Rumus Lightroom Dark Green – Efek Hijau Yang Elegan

Diposting pada

Halo teman-teman pecinta fotografi dimanapun kalian berada. Kali ini Mimin mau membagikan rumus lightroom keren lagi nih yang masih ada kaitannya dengan warna dark, yaitu rumus lightroom dark green.

Mumpung di Instagram sekarang ini orang – orang sedang ramai memakai rumus lightroom dark. Maka sekarang Mimin akan bagikan untuk kalian setingan atau rumus lightroom dark versi yang lebih keren dan elegan yaitu Dark Green.

Rumus Lightroom Dark Green

Rumus lightroom dark green ini akan sangat cocok bila diterapkan di foto berlatar hijau seperti pohon, daun – daunan, rumput, gunung / hutan, dan lain sebagainya asalkan masih mengandung latar hijau.

Warna yang dihasilkan dari rumus lightroom dark green ini akan lebih mengarah ke warna hijau tua yang sangat keren dan tentunya nyaman ketika dipandang mata.

Di bawah ini adalah foto dari hasil editing memakai rumus lightroom dark green racikan Mimin. Silahkan perhatikan secara seksama pada bagian before dan after nya. Jika sudah mari kita mulai tahap – tahap editing foto dark green.

Left ImageRight Image

Cara Membuat Rumus Lightroom Dark Green

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi lightroom, kemudian masukkan foto yang ingin kamu-edit kedalamnya.

Pilihlah foto yang mempunyai kualitas cukup bagus. Jika foto kamu bertema alam hijau malah tambah bagus lagi, karena hal tersebut akan membuat efek dark green pada foto itu lebih terlihat natural.

Setelah foto masuk maka kamu akan menemui berbagai macam menu setingan di bagian bawah foto. Pada menu – menu tersebut kamu harus mengatur nilai dan angkanya sama seperti pengaturan yang Mimin berikan berikut ini.

Cahaya

Pada menu cahaya silahkan atur nilai presetnya seperti dalam tabel di bawah. Kita akan mengatur semua setingan di menu cahaya supaya mendapatkan efek dark nantinya.

Pencahayaan-0,50EV
Kontras-30
Highlight-44
Bayangan35
Rona Putih-72
Hitam-39

Kurva

Pada setelan Kurva, kita hanya perlu mengatur bagian warna putih saja, dan silahkan samakan pengaturannya dengan gambar berikut. Untuk setelan curva warna lain yaitu merah, hijau, dan biru tidak perlu dirubah.

rumus curva dark green

Warna

Selanjutnya kita akan masuk di setelan warna. Di sini kita hanya akan mengubah setelan temperatur dan vibrance saja. Sedangkan untuk setelan corak dan kejenuhan biarkan saja kosong. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut.

Temp6
Corak0
Vibrance20
Kejenuhan0

Campuran Warna

Untuk setingan Campuran Warna bisa kamu samakan dengan tabel di bawah. Pada tahap ini semua setelan campuran warna mulai dari merah sampai pink akan kita ubah, agar nantinya kita mendapat warna dark green yang di inginkan.

WarnaRonaKejenuhanLuminans
Red-20-186
Orange-18-1841
Yellow-49-650
Green100-71-41
Aqua-89-610
Blue-25-55-35
Violet0-950
Pink-44-3540

Color Grading

Untuk setelan Grading, pastikan sama dengan setelan Mimin di bawah ini ya. Jika kamu ingin coba – coba sih boleh – boleh saja, namun kalau ingin simpel, cepat, dan hasilnya bagus, tiru saja pengaturan Mimin ini.

BAYANGAN
Rona171
Kejenuhan15
Luminans0
Pencampuran100
Keseimbangan10
RONA TENGAH
Rona0
Kejenuhan0
Luminans0
Pencampuran100
Keseimbangan10
HIGHLIGHT
Rona0
Kejenuhan0
Luminans0
Pencampuran100
Keseimbangan10
GLOBAL
Rona0
Kejenuhan0
Luminans0

Efek

Pada setelan efek kamu harus atur dengan hati – hati. Jika tidak ingin repot, langsung saja gunakan setelan berikut. Setelan ini sudah Mimin uji, dan hasilnya sangat memuaskan.

Tekstur0
Kejernihan4
Efek Kabut-12
Vignette-31
Titik Tengah21
Feather90
Kebulatan0
Highlight0
Grain0
Ukuran
Kekasaran

Detail

Terakhir kita akan mengatur detailnya. Di sini kalian bebas bereksperimen, namun saran dari Mimin jangan memberikan efek yang terlalu over atau berlebihan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa contoh setingan berikut.

Menajamkan18
Radius1,00
Detail25
Masking0
Pengurangan Nois0
Detail
Kontras
Pengurangan Nois Warna15
Detail50
Kehalusan50

Akhir kata, demikian setingan rumus lightroom dark green ini. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk teman – teman semua, dan semoga foto hasil editan teman – teman bisa menjadi bagus dan jadi banyak yang suka.

Apabila ada pertanyaan, kritik, dan saran silahkan sampaikan di kolom diskusi di bawah. Dan jangan lupa baca juga rumus – rumus lightroom dan preset lightroom keren lainnya hanya di sini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *