4 Cara Mengatasi Dokumen Word Tidak Bisa Print

Diposting pada

Cara mengatasi dokumen word tidak bisa print dan tidak ada respon atau muncul peringatan terus. Sudah menjadi hal yang sangat wajar apabila kita mengetik ataupun mencetak (print) suatu dokumen dengan menggunakan Microsoft Office Word.

Kebutuhan akan microsoft word untuk mengolah suatu dokumen dari mulai proses membuat sampai akhir mencetak bisa kita operasikan dalam satu aplikasi yaitu microsoft word. Namun jika kita mendapati masalah seperti microsoft word tidak bisa print dokumen maka akan membuat pekerjaan kita terganggu dan bahkan berhenti di jalan.

Nah, dalam artikel Tutorian21 kali ini kita akan membahas beberapa cara mengatasi dokumen atau file word yang tidak bisa diprint atau cetak. Oleh karena itu mari simak cara yang kami bagikan di bawah ini dengan cermat.

Baca Juga :Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding

Penyebab Word Tidak Bisa Print

Secara garis besar jika kita mendapati masalah seperti microsoft word tidak bisa print atau cetak dokumen maka dapat disimpulkan ada tiga penyebab utama yang menyebabkan proses mencetak dokumen tersebut tidak bisa digunakan di dalam microsoft word.

  1. Terjadi eror pada aplikasi microsoft word
  2. Ada kesalahan pada pengaturan printer
  3. Terjadi eror pada hardware printer

Cara Mengatasi Dokumen Word Tidak Bisa Print

1. Jalankan MS Word Dengan Run As Administrator

Menjalankan suatu program atau kalau dalam pembahasan di sini menjalankan microsoft office word dengan Run As Admisitrator akan membuat program tersebut mendapatkan akses penuh dalam sistem komputer. Saat kita membuka microsoft word dengan run as administrator maka kita akan beralih dari mode user biasa menjadi mode user admin.

Kedengaranya memang sepele dan seperti tidak ada efek lebih saat menjalankan microsoft word dengan run as administrator ini. Akan tetapi kadang jika kita menjalankan word dengan biasa maka akan menemui pesan peringatan seperti “Word Cannot Print Because There Doesn’t Seem to be Printer installer” saat akan mencetak suatu dokumen.

Untuk menjalankan microsoft word dengan Run As Administrator caranya cukup mudah, yaitu dengan cara klik kanan pada aplikasi microsoft word lalu kemudian pilih opsi Run As Administrator.

2. Buka File Word Dengan Aplikasi Lain

Cara kedua yang bisa kalian gunakan saat mendapati masalah microsoft word tidak print dokumen adalah dengan membuka file word yang akan kalian print dengan aplikasi pengolah kata lainnya. Aplikasi yang akan kami gunakan untuk membuka file word kali ini adalah aplikasi bawaan windows yaitu Wordpad.

Untuk membuka file word dengan aplikasi lain adalah :

  • Pertama, cari file word yang akan kalian print, kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih Open With
    Mengatasi Word Tidak bisa Print Dokumen
  • Maka akan ditampilkan banyak program, di sini silahkan pilih Wordpad lalu pilih Ok
    Mengatasi Word Tidak bisa Print Dokumen
  • Setelah itu file word tersebut akan terbuka di aplikasi wordpad.
    Mengatasi Word Tidak bisa Print Dokumen
  • Sekarang anda bisa mencoba print melalui Wordpad

Cara ini bisa menjadi alternatif untuk mengetahui masalah apa yang menyebabkan kita tidak bisa mencetak dokumen word itu, apakah disebabkan oleh program wordnya sendiri atau hardware printernya.

Jika anda dapat mencetak dokumen dengan aplikasi pengolah kata lain, maka dapat disimpulkan bahwa penyebab tidak bisa print dokumen word disebabkan oleh erornya aplikasi word itu sendiri.

Namun jika dengan aplikasi lain anda masih tidak bisa mencetak,maka besar kemungkinan hardware printer anda sedang bermasalah

3. Rubah Format File Word Ke PDF

Secara garis besar cara yang ketiga ini hampir sama dengan cara yang kedua, akan tetapi dalam cara yang ketiga ini yaitu merubah format file word ke PDF agak berbeda dan memiliki keuntungan tersendiri.

Keuntungan menggunakan cara ketiga ini adalah format teks yang berada di dalam file word anda tidak akan berubah karena pada setingan awal sebuah file PDF tidak bisa mengedit ataupun merubah format teks.

Untuknya cara merubah format file word ke PDF adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen atau file word anda, kemudian klik menu File dan pilih Save As Dokumen.
  • Kemudian pada bagian format file silahkan pilih PDF lalu klik Save
    Mengatasi Word Tidak bisa Print Dokumen
  • Setelah format file word tersebut sudah berubah menjadi PDF langkah selanjutnya adalah membuka file tersebut dengan aplikasi pembuka PDF lalu silahkan print dokumen tersebut di sana.

Baca Juga : 4 Cara Mengubah JPG ke PDF tanpa Software

4. Perbaiki Pengaturan Print Spooler Di Service.msc

Print spooler sendiri adalah file exe (executable) yang menangani proses mencetak. Penanganan proses mencetak meliputi penentuan lokasi driver printer yang tepat, pemuatan driver printer, penjadwalan pekerjaan cetak dan lain sebagainya. Print spooler juga menyimpan banyak dokumen cetak ke dalam antrian cetak.

Mengingat betapa vitalnya fungsi print spooler, apabila terjadi kesalah pengaturan di dalamnya akan dapat mengakibatkan word tidak bisa print dokumen. Untuk memperbaiki pengaturan print spooler di service adalah seperti berikut:

  • Pertama masuk pada fitur RUN dengan cara tekan kombinasi Win+R. Kemudian di sana silahkan ketikkan Services.msc lalu klik OK atau Enter
    Mengatasi Word Tidak bisa Print Dokumen
  • Cari Print Spoiler, Jika sudah ketemu klik dua kali
    Mengatasi Word Tidak bisa Print Dokumen
  • Perhatikan bagian startup type. Pastikan settingnya ada di Automatic. Jika tidak, silakan diubah dulu.
  • Pada bagian service status, pastikan statusnya dalam keadaan started atau running. Jika belum, Anda cukup klik tombol Start untuk menjalakannya.
    Mengatasi Word Tidak bisa Print Dokumen
  • Kemudian klik Ok dan cobalah print lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi dokumen word tidak bisa print. Sebenarnya sangat banyak penyebab word tidak bisa print, mulai dari program wordnya eror hingga hardware printernya yang bermasalah.

Akan tetapi jika masalahnya ada pada program microsoft wordnya yang tidak bisa untuk print, maka empat cara yang kami bagikan di atas harusnya sudah bisa untuk memperbaiki masalah tersebut.

Sekian dari kami, terimakasih sudah berkunjung dan semoga masalah mengenai word tidak bisa print anda bisa terselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *