Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding

Diposting pada

Microsoft Word Not Responding – Jarang sekali menemukan laptop ataupun dekstop zaman sekarang tanpa ada aplikasi Microsoft Office baik itu Microsoft Word, Excel, ataupun Powerpoint. Bahkan sekarang banyak dari merek-merek komputer yang menawarkan laptop barunya sudah include paket Microsoft Office 365 di dalam paket penjualannya.

Microsoft Word yang merupakan salah satu anggota keluarga di dalam keluarga Microsoft Office merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Pasalnya Microsoft Word sebagai program pengolah kata fungsinya sangat dibutuhkan dalam menunjang pekerjaan pekerjaan manusia. Apalagi pekerjaan kantoran pastinya sangat membutuhkan peran Microsoft Word.

Mengingat betapa pentingnya fungsi Ms Word di dalam sisi manusia zaman sekarang, apabila terjadi kerusakan dalam Microsoft Word seperti Microsoft Word mengalami Not Responding atau sering eror sendiri saat sedang digunakan maka akan sangat mengganggu pekerjaan kita. Lantas bagaimana cara mengatasi Microsoft Word Not Responding?

Jika kalian sedang mengalami Microsoft Word yang Not Responding atau Eror sendir saat sedang digunakan, maka kalian bisa memperhatikan dan mempraktekkan cara-cara yang akan kami bagikan tentang mengatasi Ms Word Not Responding.

Apa Yang Menyebabkan Microsoft Word Not Responding?

Untuk mengatasi Microsoft Word mengalami not responding kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Sebenarnya Microsoft Word mengalami not responding bisa terjadi bukan karena aplikasi word kita saja yang sedang crash atau rusak. Kondisi komputer yang melakukan pekerjaan yang terlalu berat juga menjadi penyebab utama mengapa Microsoft Word bisa Not Responding saat sedang digunakan.

Pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum beberapa hal yang menyebabkan Microsoft Office Word mengalami Not responding:

  • Beban kerja komputer yang terlalu berat.
    Membuka banyak aplikasi secara bersamaan akan membuat beban kerja CPU di dalam komputer menjadi sangat berat. Terutama bagi komputer yang mempunya spesifikasi yang rendah akan berefek Microsoft Word Not responding saat digunakan.
  • Aplikasi Microsoft Word Eror.
    Jika program Ms Word yang kita gunakan eror baik itu file aplikasi yang corrupt ataupun terjadi bug di dalam aplikasi maka akan membuat program Word kita menjadi not responding.
  • Fitur Auto Correct Ms Word Eror.
    Microsoft Word menyematkan fitur auto correct yang digunakan untuk mengkoreksi kesalahan ketik. Akan tetapi terkadang fitur ini memberatkan aplikasi dan menyebabkan Word not responding.
  • Add-ins yang tidak berfungsi.
    Add-ins adalah program tambahan yang dapat anda install untuk memperluas kemampuan Microsoft Office Word dengan cara menambahkan perintah custom dan fitur khusus. Akan tetapi jika terdapat banyak add-ins yang tidak lagi berjalan dengan baik atau mati makan akan membuat kerja komputer saat memuat Microsoft Word menjadi berat dan mengakibatkan Ms Word not responding.

Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding

Jika sebelumnya kita sudah mengungkap beberapa penyebab Ms Word not responding, maka sekarang kita akan langsung menuju cara mengatasi Microsoft Word not responding.

1. End Task Ms Word Lewat Task Manager

Menghentikan secara paksa program microsoft word saat not responding merupakan solusi pertama yang harus kalian lakukan, Akan tetapi kelemahan cara ini adalah file atau dokumen terakhir yang belum disimpan akan hilang.

untuk melakukan End Task Program Microsoft Word adalah :

  • Klik kanan pada Taskbar komputer kalian, Lalu pilih Task Manager.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Setelah itu, di dalam menu Processes cari program Microsoft Word. Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Jika sudah ketemu, klik program tersebut kemudian pilih End Task.
  • Tunggu sebentar maka program Ms Word akan dihentikan secara paksa.

2. Matikan Fitur Auto Correct

  • Buka Aplikasi Microsoft Word kalian, lalu buka menu ribbon File.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Didalam menu ribbon File pilih Options.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Setelah itu pilih menu Proofing, kemudian pilih Auto Correct Options.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Kemudian hilangkan centang pada “Show Auto Correct Options Buttons” dan “Automatically use suggestions from the spelling checker”. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah ini.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Selanjutnya klik Ok.

3. Matikan Fitur Add-ins

  • Buka Aplikasi Microsoft Word kalian, lalu buka menu ribbon File.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Di dalam menu ribbon File pilih Options.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Setelah itu pilih menu Add-ins, lalu pilih Go.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Kemudian hilangkan centang pada semua add-ins yang ada didalam menu, dan pilih Ok.Mengatasi Microsoft Word Not Responding

4. Restart Komputer

Setelah kalian melakukan beberapa cara mengatasi Micorosoft Word Not Responding di atas, kami sangat menyarankan anda untuk merestart komputer anda agar semua aplikasi bisa memulai kembali programnya. Untuk caranya kalian pasti sudah tahu, jadi kami tidak menampilkan tutorialnya.

Bagaimana Jika Microsoft Word Tetap Not Responding?

Di dalam hidup kadang keinginan memang tidak berbanding lurus dengan keadaan. Jika kalian sudah melakukan semua tutorial di atas dan mendapati hasilnya tetap nihil dengan Microsoft Word tetap not responding, maka jalan terakhir adalah melakukan install ulang Microsoft Office dengan versi yang kompitable dengan perangkat anda atau dengan versi terbaru.

Akan tetapi kalian jangan khawatir jika kalian sedang terburu-buru dengan date line atau tugas yang harus diselesaikan dengan cepat, kami punya beberapa solusi untuk anda sebagai alternatif jika Microsoft Word kalian tidak bisa digunakan:

Baca juga: Cara Mengatasi MS Word Tidak Bisa Dibuka

1. Menggunakan Aplikasi Wordpad.

Bagi kalian pengguna sistem operasi windows kalian tidak perlu pusing jika Microsoft Word kalian memang tidak bisa digunakan karena not responding. Karena kalian masih bisa menggunakan program pengolah kata bawaan windows yaitu: Wordpad.

Secara umum fitur yang ditawarkan Wordpad sama persis dengan Microsoft Word, akan tetapi memang ada beberapa fitur yang sifatnya spesifik tidak ada dalam Wordpad.

Untuk membuka Word pada caranya adalah seperti berikut:

  • Masuk fitur Run dengan tekan kombinasi Win + R, Lalu ketikkan “Wordpad”, kemudian pilih Ok.Mengatasi Microsoft Word Not Responding
  • Maka Wordpad anda sudah terbuka.Mengatasi Microsoft Word Not Responding

Kesimpulan

Secara keseluruhan hal yang membuat program Ms Word mengalami Not Responding adalah terforsirnya kerja komputer sehingga membuat program-program yang sedang berjalan tidak berjalan dengan maksimal.

Kami mengamati ada dua aspek utama yang perlu diperhatikan agar membuat kemungkinan terjadinya not responding pada Microsoft Word bisa dikurangi bahkan bisa dihilangkan. Aspek pertama yaitu dengan menjaga kesehatan perangkat anda baik dari virus ataupun pemakain yang berlebihan pada komputer, aspek kedua adalah dengan menjaga kesehatan pada penyimpanan perangkat anda terutama pada local disk yang digunakan untuk menyimpam file aplikasi.

Sekian dari kami Tutorian21 jika kalian punya pertanyaan atau cara yang lebih ampuh seputar cara mengatasi Microsoft Word not responding kalian bisa komen pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *