Rumus Lightroom Dark Outdoor – Efek Dark Yang Gahar

Diposting pada

Halo teman – teman semua di manapun kalian berada, semoga sehat selalu dan diberkati Tuhan. Setelah kemarin Mimin share preset atau rumus lightroom dark green, dan kebetulan banyak dari teman – teman di sini yang suka, maka Mimin akan share lagi rumus lightroom dark yang lain.

Rumus yang Mimin maksud di sini adalah rumus lightroom dark outdoor. Rumus ini Mimin buat secara khusus untuk kalian yang suka hunting di tempat terbuka dan suka warna filter yang unik atau beda dari yang lain.

Rumus Lightroom Dark Outdoor

Rumus lightroom dark outdoor ini akan lebih maksimal bila digunakan untuk mengedit foto tipe outdoor atau luar ruangan. Rumus ini juga akan menciptakan afek dark yang strong dan terkesan gahar, sehingga sangat cocok untuk kamu yang mempunyai jiwa petualang.

Berikut ini adalah foto hasil editan menggunakan rumus lightroom dark outdoor buatan Mimin. Warna langit dan latar yang awalnya cerah kini bisa kita lihat sudah berubah menjadi gelap atau dark. Efek dark ini juga keren dan beda dari yang lain sehingga kamu wajib mencobanya.

Left ImageRight Image

Jika kamu ingin membuat efek dark seperti gambar di atas, maka ikuti langkah – langkah serta setingan berikut ini. Namun, sebelum itu siapkan dulu bahannya yaitu foto bertema outdoor. Jika nggak punya, pakai foto indoor atau foto biasa saja juga boleh sih untuk sekedar latihan.

Jika fotonya sudah siap langsung saja buka aplikasi lightroom dan import foto yang ingin diedit, kemudian ikuti setingan berikut secara urut dan teliti.

Cahaya

Untuk membuat efek dark outdoor kita harus mengatur pencahayaan, kontras, highlight, dan lain – lain dengan tepat dan benar. Setingan yang tepat akan menghasilkan efek dark yang pas dan tidak berlebihan. Jadi silahkan ikuti setingan pada kolom berikut.

Pencahayaan0,20EV
Kontras30
Highlight-40
Bayangan30
Rona Putih-30
Hitam12

Kurva

Masih di menu Cahaya. Pada setelan Kurva, kita hanya perlu mengatur bagian warna putih saja, sedangkan untuk warna lain biarkan saja tidak usah di apa – apakan. Silahkan tiru atau samakan setelan Kurva putih kamu dengan gambar berikut.

rumus lightroom dark outdoor

Warna

Pada setelan ini kita tidak perlu membuat perubahan yang terlalu over. Cukup naikkan temp dan coraknya sedikit, kemudian atur vibrance dan kejenuhannya seperti pada kolom berikut.

Temp6
Corak1
Vibrance30
Kejenuhan-20

Campuran Warna

Bagian ini biasanya adalah bagian yang cukup sulit untuk dikerjakan. Kita harus mengatur banyak warna supaya efek dark outdoor yang dihasilkan nanti bisa keren dan sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, tiru setelan campuran warna Mimin berikut dengan teliti.

WarnaRonaKejenuhanLuminans
Red0-11-10
Orange0-3014
Yellow-100-100-20
Green0-1000
Aqua0-1000
Blue0-100-30
Violet0-1000
Pink0-1000

Color Grading

Di setelan color grading ini kita akan fokus mengatur bayangan dan highlight, serta menambah nila rona dan kejenuhan. Tahap ini akan menentukan hasil efek dark kita nantinya. Oleh karena itu, langsung saja ikuti setelan yang telah Mimin buat berikut ini.

BAYANGAN
Rona207
Kejenuhan9
Luminans0
Pencampuran100
Keseimbangan0
RONA TENGAH
Rona0
Kejenuhan0
Luminans0
Pencampuran100
Keseimbangan0
HIGHLIGHT
Rona251
Kejenuhan8
Luminans0
Pencampuran100
Keseimbangan0
GLOBAL
Rona0
Kejenuhan0
Luminans0

Efek

Untuk setingan efek, kita hanya perlu memberikan sedikit perubahan. Di bagian ini kamu bisa bereksperimen sendiri, namun Mimin sarankan untuk sedikit menaikkan nilai tekstur, kejernihan, dan efek kabutnya. Sebagai contoh kamu bisa lihat setingan Mimin berikut ini.

Tekstur14
Kejernihan10
Efek Kabut16
Vignette-30
Titik Tengah25
Feather50
Kebulatan0
Highlight0
Grain0
Ukuran
Kekasaran

Detail

Di setelan detail ini kita akan menaikkan beberapa nilai secukupnya untuk memadukan efek warna gelap dengan warna awal foto terutama pada warna objeknya. Supaya lebih gampang, langsung saja perhatikan setelan Mimin di bawah ini.

Menajamkan10
Radius1,00
Detail25
Masking0
Pengaturan Noise0
Detail
Kontras
Pengurangan Noise Warna13
Detail50
Kehalusan50

Optik

Pada setelan optik ini Mimin memilih mengaktifkan fitur Penghapusan penyimpangan kromatis untuk memperbaiki warna yang sedikit berbeda. Sedangkan pada opsi Koreksi lensa akan tetap Mimin non-aktifkan saja.

Akhir kata, demikian pembahasan tentang cara mengedit foto dengan memakai rumus lightroom dark outdoor. Semoga kamu mendapat tone atau efek yang sesuai dan bisa membuat gambar kamu tampak lebih keren. Jangan lupa lihat preset atau rumus – rumus lightroom lainnya hanya di sini!

Image Credit: Foto diambil dari instagram @Naonomnom dan telah dimodifikasi oleh Penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *