Nama-nama Font iPhone 5 Sampai 14 untuk Android

Nama Font iPhone – Pernahkah kalian memperhatikan tulisan yang muncul di layar iPhone kamu dan bertanya-tanya, font apakah itu? Atau mungkin, saat melihat iPhone teman, kalian merasa ada sesuatu yang berbeda dengan fontnya dan membuat kamu penasaran untuk mencari tahu font iPhone namanya apa?

Di dunia teknologi yang serba canggih, font bukan hanya sekedar huruf yang tercetak di layar. Font memiliki peran penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang nyaman dan estetis. iPhone, sebagai salah satu produk teknologi yang sangat populer, tentunya memiliki pilihan font yang tidak hanya fungsional, tetapi juga estetis.

Nah, jika kamu belum tahu seluk beluk dari font iPhone, baik itu nama atau jenis-jenisnya. Melalui artikel ini, kita akan menyelami berbagai jenis font yang digunakan di berbagai seri iPhone. Mulai dari seri awal hingga seri terbaru seperti iPhone 14.

Apa Itu Font iPhone?

Font iPhone adalah sebuah font default yang tampil di sebuah HP iPhone, sehingga muncul pertama kali saat kita menggunakan HP tersebut.

Selain sebagai teks terlihat, font yang digunakan iPhone juga berperan sebagai ciri dari sebuah seri iPhone. Hal ini karena, setiap seri iPhone terkadang menggunakan font yang berbeda, sehingga jika kita jeli memperhatikan, kita bisa membedakan sebuah seri iPhone hanya dengan melihat font yang digunakan.

Meskipun dalam skenario berbeda, kita juga bisa melakukan kastomisasi untuk mengganti font default bawaannya. Namun mengetahui apa saja nama font iPhone untuk setiap seri, tentu sebuah informasi yang sangat berguna.

Nah, di bagian selanjutnya, kita akan menjelajahi berbagai font yang digunakan untuk setiap iPhone. Jadi, simak dengan seksama.

Daftar Nama Font iPhone Untuk Semua Tipe

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa disetiap seri iPhone memiliki font default yang berbeda. Nah bagi kamu yang belum tahu, apa saja nama font iPhone yang digunakan untuk semua seri HP iPhone, berikut adalah daftar dan penjelasan selengkapnya:

1. Nama Font di iPhone Seri Awal hingga iPhone 5

nama font iphone
Model iPhoneNama Font
iPhone 1Helvetica
iPhone 3G/3GsHelvetica
iPhone 4/4sHelvetica
iPhone 5/5S/5CHelvetica

Pada seri-seri awal iPhone hingga seri ke lima, Apple menggunakan font Helvetica. Font ini dikenal dengan kejelasan dan kemudahannya dalam membaca, memberikan kesan yang bersih dan profesional pada antarmuka pengguna.

2. Nama Font di iPhone Seri 6

Model iPhoneNama Font
iPhone 6Helvetica Neue
iPhone 6 PlusHelvetica Neue
iPhone 6sHelvetica Neue
iPhone 6s PlusHelvetica Neue
Tabel Font iPhone Seri ke 6

Di seri iPhone 6, Apple beralih ke font Helvetica Neue. Versi ini lebih ringan dan lebih halus, sebab dirancang untuk meningkatkan keterbacaan pada layar Retina Display yang baru diperkenalkan saat itu.

Font iPhone ini memberikan tampilan yang bersih dan profesional, sangat cocok dengan desain elegan dari iPhone 6 dan varian lainnya yang memiliki layar lebih besar seperti pada iPhone 6 Plus.

3. Nama Font di iPhone Seri 7

Model iPhoneNama Font
iPhone 7Helvetica Neue
iPhone 7 PlusHelvetica Neue
Tabel Font iPhone Seri ke 7

Berlanjut pada seri iPhone 7, Helvetica Neue masih menjadi pilihan utama. Font ini menjaga konsistensi visual dan usability, terutama ketika pengguna beralih dari model sebelumnya ke iPhone 7. Penggunaan Helvetica memastikan bahwa pengalaman pengguna tetap serupa, meski dengan hardware yang diperbarui.

4. Nama Font di iPhone Seri 8

Model iPhoneNama Font
iPhone 8Helvetica Neue
iPhone 8 PlusHelvetica Neue
Tabel Font iPhone Seri ke 8

Pada iPhone 8 dan 8 Plus, Apple masih setia dengan Helvetica Neue. Kesinambungan ini menciptakan pengalaman yang akrab bagi pengguna, mempertahankan standar keterbacaan yang tinggi dan kesederhanaan yang telah menjadi ciri khas iPhone.

5. Nama Font di iPhone Seri X (10)

Model iPhoneNama Font
iPhone XSan Francisco (SF)
iPhone XRSan Francisco (SF)
iPhone XSSan Francisco (SF)
iPhone XS MaxSan Francisco (SF)
Tabel Font iPhone Seri X

Pengenalan Font San Francisco pada iPhone X merupakan langkah besar bagi Apple. Font iPhone X ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan layar OLED iPhone X, termasuk varian XR, XS, dan XS Max. San Francisco menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam penyesuaian ukuran dan tebal, membuatnya ideal untuk layar dengan resolusi tinggi dan ukuran yang berbeda-beda.

6. Nama Font di iPhone Seri 11

nama font iphone
Model iPhoneNama Font
iPhone 11San Francisco (SF)
iPhone 11 ProSan Francisco (SF)
iPhone 11 Pro MaxSan Francisco (SF)
Tabel Font iPhone Seri ke 11

Di seri iPhone 11 baik versi 11 Pro, dan 11 Pro Max, font iPhone yang digunakan tetap San Francisco.Sebab memberikan pengalaman visual yang konsisten dan elegan. Font ini disesuaikan untuk performa yang optimal pada layar Liquid Retina dan Super Retina XDR, memastikan keterbacaan yang sempurna di berbagai kondisi pencahayaan dan ukuran layar.

7. Nama Font di iPhone Seri 12

Model iPhoneNama Font
iPhone 12San Francisco (SF)
iPhone 12 MiniSan Francisco (SF)
iPhone 12 ProSan Francisco (SF)
iPhone 12 Pro MaxSan Francisco (SF)
Tabel Font iPhone Seri ke 12

Seri iPhone 12, dengan berbagai ukuran layarnya, mendapat manfaat dari adaptabilitas San Francisco. Font ini mendukung visibilitas yang jelas dan konsisten di berbagai model, dari 12 Mini hingga 12 Pro Max, memastikan pengalaman pengguna yang seragam dan intuitif.

8. Nama Font di iPhone Seri 13

Model iPhoneNama Font
iPhone 13San Francisco (SF)
iPhone 13 MiniSan Francisco (SF)
iPhone 13 ProSan Francisco (SF)
iPhone 13 Pro MaxSan Francisco (SF)
Tabel Font iPhone Seri ke 13

Dengan peluncuran seri iPhone 13, San Francisco tetap menjadi pilihan utama. Font ini mengoptimalkan tampilan teks di layar Super Retina XDR, menyesuaikan diri dengan ukuran layar yang beragam dan memberikan pengalaman visual yang menyenangkan.

9. Nama Font di iPhone Seri 14

Model iPhoneNama Font
iPhone 14San Francisco (SF)
iPhone 14 PlusSan Francisco (SF)
iPhone 14 ProSan Francisco (SF)
iPhone 14 Pro MaxSan Francisco (SF)
Tabel Font iPhone Seri ke 14

Pada seri terbaru ini, San Francisco masih digunakan, menunjukkan komitmen Apple terhadap konsistensi dan kualitas. Adaptasi font ini pada berbagai ukuran layar, dari 14 Plus hingga 14 Pro Max, menunjukkan fleksibilitasnya dalam memberikan pengalaman pengguna yang prima.

Dari nama-nama font iPhone yang kami sebutkan diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya iPhone hanya menggunakan dua jenis font utama sebagai tampilan default. Kedua font ini adalah Helvetica dan San Francisco (SF).

  • Helvetica digunakan pada seri iPhone awal hingga iPhone 8, termasuk semua varian Plus dan S. Font ini terkenal dengan kejelasan dan kemudahannya dalam membaca, memberikan tampilan yang bersih dan profesional.
  • San Francisco (SF) diperkenalkan mulai dari iPhone 6s dan terus digunakan hingga seri terbaru, termasuk semua varian Pro dan Max. Font ini dirancang khusus oleh Apple untuk memaksimalkan keterbacaan dan estetika visual pada berbagai ukuran layar dan resolusi.

Itulah pembahasan tentang nama font yang digunakan untuk setiap iPhone mulai dari iPhone pertama hingga yang terakhir rilis yaitu seri iPhone 14 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Apabila kamu para pengguna Android dan ingin merasakan sensasi menenggunakan font iPhone, kami juga telah menyiapkan artikel khusus tentang font iPhone untuk Android yang dapat kamu baca.

Selain itu, jika kamu ingin mengetahui hal-hal lain seputar font pada iPhone, kamu bisa mengikuti bagian FAQ yang sudah kami siapkan dibawah ini.

FAQ

Bisakah saya mengubah font di iPhone saya?

Secara default, Apple tidak menyediakan opsi untuk mengubah font sistem di iPhone. Namun, beberapa aplikasi memungkinkan Anda mengubah font dalam aplikasi tersebut. Untuk mengubah font secara keseluruhan, perangkat iOS harus di-jailbreak, yang tidak direkomendasikan karena dapat mempengaruhi keamanan dan garansi perangkat.

Bagaimana cara menambahkan font baru ke iPhone?

Kamu dapat menambahkan font baru ke iPhone melalui beberapa aplikasi yang tersedia di App Store. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Anda bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk menginstal dan menggunakan font baru dalam dokumen atau aplikasi tertentu.