situs ebook indonesia

10+ Situs Download Ebook Gratis dan Legal

Diposting pada

Di masa modern ini, hampir semua segmen-segmen kehidupan sudah ada dalam bentuk digital, tidak terkecuali dengan buku. Buku yang notabennya sebagai salah satu media berbagi informasi kini sudah ada dalam bentuk digital yang biasa disebut dengan Ebook.

Karena dinilai efektif dan ekonomis ebook sering kali banyak digandrungi dikalangan mahasiswa. Apalagi dengan banyaknya ebook yang tersebar di internet dan kemudahan dalam mendapatkan ebook tersebut menjadi poin penting kenapa ebook menjadi sangat digandrungi belakangan ini.

Akan tetapi tahukah anda kalau sebenarnya ebook yang kita temui di internet seringkali ilegal dan tak berizin dari penerbit buku atau ebook tersebut? dan bagaimana cara kita mendapatkan ebook yang resmi dan gratis?

Dua pertanyaan di atas akan kami jawab dengan artikel yang anda baca sekarang ini. Kali ini Tutorian21 akan membagikan 11 situs download ebook gratis dan legal, pastinya situs-situs yang akan kami bagikan ini banyak sekali koleksi ebook-ebooknya dan kalian bisa mendownload ebook tersebut dalam format file pdf.

Daftar Situs Download Ebook Gratis

Berikut adalah situs-situs yang menyediakan download ebook pdf gratis dan legal :

  1. Open Library
  2. Project Gutenberg
  3. Loyal Books
  4. Smashwords
  5. Bookbub
  6. MobileRead Forums
  7. Wikibooks
  8. Manybooks
  9. Feedbooks
  10. Bookboon
  11. HathiTrust

Di bawah ini akan kami sisipkan link sekaligus penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari situs-situs download ebook gratis yang sudah kami buat daftar diatas.

Baca Juga: “4 Cara Mengatasi Mendeley Tidak Muncul Di Word”

1. Open Library

Situs download ebook gratis
Open Library

Open Library merupakan salah satu penyedia ebook gratis dan lengkap. Koleksi buku yang ada di dalam Open Library lebih dari 1 juta buku. Hal yang sangat menarik di dalam situs download ebook Open Library adalah kalian bisa membaca langsung ataupun mengunduh ebook yang ada di Open Libary dalam berbagai jenis format file yaitu EPUB, DJVU, MOBI, dan PDF.

Selain itu, ebook atau buku yang ada di Open Library ada berbagai macam jenis genre buku dari fiksi, anak-anak, klasik, hingga drama juga ada di dalam situs download ebook gratis ini. Tidak hanya itu, Open Library juga menggandeng toko-toko buku sehingga membuat anda bisa meminjam buku dari toko tersebut untuk dibaca secara online.

2. Project Gutenberg

Situs download ebook gratis
Project Gutenberg

Project Gutenberg bisa dibilang salah satu situs download ebook gratis yang terkenal. Hal itu karena ada lebih dari 50.000 judul buku didalam situs ini, dari genre klasik sampai serial terbitan berkala, dari buku sejarah sampai sosial poitik, dan berbagai macam jenis buku pengetahuan lainnya.

Buku-buku yang baru ditambahkan akan muncul di beranda web ini, akan tetapi jika kalian ingin mencari buku tinggal memasukkan judul, atau pengarang di kolom pencarian web ini. Project Gutenberg juga mendukung download ebook dalam berbagai formati yaitu EPUB, MOBI, dan TXT. Selain itu kalian juga bisa menyimpan ebook langsung diberbagai situs penyedia penyimpanan online seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

3. Loyal Books

Situs download ebook gratis
Loyal Books

Loyal Books merupakan jawaban bagi kalian yang ingin mendapatkan buku secara cepat dan gratis. Tawaran fitur yang sangat lengkap dari mulai buku audio (Mp3) hingga ebook normal ada di dalam situs ini.

Alasan Loyal books menjadi situs download buku online tercepat adalah karena situs ini memiliki tampilan web ui yang simpel dan tidak berbelit-belit. Akan tetapi tidak hanya menawarkan kecepatan mendpat ebook gratis, Loyal Books juga berisi buku-buku online yang sangat lengkap bahkan karya dari tokoh terkenal dunia seperti Benjamin Franklin, Oscar Wilde, Confucius, dan Karl Marx juga hadir dalam situs ini.

Buku-buku yang anda dapatkan dari situs ini bisa di download dalam format file EPUB, MOBI, dan TXT. Ebook juga dapat dibaca secara online, dan untuk judul-judul buku yang menyediakan fitur audio dapat di streaming online, atau di download sebagai MP3 atau Podcast.

4. Smashwords

Bagi kalian yang menyukai buku-buku indie yang gratis, maka Smashwords merupakan jawabanya. Smashwords merupakan salah satu platform web yang memfasilitasi pengarang atau penerbit buku di seluruh dunia untuk menerbitkan dan mendistribusikan karya mereka secar luas.

Smashwords menawarkan download ebook secara gratis dalam berbagai format EPUB, MOBI, PDB, dan TXT. Ebook juga dapat dibaca secara online. Selain itu buku-buku di sini juga sangat lengkap dan mencakup berbagai topik/genre yang beragam, seperti antologi, fantasi, horor, misteri, romansa (fiksi), dan panduan karier, hiburan, referensi umum, filsafat, sains (non-fiksi).

5. Bookbub

Situs download ebook gratis

Bookbub merupakan situs penyedia ebook gratis dan juga bisa merekomendasikan ebook lain sesuai genre yang anda sukai dan buku bacaan yang terakhir anda baca. Akan tetapi kalian jangan kaget jika koleksi ebook yang ada didalam bookbub sering berubah-ubah, karena Bookbub selalu menyingkronkan dengan koleksi ebook yang gratis waktu itu juga.

Ebook yang tersedia di situs download ebook gratis ini memiliki beragam kategori dan genre yang luas, termasuk biografi, memasak, misteri wejarah, fiksi sastra, hingga thriller. Anda juga dapat mengunduhnya langsung ke perangkat pembaca eBook seperti kindle, nook, dan kobo.

6. MobileRead Forums

Situs download ebook gratis

Seperti namanya, MobileRead Forums bukanlah situs induk yang menyediakan ebook gratis, akan tetapi kalian bisa mendapatkan berbagai macam ebook yang bagus dari dalam situs ini. Hal ini karena MobileRead Forum merupakan sebuah forum web yang berisikan segala sesuatu tentang ebook.

Kalian hanya perlu membuat akun dan login, setelah itu bertanya mengenai ebook atau rekomendasi ebook di forum tersebut, maka kalian akan terhubung dengan jutaan orang dan akan mendapatkan jawaban di sana. Biasanya kalian akan diarahkan ke situs lain yang menyediakan download ebook gratis, seprti open library, project gutenberg, atau situs-situs download ebook gratis lainnya.

7. Wikibooks

Situs download ebook gratis

Wikibooks bisa dikatan merupakan Wikipedia buku. Wikibooks berisikan kumpulan buku teks dengan konten terbuka yang dapat diedit oleh siapa saja, sehingga kontribusi konten dari para penggunanya menjadikannya sumber-sumber ebook di wikibooks.

Merupakan saudara dari wikipedia, wikibooks merupakan project situs download ebook gratis dari wikipedia. Di dalam wikibooks terdapat lebih dari 2.800 buku, koleksinya mencakup banyak konten non-fiksi, berdasarkan mata pelajaran seperti komputasi, Humaniora, Sains, Bahasa, dan Teknik, yang masing-masing dibagi lagi menjadi beberapa kategori.

8. Manybooks

Situs download ebook gratis

Manybooks secara umum memang hampir sama dengan situs penyedia download ebook gratis lainnya. Dengan terdiri dari lebih dari 33.000 judul, mencakup keseluruhan genre seperti seni, drama, fiksi, sastra, sains, dan perjalanan. 

Akan tetapi, jika lebih mengorek lebih dalam dari situs web ini, maka kalian akan dimanjakan dengan tampilan navigasi yang lengkap dari berbagai bab, sub bab, judul, bahkan sampai halaman detail ebook mencantumkan informasi yang bermanfaat tentangnya (misalnya nama penulis, genre, jumlah kata, dll).

Hal-hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa kami memasukkan Manybooks dalam rekomendasi situs download ebook gratis. Selain itu pastinya di dalam situs ini kalian bisa mendownload buku buku online tersebut dalam format populer seperti EPUB, MOBI, dan PDF .

9. Feedbooks

Situs download ebook gratis

Secara umum Feedbooks merupakan sebuah platform yang menyediakan ruang bagi para penulis untuk menerbitkan karya-karyanya. Di dalam Feedbooks, kalian bisa membeli buku online dengan harga yang tergolong lebih miring dibandingkan yang lainnya.

Feedbooks juga memiliki banyak sekali koleksi yang gratis dan legal untuk kalian baca secara online ataupun download ebooknya dalam bentuk pdf. Dari sksi, petualangan hingga cerita pendek, dan dari misteri, detektif hingga horor, koleksi Feedbook bisa digolongkan sebagai situs download ebook gratis yang lengkap.

10. Bookboon

Situs download ebook gratis

Jika anda sedang mencari buku online gratis tentang akademik, maka Bookbon adalah jawaban yang sangat tepat untuk kalian. Bookbon menawarkan katalog buku teks akademik dan materi pendidikan lainnya yang berkualitas.

Di situs Bookbon terdapat banyak sekali ebook yang gratis dari mata pelajaran seperti Akuntansi, Ekonomi & Keuangan, IT & Pemrograman, Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Selain itu, ada juga eBook untuk profesional bisnis, yang mencakup mata pelajaran seperti Kewirausahaan, Pemasaran & Penjualan, dan banyak lagi. 

Kalian juga bisa mengunduh buku-buku online di sana dengan sangat mudah, akan tetapi ada iklan terlebih dahulu jika kalian menggunakan akun gratis. Tetapi jika kalian berlangganan akun premium dengan tarif $3,99/bulan maka tidak akan ada iklan, dan kalian juga akan mendapat akses lebih luas di situs Bookbon ini.

11. HathiTrust

Situs download ebook gratis lengkap dan legal

HathiTrust merupakan salah satu situs yang menyediakan ebook gratis tentang pendidikan dan akademik. Karena pada dasarnya HathiTrust adalah upaya kolaboratif dari banyak organisasi akademik dan penelitian di AS, yang bertujuan untuk memberikan akses gratis kepada siswa, peneliti (dan siapa pun, pada umumnya) ke konten digital dari perpustakaan di seluruh dunia. 

Anda dapat menggunakan pencarian canggihnya untuk mencari judul apapun di jutaan ebook dalam basis datanya. Namun, jika anda ingin mengunduh ebook untuk dibaca secara offline dan membuat koleksi anda sendiri, anda harus masuk dengan alamat email resmi yang disediakan oleh institusi pendidikan anda.

Penutup

Itulah rekomendasi situs yang menyediakan buku-buku online secara gratis dan pastinya kalian bisa menikamati ebook di dalam situs-situs yang kami bagikan tadi secara offline dengan mengunduh ebook tersebut dalam bentuk format file pdf atau format file lain untuk membuka dokumen.

Sekian dari kami Tutorian21 apabila ada ketidak lengkapan atau ada situs lain yang menyediakan ebook secara gratis dan bisa di download dengan format pdf yang tidak ada dalam daftar sirus download ebook gratis dan legal kami, kalian bisa menambahkannya dikolom kometar.

Terimaksih sudah berkunjung, salam hangat dari kami.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *