Cara Menghapus Background di Photoshop dengan Cepat

Diposting pada

Cara Menghapus Background di Photoshop – Ingin membuat gambar tanpa background alias gambar PNG? Kalau begitu anda harus belajar cara menghapus background di photoshop berikut di bawah ini lengkap dengan gambarnya.

Photoshop memiliki berbagai macam alat yang dapat digunakan untuk menghapus background. Ada alat yang bisa menghapus background dengan cepat, dan ada juga yang mengharuskan anda menyeleksi secara manual terlebih dahulu.

Setiap alat penghapus background di photoshop ini memiliki fungsi yang berbeda. Daripada bingung, mari langsung saja simak tutorial cara menghapus background di photoshop berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengganti Background di Photoshop

Cara Menghapus Background di Photoshop dengan Cepat

Cara pertama ini berfungsi untuk menghapus background yang berwarna solid dan memiliki kontras cukup tinggi dengan objeknya. Alat yang akan kita gunakan ini akan menyeleksi background dengan cepat dan otomatis untuk kemudian menghapusnya.

Berikut langkah-langkah menghapus background di photoshop dengan cepat:

1. Masukkan gambar di photoshop

Pertama masukkan gambar yang ingin dihapus backgroundnya ke dalam photoshop, caranya masuk ke menu file > open kemudian cari gambar yang telah anda siapkan sebelumnya lalu klik open.

Kalau anda belum memiliki gambar untuk bahan praktik kali ini, anda bisa mengunduhnya di situs penyedia gambar bebas royalty seperti Pexel, Freepik, Pixabay dan lain sebagainya.

2. Buka kunci layer

Selanjutnya buka kunci layer name Background agar nantinya anda bisa mengedit layer gambar tersebut. Caranya klik kanan di layer Background, lalu pilih Layer from background dan pilih Ok.

cara menghilangkan background di photoshop

3. Seleksi background

Pilih Magic wand tool yang ada di tool bar kiri photoshop, lalu atur nilai Tolerance sesuai kebutuhan anda, di sini saya membuat nilainya menjadi 80.

cara menghilangkan background di photoshop

Selanjutnya arahkan cursor anda ke area background lalu klik satu kali di sana, maka background akan secara otomatis terseleksi seperti gambar di bawah ini.

cara menghapus background di photoshop

4. Hapus background

Setelah anda menyeleksi area background, kini saatnya menghapus background tersebut. Caranya tekan tombol Delete atau Backspace kemudian masuk ke menu Select dan pilih Deselect.

Pada tahap ini anda sudah berhasil menghapus background foto dengan photoshop.

Tanda background foto yang telah terhapus adalah dengan berubahnya tampilan background menjadi kotak-kotak kecil seperti gambar di bawah ini.

cara menghapus background di photoshop dengan cepat

Kotak-kotak ini menandakan bahwa gambar atau foto anda tidak memiliki background alias transparan.

5. Simpan hasilnya

Untuk menyimpan foto tanpa background atau background transparan, anda perlu melalui cara yang sedikit berbeda. Caranya yaitu masuk ke menu File > Save As > pilih lokasi penyimpanan > berikan nama file > lalu pada opsi Format silahkan pilih PNG.

cara membuat background transparan

Selamat, kini anda telah berhasil menghilangkan background di photoshop secara cepat dan juga sudah menyimpannya. Intinya cara tersebut cocok digunakan untuk menghapus background foto yang berwarna solid.

Sedangkan untuk menghapus background yang memiliki kombinasi banyak warna anda bisa mengikuti cara selanjutnya berikut ini.

Cara Menghapus Background di Photoshop dengan Pen Tool

Pada cara menghapus background foto di photoshop yang kedua ini berfungsi untuk menghapus background yang mempunyai banyak kombinasi atau campuran warna.

Di sini kita akan memakai fitur Pen Tool untuk menyeleksi background secara manual untuk kemudian nanti kita akan menghapusnya dengan tetap rapi.

Berikut langkah cara menghapus background di photoshop dengan rapi menggunakan pen tool:

1. Masukkan gambar di photoshop

Langkah pertama, masukkan gambar yang sudah anda siapkan ke dalam photoshop, pilih File > Open > pilih gambar anda kemudian klik Open.

2. Buka kunci layer

Buka kunci layer agar anda bisa mulai melakukan pengeditan gambar, caranya klik kanan pada layer anda, kemudian pilih opsi Layer from background dan pilih Ok maka gembok pengunci layer akan terbuka.

3. Seleksi background dengan pen tool

Pilih Pen Tool di tool bar kiri photoshop, kemudian pastikan anda memilih Path di menu bagian atas.

cara menghilangkan background foto

Selanjutnya buatlah line mengelilingi objek. Caranya buatlah anchor point pertama lalu buat anchor point kedua dan seterusnya di area terdekat atau berdekatan.

hapus background di photoshop

Jika anda membutuhkan garis lengkung, klik dan seret kursor anda untuk membuat garis melengkung. Dengan cara ini anda bisa membuat line yang halus di area lekukan dan lengkungan.

Selalu pastikan untuk melakukan Option Click (Alt-click for window) pada anchor point setelah membuat lengkungan. Jika anda tidak melakukan ini maka line yang anda buat berikutnya akan otomatis melengkung.

Option Click akan mereset anchor point sehingga anda bisa membuat garis lurus lagi.

Lanjutkan terus pembuatan anchor point anda hingga anchor point akhir bertemu dengan anchor point pertama.

Setelah itu klik kanan di dalam area seleksi, dan pilih Make selection dan Ok.

cara hapus background di photoshop

Sekarang balik seleksinya agar seleksi berubah mengelilingi background. Caranya pilih menu Select > Inverse atau anda bisa memakai short cut Shift + ctrl + i.

seleksi background

4. Menghapus background

Klik layer anda lalu tekan tombol delete atau backspace di keyboard untuk menghapus background. Kemudian masuk ke menu Select dan pilih Deselect (Ctrl+D) untuk menghilangkan seleksi dari photoshop.

cara menghilangkan background di photoshop

Selamat anda sudah berhasil menghapus dan menghilangkan background dengan photoshop.

Jika anda ingin memasukkan background foto lain di photoshop, anda bisa memasukkannya setelah tahap menghapus background ini.

Caranya pergi ke menu File > Place > pilih gambar yang ingin anda jadikan background, lalu letakkan layer gambar background di bawah layer objek anda.

mengganti background foto di photoshop

Untuk mengatur posisi dan ukuran background baru anda bisa memakai fitur Free transform (Ctrl+T).

Selesai, dan sekarang anda bisa menyimpan hasilnya sesuai format file yang anda inginkan.

Demikian cara menghilangkan background di photoshop dengan rapi dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa share agar lebih banyak lagi teman yang tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *