Bulu 2Btangkis

Pengertian dan Macam-macam Servis Bulu Tangkis

Diposting pada

Pengertian dan Macam-macam Servis Bulu tangkis | Bulu tangkis adalah permainan olahraga yang menggunakan alat shuttlecock sebagai bola, dan raket sebagai pemukul bola. Bulu tangkis dapat dimainkan oleh dua pemain (tunggal) dan dua pasang pemain (ganda).

Bulu 2Btangkis
Dalam permainan bulu tangkis, pemain akan dipisahkan menggunakan net yang berada tepat di tengah-tengah lapangan sebagai pembatas area antara daerah lawan. Seperti pada umumnya, olahraga yang permainannya menggunakan net dan bola, pasti perlu melakukan servis untuk mengawali pertandingan.

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa teknik servis dalam permainan bulu tangkis? Para pemula tentu saja harus mengerti hal ini, sebab servis merupakan teknik paling dasar yang patut diketahui dan dipahami. Jika tidak, maka permainan dan skill bulu tangkisnya bisa dibilang pas-pasan.

Sebelum kita membahas macam-macam servis bulu tangkis, ada baiknya jikalau kita pahami dulu apa maksud atau pengertian servis dalam permainan bulu tangkis itu sendiri.

Pengertian Servis Bulu Tangkis

Dalam bulu tangkis, servis merupakan pukulan bola pertama sebagai pertanda dimulainya pertandingan. Servis juga sering disebut sebagai serangan pembuka. Maka dari itu, pemain yang melakukan servis selalu berusaha membuat bola atau shuttlecock sulit diterima lawan.

Bisa melakukan servis yang baik merupakan kewajiban setiap pemain bulu tangkis. Sangat disayangkan jika servis bola gagal, karena bisa dibilang melewatkan satu kesempatan mencetak poin. Gagal servis di sini diartikan seperti bola jatuh sebelum melewati net, bola menabrak net, atau bola keluar lapangan.

Kegagalan tersebut dapat berakibat buruk untuk tim atau diri sendiri, dan malah menguntungkan pihak lawan karena mereka akan mendapat angka. Oleh karena itu memahami teknik melakukan servis itu sangatlah penting. Dan berikut adalah macam-macam servis bulu tangkis yang wajib kamu pahami.

Macam-macam Servis Bulu Tangkis

Pada umumnya ada sekitar 4 macam servis dalam permainan bulu tangkis. Yaitu servis pendek, tinggi, flick, dan drive. Dari keempat macam servis tersebut masing-masing mempunyai tujuan dan kegunaan yang berbeda. Berikut penjelasan keempat jenis servis bulu tangkis di atas:

1. Servis Pendek
Servis pendek


Servis pendek adalah jenis servis bulu tangkis dimana tujuannya adalah menerbangkan bola atau shuttlecock sedekat mungkin diatas net, sehingga bola akan mendarat di area servis lawan. Jenis servis pendek sering digunakan pada pertandingan bulu tangkis ganda.

Servis pendek bisa dilakukan dengan forehand maupun backhand tergantung kenyamanan pemain saja. Yang perlu diperhatikan bahwa servis ini membutuhkan konsentrasi saat melakukannya, karena pemain harus memukul bola serendah mungkin agar susah dijangkau dan diprediksi lawan.

Saat melakukan servis pendek pastikan bola tidak dipegang melebihi ketinggian 115 cm dari permukaan lapangan, agar tidak dinyatakan fault oleh wasit. Servis pendek juga akan mencegah lawan memberikan pukulan ofensif.
2. Servis Tinggi
Servis Tinggi Bulu Tangkis


Seperti namanya, servis tinggi dalam olahraga bulu tangkis adalah teknik servis memukul bola dengan kuat, sehingga bola akan terbang tinggi dan jatuh di area belakang lawan. Jenis servis ini sangat sering dipakai oleh para pemula karena tergolong mudah.

Kelemahan servis tinggi adalah mudah dibaca lawan, karena pemain yang akan melakukan servis tinggi pasti menggunakan  forehand. Selain itu resiko lain juga ada dalam servis jenis ini, dimana jika pemain terlalu kuat memukul bola / shuttlecock, maka bisa-bisa bola tersebut melayang terlalu jauh dan keluar lapangan.

Jika kamu baru masuk atau belajar olahraga bulu tangkis, maka teknik servis ini direkomendasikan untuk kamu pakai, karena caranya mudah dan sangat jarang sekali dinilai fault oleh wasit.

3. Servis Flick
Servis Flick


Servis flick sering juga disebut servis tipuan. Bagaimana tidak, pemain yang menggunakan servis ini memang bertujuan menipu lawannya dengan cara berpura-pura akan menggunakan teknik servis pendek namun ternyata bola dipukul dengan servis tinggi.
Servis flick sering digunakan untuk mempermainkan konsentrasi lawan. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk memakai jenis servis ini secara berulang-ulang, karena musuh akan terbiasa dan bisa membaca pergerakan anda, sehingga musuh akan memanfaatkan bola yang melambung untuk di smash.
Servis flick cukup sulit untuk dilakukan, karena pemain butuh perhitungan kapan saja waktu yang tepat untuk melakukan servis ini. Selain itu servis flick juga sering dinyatakan fault oleh wasit, karena pemain sering kebablasan mengangkat bola terlalu tinggi.
4. Servis Drive
Servis Drive


Servis drive adalah jenis servis sekaligus serangan yang dilakukan dengan cara memukul bola langsung kepada lawan memakai forehand. Servis ini bertujuan untuk membatasi pengembalian bola dari lawan dengan memanfaatkan kelengahannya sehingga bola akan jatuh dan anda pun mendapat poin.
Untuk melakukan servis drive, pemain harus berdiri cukup jauh dibelakang garis servis, sehingga bola akan terbang melewati net dengan garis yang rata. Lawan yang lengah dan tidak menjaga posisi overhead akan kesulitan menerima servis ini.

Tips Melakukan Servis Bulu Tangkis

Servis dalam olahraga bulu tangkis tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena BWF atau Badminton Word Federation telah menetapkan aturan-aturan tertentu dalam melakukan servis.
Pada tahun 2018, BWF telah resmi menganti aturan servis lama dengan aturan servis yang beru. Dimana aturan lama mengharuskan pemain memegang bola atau shuttlecock dibawah pinggang saat melakukan servis. Dan di aturan baru, pemain tidak boleh memegang bola lebih tinggi dari 115 cm saat melakukan servis.

Jika pemain memegang bola melebihi 115 cm, maka servis tersebut akan dinyatakan fault oleh wasit, dan lawanpun akan mendapat poin dari kejadian itu. Dan berikut adalah tips-tips melakukan servis, agar servis yang anda buat bisa baik dan tidak merugikan diri sendiri. 
1. Mengamati Posisi Lawan
Tidak ada serangan yang efektif jika tidak mengamati lawan terlebih dulu. Begitupun saat kamu melakukan servis, perlu mengamati lawan di hadapan kamu dan usahakan mengarahkan bola ke arah yang tidak mereka duga.
2. Gunakan Servis yang Berbeda-beda
Servis yang sama terus menerus akan mudah dibaca lawan, dan bola pukulanmu akan mudah dikembalikan. Oleh karena itu, memakai jenis servis yang berbeda-beda sangat dianjurkan agar lawan tidak mudah menebak arah bola servis kita.
Jangan banyak gunakan servis tipuan, karena musuh akan lebih waspada. Lebih baik servis tipuan kamu gunakan saat tengah pertandingan atau menjelang akhir pertandingan. Saat fokus lawan menurun, di sinilah servis tipuan akan berkerja dengan maksimal.
3. Mengatur Kekuatan Pukulan
Servis yang tepat harus menggunakan kekuatan pukulan yang tepat. Tidak mungkin saat menggunakan servis pendek kamu memukul bola dengan keras, dan tidak mungkin juga servis tinggi menggunakan pukulan yang lemah. Oleh karena itu melatih dan membiasakan kekuatan pukulan raket sangat penting.
Cukup sekian pembahasan tentang Pengertian dan Macam-macam Servis Bulu Tangkis yang perlu anda ketahui. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan tentang olahraga bulu tangkis untuk teman-teman pembaca.
Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *