Cara Mengatasi MS Word Tidak Bisa Dibuka

Diposting pada

Sepak terjal Microsoft Word dalam urusan program pengolah kata memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Dunia perkantoran sudah menjamur akan aplikasi microsoft word, bahkan tak hanya dalam perkantoran saja, tetapi hampir disebagian besar sisi kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengolah kata akan menggunakan Microsoft Word.

Mengingat terlalu banyak ketergantungan kita terhadap program aplikasi ini, jika terdapat kerusakan di dalamnya seperti Microsoft Word tidak bisa dibuka dengan tiba-tiba maka kegiatan kita akan sangat terganggu dan bahkan tidak bisa dikerjakan.

Oleh sebab itu pada artikel tutorian21 kali ini akan membahas cara mengatasi word (microsoft office word) yang tidak bisa dibuka lengkap dengan penyebab kenapa word tidak bisa dibuka?

Apa yang Menyebabkan Word Tidak Bisa Dibuka?

Penyebab Microsoft Word tidak dapat dibuka sebenarnya lebih banyak disebabkan oleh hal yang sepele yang sering diabaikan hingga menjadi menumpuk dan menyebabkan word tidak bisa dibuka.

Kami sudah mengumpulkan beberapa hal yang paling sering menyebabkan Microsoft Word tidak bisa dibuka, diantaranya adalah:

  1. Salah saat menginstal aplikasi word. Keselahan yang dimaksud di sini biasanya bersifat kecil tetapi jika tidak segera diperbaiki maka word tidak bisa dibuka dengan notifikasi “omething went wrong” atau pesan¬†error¬†lainnya.
  2. Microsoft Office anda belum teraktivasi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa MS Office Word merupakan aplikasi yang membutuhkan aktifasi untuk membuka semua fitur-fiturnya. Jika MS Office anda belum diaktifasi maka bisa menjadi penyebab word anda tidak bisa dibuka.
  3. Aplikasi terinfeksi virus atau corrupt. Jika Microsoft Office anda terinfeksi virus maka akan membuat file programnya hilang sehingga aplikasi tidak dapat dibuka.
  4. Windows anda crash. Windows atau sistem operasi lainya merupakan rumah bagi aplikasi-aplikasi di dalamnya. Jika Windows anda bermasalah, makan akan membuat aplikasi di dalamnya bermasalah juga termasuk MS Word.
  5. Ada service windows yang tidak aktif.

Itulah beberapa penyebab paling umum yang mengakibatkan word tidak bisa dibuka. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Bagaimana Cara Mengatasi Word yang Tidak Bisa Dibuka?

Setelah kita mengetahui masalah penyebab Microsoft Word tidak bisa dibuka, maka langkah selanjutnya adalah kita mengetahui cara mengatasi Microsoft Word tersebut agar bisa dibuka kembali.

Dalam artikel kali ini kami akan membagikan 3 cara mengatasi Microsoft Word tidak bisa dibuka. Tutorial ini berlaku untuk Microsoft Word yang lawas sampai yang terbaru. Dan device yang saya gunakan untuk membuat tutorial ini adalah windows 8 dan Microsoft Word 2010 .

1. Mengaktifkan Semua Service Windows

System Configuration atau sering disebut Msconfig merupakan tempat dimana semua service windows berada. Di dalam msconfig anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan service windows.

Karena vitalnya fungsi dari services windows, maka bagi yang belum mengetahui fungsi dari berbagai services windows akan lebih aman untuk mengaktifkan semua services. Sebab jika salah satu service yang penting tidak aktif maka akan membuat Microsoft Word tidak bisa dibuka.

Untuk mengaktifkan semua service windows kita harus masuk ke System Configuration dengan cara berikut ini :

  1. Pertama masuk ke fitur Run dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R, lalu ketik “msconfig” kemudian tekan Enter.mengatasi word tidak bisa dibuka
  2. Di dalam jendela System Configuration pilih menu Services.mengatasi word tidak bisa dibuka
  3. Kemudian klik Enable all untuk mencetang semua service, lalu pilih Apply untuk mengaktifkan service dan terakhir klik OK.word tidak bisa dibuka
  4. Jika muncul notifikasi seperti ini saya sarankan untuk memilih Restart, agar komputer direstart dan semua fitur bisa dijalankan kembali.word tidak bisa dibuka

Setelah komputer anda hidup, coba untuk membuka Microsoft Word. Biasanya Microsoft Word sudah bisa dibuka. Akan tetapi bila word anda masih belum bisa dibuka maka anda bisa mengikuti cara kedua mengatasi word tidak buka dengan cara repair microsoft office dibawah ini.

2. Repair Microsoft Office

Bukan tanpa alasan Microsoft Office menjadi primadona semua orang dalam hal program pengolah data. Karena pasalnya Microsoft menyematkan fitur Repair dalam aplikasinya untuk berjaga-jaga jika aplikasi mengalami crash atau tidak bisa dibuka.

Nah, dalam turtorial kedua ini akan menggunkan fitur bawaan dari microsoft yaitu Repair untuk mengatasi microsft word tidak bisa dibuka. Cara untuk menggunakan fitur ini adalah seperti berikut:

  1. Masuk Program and Feature dalam komputer anda dengan cara klik kanan pada windows kemudian pilih Program and Feature.word tidak bisa dibuka
  2. Di dalam jendela menu Program and Feature cari aplikasi Microsoft Office Professional lalu klik kanan dan pilih Change.word tidak bisa dibuka
  3. Di dalam menu instalasi microsoft office, pilih Repair dan klik Continue. word tidak bisa dibuka
  4. Tunggu hingga proses Repair selesai. Jika proses sudah selesai coba buka kembali microsoft word anda.word tidak bisa dibuka

3. Install Ulang Microsoft Office

Jika anda sudah melakukan kedua cara di atas namun word anda tetap tidak bisa dibuka, maka besar kemungkinan kerusakan pada aplikasi Microsoft Office kususnya Word anda sudah parah, dan jika dipaksakan maka akan menimbulkan kerusakan-kerusakan lain dikemudian hari.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, maka langkah terakhir yang akan kami bagikan adalah dengan mengistall ulang Microsoft Office anda.

Kami menyarankan anda mendownload Microsoft Office yang terbaru dan cocok dengan versi Windows yang anda gunakan. Untuk langkah uninstall microsoft office anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuk Program and Feature dalam komputer anda dengan cara klik kanan pada windows kemudian pilih Program and Feature.word tidak bisa dibuka
  2. Didalam jendela menu Program and Feature cari aplikasi Microsoft Office Professional lalu klik kanan dan pilih Uninstall.word tidak bisa dibuka
  3. Ikuti langkah uninstall dari sistem dengan seksama sampai prosesnya selesai.

Apabila proses uninstall microsoft office sudah selesai, kami menyarankan anda untuk restart komputer terlebih dahulu sebelum menginstall aplikasi microsoft office yang terbaru.

Akhir Kata

Dalam beberapa tutorial cara mengatasi Microsoft Word yang tidak bisa dibuka, ada beberapa kasus bahwa yang menjadi penyebab word tidak bisa dibuka dikarenakan oleh file docx yang bermasalah.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan membagikan artikel ini atau jika anda memiliki pengalaman pribadi cara mengatasi word tidak bisa dibuka yang lebih cepat dan ampuh bisa share dikolom komentar.

Sekian dari kami Tutorian21, terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *