Cara Menyalakan/Mematikan Lampu Keyboard Laptop HP,Acer,Asus,Lenovo

Artikel ini akan membahas secara lengkap bagaimana mengatasi lampu keyboard laptop yang mati dan cara menyalakan/mematikan lampu keyboard laptop merk HP, Acer, Asus, Lenovo dan Dell.

Pembahasan ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai masalah lampu keyboard laptop tiba-tiba mati sendiri. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan kamu saat menjalankan laptop di tempat yang minim cahaya.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut kamu dapat menyimak cara menyalakan/mematikan lampu keyboard laptop semua merk berikut ini.

Cara Menyalakan/Mematikan Lampu Keyboard Laptop

Sebagian besar merk laptop terkenal saat ini memakai lampu keyboard otomatis, dimana lampu tersebut telah diatur sedemikian rupa agar otomatis menyala saat berada di tempat yang gelap, dan otomatis redup atau mati saat berada di tempat yang terang.

Namun terkadang ada beberapa kasus di mana lampu keyboard laptop eror yang mengakibatkan lampu tidak mau menyala sama sekali baik di tempat gelap ataupun terang. Untuk mengatasi masalah tersebut kita harus menyalakan atau mematikannya dengan cara manual.

Pada beberapa merk laptop mungkin terdapat perbedaan cara untuk menyalakan / mematikan lampu keyboard, entah itu dari tombolnya atau dari cara lainnya. Jadi silahkan lihat cara masing-masing berikut ini.

1. Laptop HP

cara menyalakan/mematikan lampu keyboard laptop merk HP

Untuk menyalakan lampu keyboard laptop HP kamu bisa menekan dan menahan tombol F5 (Fn + F5) yang mempunyai icon seperti gambar di atas, dan untuk mematikannya bisa dengan menekan tombol yang sama.

Baca Juga: 15 Langkah Merakit PC Mudah

2. Laptop Acer

tombol lampu keyboard Acer

Cara menyalakan lampu kayboard laptop Acer adalah dengan menekan tombol F9 (Fn + F9) sebanyak satu kali, sedangkan untuk mematikannya kamu bisa menekan tombol yang sama. Di sini saya memberi contoh dengan memakai laptop Acer Aspire A515-51G.

3. Laptop Asus

Laptop merk Asus mempunyai tombol pengaturan lampu keyboard yang berbeda – beda di setiap seri atau generasinya. Untuk menemukan tombol tersebut cocokkan model laptop Asus kamu dengan di bawah ini:

Asus Notebook: F3 dan F4. F3 untuk menurunkan tingkat kecerahan lampu dan F4 untuk meningkatkannya.

tombol lampu Keyboard Asus notebook

Vivobook: F7 untuk menghidupkan, mematikan, sekaligus mengatur kecerahan lampu keyboard.

tombol lampu Keyboard Asus Vivobook

Asus Gaming: tombol panah atas dan bawah.

tombol lampu Keyboard Asus gaming

Jika belum berhasil, coba gunakan perpaduan tombol Fn. Misalnya menekan Fn + F3 secara bersamaan atau Fn + F7 secara bersama juga.

4. Laptop Lenovo

tombol lampu Keyboard lenovo

Untuk menyalakan dan mematikan lampu keyboard pada laptop Lenovo kamu dapat menekan tombol Fn + Spasi.

5. Laptop Dell

tombol lampu keyboard laptop dell

Di laptop Dell kamu dapat menghidupkan dan meredupkan lampu keyboard-nya dengan cara menekan tombol F10 (Fn + F10).

Masih Belum Bisa?

Sudah menekan tombol – tombol tersebut namun lampu keyboard laptop kamu masih belum menyala? Kalau begitu coba cari lebih teliti tombol pengaturan lampu keyboard-nya.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap generasi laptop memiliki letak tombol pengaturan lampu keyboard yang berbeda maskipun merk-nya sama. Namun icon atau logo nya bisa dipastikan sama.

Coba perhatikan icon – icon pada masing -masing tombol keyboard laptop di atas.

Jika kamu menemukan tombol tersebut coba tekan satu kali atau dengan menahannya. Jika belum bisa gunakan kombinasi tombol Fn misalnya Fn + F7.

Jika pada laptop kamu tidak menyediakan tombol pengaturan lampu keyboard, mungkin laptop kamu tergolong jadul sehingga belum support lampu latar keyboard.

Baca Juga: Cara Mengganti Baterai CMOS Komputer

Cara Menyalakan/Mematikan Lampu Keyboard Eksternal

Ada banyak sekali keyboard – keyboard eksternal yang beredar di pasaran. Mulai ada yang murah dan ada yang mahal, dan tentu saja harga akan menjamin kualitas dari sebuah produk tersebut.

Cara mengatur lampu keyboard ekternal mungkin berbeda – beda. Kamu harus mencari icon pengaturan lampu keyboard pada tombol tertentu. Jika kamu tidak menemukannya cobalah baca buku manualnya atau buku petunjuk.

Akhir kata, demikian pembahasan kita kali ini mengenai tutorial atau cara menyalakan/mematikan lampu keyboard laptop. Semoga yang Mimin sampaikan ini dapat membantu teman – teman semua mengatasi lampu keyboard laptop yang tiba – tiba mati.

Terimakasih sudah menyimak sampai akhir. Apabila ada kesalahan mohon berikan komentar di kolom komentar yang tersedia di bawah. Baca juga artikel tutorial, tips dan trik seputar Gadget hanya di situs Tutorian21. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial lainnya.

Tinggalkan komentar