Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Microsoft Word

Diposting pada

Cara Memasukkan Ayat Al-quran ke Microsoft Word. Sebagai program pengolah kata ataupun dokumen di komputer, Microsoft Word bukan lagi hal yang asing bagi kita semua. Pasalnya selain memiliki fitur yang mudah untuk dipahami, program pengolah kata yang satu ini juga menyediakan fitur yang sangat lengkap.

Program pengolah kata yang sering di instal di komputer ataupun laptop ini mempunyai fitur yang sangat lengkap. Akan tetapi masih banyak dari kita yang belum tahu sepenuhnya fungsi dari semua fitur-fitur yang ada tersebut sehingga membuat daya kreatif kita dalam membuat dokumen di dalam word kurang begitu maksimal.

Salah satunya adalah memasukkan ayat Al-Quran di dalam Microsoft Word. Hal yang satu ini masih jarang yang tahu caranya, karena di dalam word yang tanpa costomisasi apapun atau bisa dibilang setingan defaultnya tidak ada tool kusus yang bisa digunakan untuk memasukkan ayat Al-Quran ke dalam word.

Oleh sebab itu dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara memasukkan ayat Al-Quran di word. Pastinya tutorial yang kami bagikan berikut ini adalah tutorial yang simpel dan mudah untuk dipahami, jadi mari simak sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding

1. Memasukkan Ayat Al-Quran di Dalam Word dengan Add-ins

Untuk metode cara memasukkan ayat Al-Quran di dalam word yang pertama yaitu dengan menggunakan add-ins Al-Quran. Seperti yang diketahui bersama bahwa Microsoft Word mendukung untuk ditambahkan add-ins. Dengan fitur ini anda dapat meningkatkan kemampuan word dengan melakukan kostumisasi sendiri dan berbagai fitur khusus lainnya.

Add-ins word yang kami gunakan untuk memasukkan ayat Al-Quran ke dalam word ini sudah berlisensi dari KEMENAG RI (Kementrian Agama Republik Indonesia). Jadi kalian tidak perlu khawatir menganai keaslian ayat Al-Quran yang akan ditampilkan di dalam add-ins word yang satu ini.

Perlu kalian tahu bahwasannya add-ins Al-Quran word ini hanya support pada Microsoft Word 2010 keatas. Jadi untuk kalian pengguna Microsoft Word yang versinya di bawah 2010 kalian bisa skip cara pertama ini dan langsung saja menuju ke cara yang kedua di bawah yaitu memasukkan ayat Al-Quran di word secara online.

Untuk memasukkan ayat Al-Quran di word dengan add-ins adalah sebagai berikut:

  • Pertama download terlebih dahulu Add-ins Al-Quran di link berikut ini: Download. Kemudian Exstrak File yang sudah kalian download, lalu klik kanan file .exe dan pilih Run as Administrators. (Untuk file .exe dengan nama x32 untuk word 32 bit dan x64 untuk word 64 bit)
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Maka akan mucul pop up seperti ini dan Klik Next .
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Klik Next untuk mengunduh .NET Framework. (Apabila komputer belum terinstal net framework 4, komputer harus terhubung internet untuk mengunduhnya. Instalasi Qur’an Kemenag in Microsoft Word akan berjalan setelah net framework selesai terinstal di komputer).
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Tunggu Proses unduh .NET Framework
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Setelah .NET Framework terunduh, klik Next untuk melanjutkan instalasi .NET Framework
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Klik Install untuk memulai instalasi .NET Framework
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Tunggulah Proses instalasi .NET Framework
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • klik Finish untuk mengakhiri instalasi .NET Framework dan melanjutkan instalasi Qur’an Kemenag in Microsoft Word
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Klik Next . (Apabila komputer sudah terinstal net framework 4, Instalasi Qur’an Kemenag in Microsoft Word akan langsung menuju ke langkah pada gambar berikut).
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Terakhir, klik Instal
    Memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Klik Finish untuk mengakhiri proses instalasi Qur’an Kemenag in Microsoft Word
    Memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Proses Instalasi Selesai. Bukalah Microsoft Word dan Qur’an Kemenag in Microsoft Word sudah dapat digunakan. (Munculnya tab “Qur’an Kemenag” pada dokumen menandakan bahwa Add-in Qur’an Kemenag sudah terpasang di Microsoft Word).
    Memasukkan ayat al-quran didalam word

2. Memasukkan Ayat Al-Quran ke dalam Word Secara Online

Secara mudah cara memasukkan ayat Al-Quran di dalam word secara online adalah dengan menyalin ayat Al-Quran dari situs web dan mempastekan ayat tersebut di dalam word. Akan tetapi dalam proses sederhana seperti itu apabila kita asal copy paste, maka hasil tempelan yang kita masukkan di halaman word bisa menjadi berantakan bahkan sampai tidak bisa dibaca.

Hal tersebut sering sekali terjadi, apalagi dalam tulisan arab yang titik awal penulisanya dengan tulisan latin sudah berbeda. Jadi dalam tutuorial yang akan kami bagikan di bawah ini mengenai cara memasukkan ayat Al-Quran di dalam word secara online ini lebih bersifat teknik copy paste agar hasilnya dapat rapi dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Untuk tutorial cara memasukkan ayat Al-Quran di dalam word secara online adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka browser pada komputer anda dan cari di mesin pencarian kalian “Litequran”, lalu buka web Litequran.
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Setelah webnya terbuka, cari ayat Al Quran yang ingin anda masukkan di dalam word. Cara pertama bisa melalui tool pencarian (ikon kaca pembesar), atau kalian bisa memilih langsung surat Alquran yang ada di web tersebut.
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Setelah kalian menemukan ayat Al Quran yang kamu butuhkan silahkan blok ayat tersebut lalu kemudian Copy.
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Berikutnya buka Microsoft Word dan klik Icon Alight Teks Right (CTRL+ R).
    memasukkan ayat al-quran didalam word
  • Terakhir Paste ayat yang sudah kalian copy dari website tadi. Maka ayat tersebut akan terpaste dengan rapi di bagian kanan.
    memasukkan ayat al-quran didalam word

Kesimpulan

Secara keseluruhan kedua tutorial memasukkan ayat al-quran ke dalam word yang kami bagikan ini tergolong mudah. Akan tetapi cara pertama yaitu memasukkan ayat alquran dengan add-ins akan sangat efektif jika kalian mempunyai projek semisal skripsi atau yang lainnya yang membutuhkan ayat-ayat al-quran di dalam word secara terus menerus.

Namun apabila kalian hanya perlu hanya sesekali saja atau bahkan jarang membutuhkan ayat Al-Quran di dalam word, anda bisa cukup menggunakan cara kedua yang kami bagikan di atas yaitu cara memasukkan ayat al-quran di dalam word secara online.

Sekian dari kami Tutorian21, seperti biasa jika kalian punya cara yang lebih efektif ataupun keluhan mengenai cara memasukkan ayat al-quran di dalam Microsoft Word yang kami bagikan di atas,kalian bisa tulis di kolom komentar yang ada di bawah. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *