Pengertian, Jenis dan Fungsi Jaringan Komputer

Diposting pada
Dalam dunia teknologi, jaringan memegang peranan penting untuk menghubungkan antar perangkat komputer di seluruh dunia. Jaringan komputer bekerja dengan cara mengubah sinyal digital menjadi analog dari ender menuju receiver.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung menjadi satu kesatuan yang terkoneksi. Terdapat berbagai cara untuk menghubungkan berbagai perangkat komputer, seperti melalui kabel dengan memanfaatkan kabel coaxial, kabel tembaga dan kabel fiber optik.
Selain menggunakan kabel, komputer juga dapat saling terhubung menggunakan tipe jaringan wireless dengan memanfaatkan perangkat wireless adapter. Seperti yang biasa terdapat pada satelit, radio, dan sinyal bluetooth.
Pada cara kerjanya, terdapat berbagai macam jaringan komputer, yaitu.

1. Jaringan Client-Server

Jaringan Client Server

Komputer server memiliki peran sebagai pusat data yang bisa diakses oleh komputer client. Server biasanya memiliki komponen hardware dengan spesifikasi tinggi untuk mengolah data dan informasi yang kompleks. Contoh penggunaan dari tipe jaringan ini adalah pada sistem web browser.

2. Jaringan Peer to Peer (P2P)

Jaringan Peer to Peer

Merupakan jenis jaringan yang mengkoneksikan beberapa komputer dengan sistem 2 arah tanpa memerlukan sebuah server. Jaringan ini memanfaatkan kabel UTP yang terpasang pada LAN card untuk menghubungkan dua komputer atau lebih.
Baca Juga:

Fungsi Jaringan Komputer


1. Memudahkan komunikasi antara para pengguna
Jaringan komputer membuat siapa saja dapat saling berkomunikasi dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan jaringan seluler pada ponsel yang bertipe wireless untuk berkomunikasi dengan orang lain.
2. Mempercepat proses dalam berbagi data
Dulu untuk berbagi data dibutuhkan suatu perangkat perantara tambahan untuk mengcopy dan memindahkan file. Hadirnya jaringan membuat berbagi file lebih mudah karena memiliki transfer data yang cukup cepat. 
3. Sarana cepat untuk mendapatkan informasi dengan mudah
Internet sudah menjadi gudang informasi dan ilmu yang dapat diakses siapa saja. Anda dapat mendapatkan banyak informasi terkini hanya melalui layar ponsel dan komputer saja.
4. Mengamankan Data
Kemampuan untuk selalu up to date yang dimiliki jaringan komputer akan berguna dalam mengamankan data. Anda juga dapat melakukan back-up data penting ke penyimpanan cloud drive menggunakan internet.
5. Menghemat Uang
Kemampuan mengkoneksi device ke berbagai komputer membuatnya semakin efisien dan hemat untuk digunakan. 
Sebagai contoh, sebuah perusahaan tidak memerlukan banyak printer untuk setiap PC mereka. Karena hadirnya jaringan mampu mengoptimalkan sebuah printer untuk digunakan di setiap perangkat PC kantor.

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area


1. Local Area Network (LAN)

Jaringan LAN


Merupakan jaringan yang menghubungkan antara workstation dengan komputer pribadi. LAN memiliki jangkauan yang cukup kecil dan biasanya banyak digunakan di kantor-kantor. LAN memiliki transfer data yang cukup cepat namun dengan biaya operasional yang rendah.
2. Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan MAN


MAN bisa juga disebut sebagai kumpulan LAN yang menjadi satu dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan jaringan ini mampu menghubungkan antar gedung di suatu kota. MAN sendiri sering ditemui dan digunakan di berbagai perusahaan dan instansi besar.
3. Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan jaringan dengan cakupan sangat luas yang menghubungkan antar negara dan benua. Teknologi ini memanfaatkan sebuah kabel fiber optic besar yang tertanam di dasar laut dan dalam tanah. Jaringan internet yang biasa digunakan saat ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis jaringan WAN.
4. Personal Area Network (PAN)

Jaringan Pan


Jaringan komputer PAN adalah kebalikan dari tipe jaringan WAN, jaringan PAN memiliki cakupan wilayah terkecil dibandingkan dengan jaringan komputer lainnya, yaitu hanya sebatas komputer pribadi dan perangkatnya saja, seperti keyboard, mouse, dan smartphone yang terkoneksi dengan USB.

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

1. Topologi Bus
Jaringan Topologi Bus

Jaringan komputer topologi bus adalah jaringan yang di buat dengan sederhana untuk menghubungkan beberapa komputer. Kelebihan jaringan ini tidak perlu biaya banyak untuk membuatnya, karena hanya membutuhkan satu kabel panjang dan terminal, kemudian pada ujung kabel akan di berikan terminator.


Meskipun ekonomis, namun tipe jaringan bus ini memiliki titik lemah, dimana ketika ada kabel yang terputus maka semua jaringan komputer akan terputus dan akan berdampak pada client yang lain. Selain itu proses mengirim dan menerima data juga kurang cepat.

2. Topologi Star/Bintang
jaringan topologi Star


Seperti namanya, bentuk jaringan ini mirip seperti star/bintang karena memiliki inti di bagian tengah yang akan di hubungkan dengan node di sekitarnya. Kelebihan jenis jaringan ini adalah ketika ada satu kabel yang putus maka kompuer yang lain tidak akan terganggu. Namun jika pusat HUB bermasalah maka semua komputer akan terkena dampaknya. 
3. Topologi Ring/Cincin
Jaringan Topologi Ring


Jenis jaringan yang ketiga ini akan menghubungkan beberapa komputer dalam satu rangkaian melingkar layaknya ring atau cincin. Kelebihan jaringan  ini ada pada kemurahan biaya membuatnya, dan cara merangkainya cukup mudah. Kekurangannya hampir sama dengan jaringan Bus dimana jika ada satu kabel terputus maka komputer lain akan terkena dampaknya.
4. Topologi Tree/Pohon
Jaringan Topologi Tree


Selanjutnya ada jenis jaringan topologi tree. Jaringan ini bisa menghubungkan beberapa jaringan Star dengan memakai teknik (kabel) jaringan topologi Bus. Topologi tree akan membuat suatu data terpusat menurut tingkatannya sehingga manajemen data akan lebih mudah. Selain itu jenis jaringan ini lebih mudah untuk di kembangkan secara luas.
5. Topologi Mesh
Jaringan Topologi Mesh


Jenis jaringan ini adalah bentuk dari gabungan jaringan topologi Star dan Ring. Kelebihannya tidak akan terjadi tabrakan saat mengirim data karena ada banyak jalur pengiriman. Namun dalam pembuatannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena butuh kabel banyak dan perangkaiannya juga tidak mudah.
6. Topologi Extended Star

Ekstended Star


Jenis jaringan ini adalah hasil pengembangan dari topologi Star secara luas atau besar. Keunggulan jaringan ini adalah ketika satu node terputus maka tidak akan mengganggu node lainnya. Namun jaringan ini juga butuh biaya banyak untuk membuatnya karena selain jaringannya besar juga dibutuhkan kabel yang berkualitas bagus.
Itulah penjelasan mengenai jaringan komputer yang kiranya membuat Anda semakin sadar mengenai pentingnya teknologi ini dalam kehidupan. Ada baiknya kecanggihan teknologi jaringan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produktivitas komputasi Anda.

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *