Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint Menuju ke Word, Excel, Internet, Youtube

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang bagaimana cara membuat hyperlink di Powerpoint yang mengarah ke berbagai jenis file lain seperti Word, Excel, Gambar, Video, Internet, atau bahkan Youtube.

Pembahasan ini sangat cocok untuk kamu yang akan presentasi dengan Microsoft Powerpoint. Karena, hyperlink akan mempermudah kamu saat berpindah dari slide satu ke slide lain, atau bahkan dari slide Powerpoint ke file jenis lain seperti Word, Excel dan lain-lain.

Apa saja yang akan kita bahas di artikel ini?

  • Pertama, cara membuat hyperlink yang mengarah ke antara slide dalam sebuah file Powerpoint.
  • Kedua, cara membuat hyperlink yang mengarah ke jenis file lain.

Sudah penasaran? Baiklah kalau begitu mari kita mulai pembahasan cara membuat hyperlink di ppt (Powerpoint). Yuk simak sampai selesai!

Membuat Hyperlink di Powerpoint

Yang pertama ini adalah cara membuat hyperlink antara slide satu dengan slide lainnya dalam satu file/dokumen Powerpoint.

Langkah 1, buka aplikasi MS.Powerpoint kamu dan buatlah 3 slide yang berbeda. Buat juga tombol-tombol memakai tool Shapes yang ada di menu bar Insert, dan masukkan teks di dalamnya sehingga hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Membuat Hyperlink di Powerpoint

Di setiap slide saya berikan tombol masing-masing dengan keterangan teks sebagai berikut:

  • Tombol slide 1: Mulai
  • Tombol slide 2: Kembali dan Lanjut
  • Tombol slide 3: Kembali, Slide bebas, dan Keluar

Di tombol-tombol tersebutlah kita akan memasukkan hyperlink yang mana ketika di klik akan menuju ke slide yang kita inginkan.

Langkah 2, sekarang kita akan mulai memasukkan hyperlink di tombol yang telah dibuat. Saya memulainya dari tombol Mulai. Caranya klik tombol “Mulai” kemudian pilih menu Insert lalu pilih Action.

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Langkah 3, setelah menu Action terbuka pilih opsi Hyperlink to dan pilih Next Slide, kemudian klik Ok. Sekarang ketika tombol “Mulai” di klik, maka secara otomatis akan menuju slide berikutnya (slide 2).

Ms Powerpoint 3

Langkah 4, sekarang kita akan memberi hyperlink di tombol “Kembali” yang nantinya ketika tombol ini di klik akan mengarah ke slide sebelumnya.

Langkahnya sama saja yaitu klik dulu tombol “Kembali” lalu pilih Insert – Action – Hyperlink to – kemudian di sini pilih Previous Slide, dan klik Ok.

Untuk mengisi hyperlink tombol “Lanjut” kamu dapat memakai cara seperti pada tombol Mulai.

Membuat Hyperlink di Powerpoint

Langkah 5, sekarang kita akan mengisi hyperlink di tombol “Slide Bebas”. Kamu bebas menentukan hyperlink menuju ke slide mana saja, misalnya dari slide 3 ke slide 12 juga bisa. Namun karena di sini saya hanya punya tiga buah slide maka akan saya arahkan ke slide 1.

Langkahnya juga sama, yaitu klik tombol “Slide Bebas” terlebih dulu, kemudian pilih Insert – Action – Hyperlink to – di bagian ini scrol ke bawah lalu pilih opsi Slide… dan terakhir pilih slide yang kamu inginkan dan tekan Ok.

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Langkah 6, selanjutnya kita akan membuat hyperlink di tombol Keluar, ketika tombol ini di klik nantinya akan mengakhiri slide Powerpoint. Langkahnya juga sama seperti sebelumnya, dan pada opsi Hyperlink to pilih End Show.

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Langkah 7, terakhir kita harus mengatur Slide Show agar saat kita klik sembarangan slide tidak akan berganti. Caranya pilih menu Slide Show Set Up Slide Show – kemudian pilih opsi Browsed at a kiosk (full screen) dan klik Ok.

Ms Powerpoint 7

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint Menuju File Dokumen Lain

Powerpoint mempunyai fitur hyperlink yang dapat terhubung dengan jenis dokumen lain dan juga website. Contohnya, kamu dapat membuat sebuah tombol di slide Powerpoint yang terhubung dengan berbagai macam jenis file seperti Word, Excel, PDF, Website, Gambar, Video, dan lain-lain.

Berikut adalah cara membuat hyperlink jenis ini.

Langkah 1, buka aplikasi Powerpoint kamu dan buatlah sebuah tombol menggunakan Shapes yang ada di menu Insert. Tombol ini yang nantinya akan diberikan hyperlink menuju file / situs lain.

Ms Powerpoint

Langkah 2, klik tombol tersebut kemudian pilih menu Insert – dan pilih Action.

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint Menuju Dokumen Lain

Langkah 3, pada menu Action Setting pilih Hyperlink to lalu pilih opsi Other file.

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint Menuju Dokumen Lain

Langkah 4, kemudian akan otomatis muncul jendela baru. Di sana cari file yang ingin kamu hubungkan dengan tombol Powerpoint. File dapat berupa Word, Excel, Powerpoint lain, Gambar, dan Video, jika sudah klik OK/Open.

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Langkah 5, untuk memasukkan video dari youtube atau halaman dari sebuah website, langkahnya juga sama yaitu klik tombol yang telah kamu buat, kemudian pilih menu Insert – Action – Hyperlink to – di bagian ini scrol ke bawah lalu pilih opsi Url…

Akan muncul jendela baru, dan di sana kamu dapat memasukkan link dari halaman website maupun video dari youtube dan lain sebagainya.

Saat copy paste link kamu harus menghapus beberapa kode dari link tersebut contohnya seperti https://www.youtube.com/watch?v=MdnlIgRAcLI menjadi https://www.youtube.com/watch. Hapus sampai tanda “?” supaya link dapat berjalan saat di klik.

Ms Powerpoint 4 1

Bagaimana, mudah kan? Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar