Rumus Lightroom Dark Moody – Preset Paling Aesthetic di Instagram

Membahas tentang preset atau rumus lightroom memang tidak akan ada habisnya. Setelah sebelumnya Mimin membagikan rumus dark green dan dark outdoor yang keren dan gratis, kini Mimin kembali lagi membagikan rumus lightroom baru, yaitu rumus lightroom dark moody.

Rumus ini spesial Mimin buat untuk kalian yang suka update foto di media Instagram. Tentunya kalian nggak mau dong upload foto yang biasa-biasa aja? Nggak mau juga dong kalah sama teman lainnya? Maka dari itu ayo gunakan rumus buatan Mimin ini nih!

Rumus Lightroom Dark Moody

Rumus lightroom dark moody adalah rumus yang akan membuat foto kamu terlihat gelap, hangat, misterius, dan moody. Efek ini juga akan membuat foto seolah mempunyai cerita tersendiri. Jika dipadukan dengan pose foto yang bagus pasti akan terlihat semakin keren.

Rumus dark moody buatan Mimin ini secara hati-hati mengatur kecerahan, menambahkan rona hangat, dan memberikan kesan moody pada foto. Pada bagian rona kulit objek, akan tetap terkontrol agar tetap mendapatkan efek terbaik.

Di bawah ini Mimin berikan contoh hasil editan menggunakan rumus lightroom dark moody. Saran Mimin gunakan rumus ini untuk mengedit foto tema outdoor atau foto selfi dengan pencahayaan yang tidak terlalu over.

Bisa kita lihat hasilnya di atas, bahwa setelah di edit, background atau latar foto tersebut berubah menjadi gelap. Sedangkan pada objeknya terutama pada bagian kulit, lebih terlihat mencolok namun kesannya tetap soft.

Left ImageRight Image

Untuk membuat efek seperti gambar di atas, silahkan ikuti setelan rumus berikut ini.

Cahaya

Langkah pertama, kita perlu mengedit bagian cahaya atau pencahayaan, kontras, highlight dan lain-lain yang nantinya akan mempengaruhi hasil dari efek dark and moody. Oleh sebab itu kamu harus mengaturnya sedetail mungkin dengan meniru setelan berikut.

Pencahayaan0,51EV
Kontras52
Highlight-24
Bayangan-28
Rona Putih-100
Hitam34

Kurva

Pada setelan ini kita akan menurunkan sedikit kurva warna putih, dan menaikkan sedikit kurva warna biru. Sedangkan untuk kurva warna lain yaitu merah dan hijau biarkan saja tidak perlu diubah. Untuk setelannya, samakan dengan gambar berikut.

curva dark moody
Curva Putih
setting curva dark moody
Curva Biru

Warna

Setelah mengatur kurva, selanjutnya kita menuju ke setelan warna. Di sini pengaturan warnanya bisa dibilang cukup mudah, namun kalian harus tetap teliti, karena pengaturan inilah yang nantinya menghasilkan efek dark moody yang bagus.

Temp8
Corak1
Vibrance-26
Kejenuhan-15

Campuran Warna

Masih di menu setelan warna. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa di bagian ini harus diatur dengan teliti. Oke, langsung saja tiru setingan campuran warna pada tabel berikut.

WarnaRonaKejenuhanLuminans
Red016-12
Orange-17318
Yellow-100-1000
Green0-900
Aqua100-1000
Blue0-1000
Violet0-1000
Pink0-1000

Color Grading

Masih di dalam menu warna. Pada setingan color grading ini juga akan menentukan seberapa baik efek dark moody nantinya. Oleh karena itu langsung saja tiru setingan Mimin ini yang sudah teruji.

BAYANGAN
Rona 222
Kejenuhan10
Luminans-6
Pencampuran100
Keseimbangan0
RONA TENGAH
Rona180
Kejenuhan10
Luminans6
Pencampuran100
Keseimbangan0
HIGHLIGHT
Rona209
Kejenuhan12
Luminans10
Pencampuran100
Keseimbangan0
GLOBAL
Rona0
Kejenuhan0
Luminans0

Efek

Di setelan ini kita tidak akan menambahkan efek kebulatan, highlight, dan grain. Namun kita akan menambahkan efek lain seperti tekstur, efek kabut, kejernihan, dan lain – lain. Silahkan atur setingannya seperti pada kolom berikut ini.

Tekstur10
Kejernihan26
Efek Kabut42
Vignette-20
Titik Tengah50
Feather50
Kebulatan0
Highlight0
Grain0
Ukuran
Kekasaran

Detail

Pada setelan detail, kita akan menambah nilai penajaman, radius, detail, dan lain-lain. Namun kita tidak akan menambahkan detail pada masking dan kontras. Agar lebih jelas, perhatikan setelan pada tabel berikut.

Menajamkan6
Radius1,00
Detail25
Masking0
Pengurangan Noise21
Detail50
Kontras0
Pengurangan Noise Warna27
Detail50
Kehalusan50

Akhir kata, mungkin cukup sampai di sini tutorial rumus lightroom dark moody ini. Jika kamu tidak berhasil menggunakan rumus yang Mimin berikan di atas, mungkin kamu harus mencobanya di foto yang lain.

Pada dasarnya setiap foto memiliki kualitas dan cahaya yang berbeda-beda. Tidak semua foto berhasil dengan sempurna saat diedit dengan efek atau rumus tertentu. Oleh karena itu cobalah menggunakan foto lain jika kamu mengalami kegagalan.

Tinggalkan komentar