun tidak semua jurnal atau karya ilmiah lainnya di situs sciencedirect bisa diakses dan di download secara gratis. tapi kalian masih bisa mencari jurnal-jurnal yang gratis dikolom open akses.

7. Oxford Academic

Oxford Academic adalah situs pencari jurnal internasional yang memanjakan pengunjungnya. Di dalam situs ini kita tidak perlu repot-repot untuk mencari dengan sulit, karena jurnal-jurnal di situs ini sudah disusun berdasarkan abjad layaknya kamus bahasa. Selain itu pastinya jurnal disini lengkap dan bisa di unduh.

8. International Journal of Education & the Arts (Ijea)

Buat anda yang mencari jurnal internasional sebagai referensi karya ilmiah ataupun tugas, mengunjungi situs International Journal of Education & the Arts merupakan langkah yang tetap. Situs ini menyediakan banyak jurnal khususnya yang berbahasa asing dan pastinya kalian bisa mengunduhnya dalam bentuk pdf.

9. Sage Publishings

Sage Publishings adalah sebuah situs perusahaan penerbit di Amerika Serikat. Selain sebagai situs penerbit, Sage Publishings juga menawarkan website jurnal bernama Sage Journals.

Sage journal sudah menerbitkan lebih dari 1000 jurnal dari berbagai ilmu, diantanya adalah kriminologi, politik dan hubungan internasional, sosiologi, bisnis dan manajemen, serta bidang lainnya.

Keunggulan situs web ini dengan situs pencari jurnal lainnya adalah adanya fitur favorit yang memudahkan kita menandai jurnal-jurnal mana saja yang akan kita buat referensi jurnal inetrenasional.

10. PubMed Central

PubMed Central (PMC) merupakan situs repositori digital gratis yang menyimpan berbagai artikel lengkap secara gratis (open access) dan dipublikasikan dalam bentuk jurnal tentang biomedis dan life sciences. Situs PMC dikembangkan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Dalam database PMC sudah ada lebih dari 2,6 juta item, termasuk artikel, editorial, dan surat. Jumlah ini akan semakin meningkat jika dilihat dari perkembangan situs PMC ysng berkembang rata-rata 7% setiap tahunnya.

Semua artikel di PubMed Central tersedia lengkap dan gratis. Akan tetapi ada beberapa jurnal yang memberikan syarat jika hendak digunakan, hal ini karena sejumlah penerbit menunda pengunggahan artikel mereka ke PubMed Central untuk sementara waktu setelah makalahnya diterbitkan (biasanya enam bulan).

Penutup

Itulah 10 situs untuk mencari jurnal internasional dari kami. 10 situs yang kami rekomendasikan ini bukanlah satu-satunya situs yang menyediakan jurnal internasional gratis, Jika kalian mengetahui situs atau website jurnal internasional lainnya yang belum ada dalam daftar kami, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Terimakasih sudah berkunjung di Tutorian21, dan jangan lupa bahagia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *