Pengertian 2Bhari 2Bakhir

Pengertian, Macam dan Tanda Hari Akhir Menurut Islam

Diposting pada

Pengertian dan Macam-macam Hari Akhir – Assalamu’alaikum sahabat muslim dimanapun kalian berada, semoga teman-teman semua sehat selalu dan dalam perlindungan Allah Swt.

Pengertian hari akhir

Kehidupan di dunia hanyalah sementara, kita diibaratkan cuma mampir minum air saja di dunia ini. Begitulah kutipan pepatah yang pernah saya dengar, tidak ada yang abadi di dunia ini. 
Bahkan gunung yang terlihat kokoh dan tinggi akan hancur berkeping-keping suatu saat nanti, yaitu saat hari akhir atau hari kiamat tiba. Dalam agama islam sendiri sudah dijelaskan mengenai pengertian, tanda-tanda hari akhir atau kiamat.  
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian hari akhri atau kiamat menurut agama islam. Tidak ketinggalan juga kita akan mambahas macam-macam hari akhir dan tanda-tandanya yang telah Allah Swt sampaikan melalui kitab sici Al-Qur’an.

Pengertian Hari Akhir/Kiamat

Pengertian hari akhir
Ilustrasi Kiamat

Menurut bahasa, hari akhir adalah hari kehancuran atau kebangkitan. Dan dalam agama Islam hari akhir adalah di mana hari kehancuran seluruh alam semesta dan isinya termasuk manusia dan makhluk lainnya. 
Kemudian atas kehendak Allah semua manusia akan dibangkitkan kembali untuk dimintai pertanggungjawaban atas semua amal perbuatannya selama hidup di dunia ini.
Hari akhir juga sering disebut hari kiamat. Saat hari akhir itu tiba, tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang luput dari kematian, dan seluruh alam semesta akan hancur, termasuk gunung dan lautan bahkan planet-planet juga akan habis tidak tersisa.
Hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan terjadi, namun tidak ada satu makhluk yang mengetahui kapan hari itu akan tiba, yang tahu hanyalah Allah Swt yang maha mengetahui.
Kepastian datangnya hari akhir dapat diketahui dalam Al-Qur’an dan hadis Rasulullah saw. Allah Swt berfirman dalam surah al-Qari’ah yang artinya:
Hari kiamat, apakah hari kiamat itu? Dan tahukah kamu apa hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang berterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.
Maka adapun manusia yang berat timbangan kebaikannya (banyak beramal), maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.
Dan ada juga manusia yang ringan timbangan kebaikannya (sedikit beramal), maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
Dan tahukah kamu apa neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas. (Q.S al-Qari’ah [101]: 1-11.
Hari akhir pasti akan datang, dan tidak ada makhluk yang tahu kapan kedatangan hari itu. Oleh karena itu orang yang beriman kepada Allah pasti meyakini peristiwa hari akhir.
Percaya datangnya hari akhir merupakan salahsatu rukun iman. Iman kepada hari akhir artinya percaya bahwa semua alam semesta dan kehidupan akan hancur atau mati, kemudian akan ada kehidupan yang kekal di akhirat.

Macam-macam Hari Akhir/Kiamat

Dalam firman Allah Swt telah disebutkan bahwa terdapat dua jenis kiamat yang dapat menimpa manusia, yaitu kiamat Sugra dan kiamat Kubra.
Diantara kedua macam kiamat tersebut terdapat perbedaan. Berikut adalah pengertian dan perbedaan kiamat Sugra dan Kubra.

1. Kiamat Sugra

Kiamat sugra adalah berakhirnya setiap kehidupan setiap makhluk Allah Swt yang bernyawa. Kiamat Sugra juga biasa disebut kiamat kecil. Panyebab kiamat Sugra ada bermacam-macam, seperti bencana alam dan kecelakaan karena diri sendiri.
Semua manusia tidak ada yang tahu kapan waktunya datang kematian. Oleh sebab itu, kiamat Sugra datang sebagai pengingat manusia agar selalu beramal saleh.
Contoh-contoh kiamat Sugra:
  • Kematian
  • Gempa bumi
  • Tanah longsor
  • Gunung meletus
  • Dan masih banyak lagi lainnya.   

2. Kiamat Kubra

Kiamat Kubra artinya kerusakan besar, yaitu hancurnya alam semesta beserta dengan isinya termasuk manusia. Kiamat Kubra akan terjadi ketika Malaikat Israfil diperintahkan Allah untuk meniup sangsakalanya.
Kemudian guncangan yang maha dahsyat akan menjadi awal datangnya kiamat kubra, matahari terbit dari barat, planet-planet sudah tidak berjalan pada porosnya dan berakibat saling bertabrakan antar planet.

Tanda-tanda Akan Datangnya Hari Akhir 

Hari akhir adalah peristiwa yang sangat besar hingga tidak bisa dibayangkan dengan akal sehat manusia. Hari akhir/kiamat sudah menjadi rahasia Allah Swt, bahkan Rasulullah Saw tidak tahu pasti kapan datangnya hari tersebut.
Namun Allah Swt dan Rasulullah Saw memberikan tanda-tanda saat hari akhir/kiamat akan tiba. Oleh karena itu manusia harus mempersiapkan bekal amal saleh untuk menghadapi hari akhir dan akhirat.
Berikut tanda-tanda hari akhir yang perlu kamu ketahui:
A. Tanda Kecil
Tanda-tanda kecil akan terjadinya kiamat antara lain adalah:
  • Banyak alim dan ulama maninggal dunia
  • Ilmu agama sudah dianggap tidak penting lagi.
  • Manusia berlomba-lomba mencari kesenangan duniawi.
  • Banyak terjadi bencana alam.
  • Banyak manusia yang melakukan fitnah.
B. Tanda Besar
Tanda-tanda besar akan kiamat antara lain yaitu:
  • Muncul kabut asap (dukhan) selama 40 hari.
  • Munculnya dajjal.
  • Muncul binatang melata
  • Matahari terbit dari barat.
  • Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj.
  • Keluarnya api dari Yaman.
  • Gempa di timur, barat dan Jazirah Arab.

Hikmah Mempercayai Hari Akhir

Peristiwa hari akhir adalah akhir kehidupan manusia di dunia. Hari akhir merupakan awal mulainya kahidupan akhirat yang hakiki, dan sebagai mukmin yang baik kita wajib mengimani atau mempercayai datangnya hari akhir.
Iman kepada hari akhir termasuk rukun iman yang harus dimiliki setiap muslim. Karena iman kepada hari akhir akan memberikan pengaruh kepada kehidupan manusia. 
Berikut adalah hikmah iman kepada hari akhir:
  1. Iman kepada hari akhir akan membuat kita lebih giat dalam beramal saleh. Hal ini karena kita percaya bahwa setelah mati kita harus bertanggungjawab atas apa yang kita lakukan di dunia ini.
  2. Kita akan lebih berhati-hati ketika akan melakukan sesuatu, karena mengingat apa yang diperbuat akan ada balasannya di akhirat nanti.
  3. Kita akan lebih percaya tentang adanya surga dan neraka. Dan kita akan lebih semangat untuk berbuat baik dan taat kepada Allah SWT.
  4. Kita akan lebih mengutamakan kewajiban kita dan tidak terlena dengan godaan dunia yang hanya sementara. 
  5. Membuat kita percaya bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara, dan ada kehidupan akhirat yang kekal.

Nama-nama Hari Akhir

Berikut ini adalah nama-nama hari akhir yang harus kita imani:
  1. Yaumul Akhir
  2. Yaumul Qiyamah
  3. Yaumul  Ba’ats
  4. Yaumul Hisab
  5. Yaumul Hasrah
  6. Yaumul Diin
  7. Yaumul Wa’id
  8. Yaumul Taghabun
  9. Yaumul Khulud
  10. Yaumul Fasli
  11. Yaumul Jami’
  12. Yaumul Fathi
  13. Yaumul Haq
  14. Yaumul Asri
  15. Yaumul Tanad
  16. Yaumul Kabir
  17. Yaumul Khuruj
  18. Yaumul Mau’ud
  19. Yaumus Sa’ah
  20. Yaumul Mahsyar
  21. Yaumul Aqiim
  22. Al-Ghasyiyah
  23. As-Sokhkhoh
  24. At-Thammah Al-Kubra
  25. Azifah
  26. Taghabun
  27. Ad Darul Akhirah
  28. Darul Qarar
  29. Yaumul Fasl
Demikian penjelasan tentang pengertian hari akhir dan macam-macam hari akhir menurut agama Islam. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat kepada teman-teman dan saudara sesama muslim. Terimakasih.
Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *