Cara Menampilkan Toolbar Word yang Hilang

Diposting pada

Bagi pengguna Microsoft Word yang belum sepenuhnya hafal tentang shortcut word seperti saya ini, fungsi dari toolbar atau menu bar pada Microsoft Word sangat dibutuhkan. Pasalnya, kegiatan seperti membuat tabel ataupun menampilkan simbol-simbol yang tidak ada pada keyboard jika tanpa bantuan toolbar akan sangat susah dan pastinya akan memakan banyak waktu.

Bisa dibayangkan betapa susahnya apabila toolbar atau menu bar mendadak hilang saat kita membuka microsoft word. Lantas bagaimana cara menampilkan toolbar atau menu bar microsoft word yang hilang tersebut?

Nah, pada artikel tutorian21 kali ini kami akan membagikan cara menampilkan toolbar word yang hilang. Namun sebelum ke cara menampilkan menu bar, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu toolbar dan apa fungsinya di dalam microsoft word.

Apa itu toolbar MS Word dan apa fungsinya?

Seperti pada tajuk di atas, toolbar atau menu bar word adalah kumpulan tombol navigasi yang berbentuk icon untuk menjalankan fitur–fitur yang ada pada sebuah software microsoft word.

Tombol tombol ini memiliki fungsi dan icon yang berbeda di setiap fiturnya. Contohnya seperti fitur underline atau garis bawah yang dilambangkan dengan huruf “U” kapital dengan diberi garis di bawah hurufnya, dan fitur-fitur yang lain.

Jadi fungsi dasar dari toolbar word adalah untuk mempermudah pengguna dalam menjalankan fitur–fitur yang ada di micosoft word. Oleh sebab itu icon–icon yang ditampilkan pada Toolbar melambangkan fitur yang akan dijalankan.

Pada umumnya toolbar dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Toolbar Standart. Toolbar ini berisi tombol-tombol navigasi yang bersifat utama, seperti Open, New, Save, dll.
  2. Toolbar Formating. Toolbar ini berisi tombol-tombol navigasi format text, seperti pengaturan text, pengaturan border, dll.
  3. Toolbar Drawing. Toolbar ini berisi tombol-tombol navigasi untuk mengedit, contohnya seperti untuk memasukan, membuat dan mengedit objek gambar ataupun garis.

Cara Menampilkan Toolbar Word Yang Hilang

Pada tutorial memunculkan menu bar word kali ini, kami akan menggunkan dua metode paling simpel yaitu:

  • Menampilkan toolbar word dengan menu Ribbon Display Option.
  • Menampilkan toolbar dengan shortcut.

Dan perlu diingat bahwa semua cara memunculkan atau menampilkan toolbar berikut ini bisa dilakukan di berbagi jenis atau versi Microsoft Word, baik itu di versi 2007, 2010, 2013, atau word versi terbaru dapat dipastikan bisa semuanya.

Menampilkan Toolbar Word dengan Ribbon Display Option

Ribbon Display Option adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mengatur tampilan menu bar dan custom toolbar Microsoft Word.

Fitur ini juga dapat anda pakai untuk menampilkan toolbar word yang hilang dengan cara sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Microsoft Word anda.
  2. Kemudian klik icon Ribbon Display Option yang letaknya ada di kanan atas. Memunculkan toolbar photoshop
  3. Perlu diketahui, setiap versi word mungkin memiliki tampilan icon Ribbon Display Option yang berbeda. Namun umumnya Ribbon Display Option diwakili dengan icon lancip atau anak panah.
  4. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, dan silahkan pilih Show Tabs anda Command.

Berikut penjelasan dan arti dari 3 perintah di menu ribbon display option:

  • Auto Hide Ribbon: perintah untuk menyembunyikan menu bar dan tool bar dari halaman Microsoft Word.
  • Show Tabs: perintah untuk menampilkan menu bar.
  • Show Tabs and Command: perintah menampilkan menu bar dan toolbar sekaligus di halaman Microsoft Word.

Setelah anda memilih opsi di atas, maka menu bar dan toolbar akan otomatis muncul kembali di Microsoft Word anda dan siap untuk digunakan seperti biasa.

Menampilkan Toolbar Word dengan Shortcut

  1. Langkah pertama buka microsoft word anda.menampilkan toolbar word yang hilang
  2. Setelah microsoft word terbuka, tekan kombinasi tombol CTRL + F1 di keyboard.menampilkan toolbar word yang hilang
  3. Maka toolbar anda akan langsung muncul kembali.menampilkan toolbar word yang hilang

Bagaimana jika Toolbar dan Menu Bar tetap tidak muncul?

Jika anda sudah melakukan semua cara di atas namun tool bar atau menu bar masih belum muncul maka ada kemungkinan terdapat Bug di aplikasi Microsoft Word yang anda gunakan.

Jika kasusnya benar seperti ini maka hanya ada dua solusi dari kami, yaitu uninstall microsoft word kemudian install lagi, atau anda lakukan update microsoft word ke versi yang lebih baru. Biasanya di versi yang lebih baru, pihak pengembang aplikasi sudah memperbaiki Bug yang ada.

Baca Juga: Cara Mengatasi MS Word Tidak Bisa Dibuka

Kesimpulan

Tutorial cara menampilkan toolbar atau menu bar microsoft word sebenarnya juga bisa digunakan untuk menyembunyikan toolbar, semisal pada cara yang kedua dengan menggunakan shortcut CTRL+F1 Jika kita menekan dalam keadaan toolbar kita menghilang maka akan menampilkan menu bar word kita, dan jika kita menkannya saat toolbar word kita suda tertampil maka akan menyembunyikan menu bar tersebut.

Begitulah tutorial cara menampilkan toolbar word yang hilang dari kami, Terimaksih sudah berkunjung.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *