Kenapa Tidak Bisa Mengupdate WhatsApp? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Tidak Bisa Mengupdate WhatsApp

Kenapa Tidak Bisa Mengupdate WhatsApp?

Kenapa Tidak Bisa Mengupdate WhatsApp? adalah pertanyaan yang kerap ada saat kita mengalami masalah gagal update. Sebagai program pesan instant paling populer, WhatsApp selalu bereksperimen dengan sejumlah fitur baru dan penyempurnaan keamanan.

Tetapi, seringkali kita ditempatkan pada keadaan di mana kita tidak bisa mengupdate aplikasinya, baik itu melalui play store maupun app store.

Padahal penting untuk terus menjaga agar versi aplikasi WhatsApp yang kita pakai masih tetap terbaru. Karena mengupdate WhatsApp bukan hanya akan mendatangkan fitur baru saja, tetapi juga pembaruan bug dan proteksi keamanan yang dibutuhkan.

Tetapi, sejumlah permasalahan kerap ada dan merintangi proses ini, dan hal itu sudah pasti membuat kita kebingungan dan frustrasi.

Karena itu, dalam artikel berikut, kita akan mengulas “kenapa tidak bisa mengupdate WhatsApp” dan bagaimanakah cara menanganinya. Supaya kita bisa menikmati fitur terkini dari WhatsApp dan menjaga keamanan komunikasi kita di aplikasi tersebut.

Kenapa Tidak Bisa Mengupdate WhatsApp?

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kenapa aplikasi WhatsApp tidak bisa di update atau diperbarui. Hal-hal tersebut mungkin luput dari perhatian kita, padahal biasanya sumber masalah dapat terjadi karena hal sepele. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda tidak bisa mengupdate WhatsApp:

1. Aplikasi WhatsApp Tidak Kompatibel dengan HP

Sama seperti yang sudah disebut, versi aplikasi WhatsApp dalam update ini kemungkinan tidak cocok dengan sistem operasi HP Anda. Contohnya, mulai Oktober 2023, cuma OS (sistem operasi) Android 5.0 dan di atasnya lah yang hanya didukung oleh WhatsApp.

Artinya jika HP anda masih menggunakan OS di bawah Android 5.0 kemungkinan Anda tidak akan bisa memperbarui WhatsApp ke versi yang lebih baru. Biasanya masalah ini terjadi pada HP jadul. Untuk mengatasinya Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut:

a. Cek spesifikasi HP Anda dan lihat apakah memenuhi syarat dan ketentuan WhatsApp

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, saat ini WhatsApp hanya bisa digunakan di OS 5.0 ke atas. Oleh karena itu, pastikan HP Anda sudah menggunakan versi OS yang memadai.

Kenapa Tidak Bisa Mengupdate WhatsApp

Untuk melihat spesifikasi OS, silahkan buka menu Setelan atau Setting kemudian pilih Tentang telepon.

Di sana Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai HP Anda. Untuk mengetahui versi OS atau sistem operasi yang digunakan HP saat ini, perhatikan pada menu Versi Android. Di samping atau di bawah menu tersebut akan tertera versi OS HP Anda.

Jika versi OS di atas Android 5.0 seharusnya ini bukanlah penyebab tidak dapat update WhatsApp.

b. Update sistem operasi HP (jika update tersedia)

WhatsApp tiadak bisa di update.png

Pembaruan sistem operasi (OS) Android adalah salah satu faktor penting yang sering terlewatkan oleh beberapa pemakai. Padahal, melakukan update OS tidak hanya memberikan fitur terbaru dari Android, tetapi juga membenahi bug, meningkatkan keamanan perangkat, dan mengatasi masalah aplikasi yang tidak kompatibel.

Sebelum mengupdate OS ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Pastikan baterai di atas 80%.
  • Gunakan jaringan yang cepat dan stabil.
  • Pastikan penyimpanan internal cukup untuk menampung data OS baru yang akan di unduh.

Setelah memastikan hal tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Settings atau Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  • Pilih opsi About Phone atau Tentang Telepon.
  • Pilih System Update atau Pembaruan Sistem untuk memeriksa versi Android Anda saat ini dan apakah ada pembaruan yang tersedia.
  • Jika pembaruan tersedia, silahkan pilih Perbarui atau Update untuk memulai proses pembaruan OS..

Saat proses pembaruan berjalan, pastikan HP tidak akan kehabisan daya baterai dan kehilangan sinyal. Karena jika HP mati atau kehilangan sinyal, maka proses pembaruan akan terhenti dan gagal. Jika sampai terjadi, HP bisa mengalami gagal sistem

c. Beli HP baru

Jika HP Anda masih memakai OS Android di bawah 5.0 dan tidak mendapat pembaruan, pertimbangkanlah untuk membeli HP baru. Sekarang ini banyak merk HP yang menawarkan kualitas dan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang murah. Contohnya adalah Xiaomi, Poco, Realme, Infinix, Tecno dan masih banyak lagi.

2. WhatsApp di Blokir Negara

Seperti yang kita tahu, ada beberapa negara yang telah memblokir WhatsApp karena alasan tertentu, contohnya adalah China, Korea Utara, Iran dan Qatar. Jika Anda sekarang tinggal di negara yang melarang WhatsApp, maka hal itu bisa menjadi alasan kenapa Anda tidak bisa mengupdate aplikasi WhatsApp.

Namun jangan khawatir, Anda bisa memperbarui aplikasi WhatsApp dengan beberapa trik berikut:

a. Pakai VPN untuk mengupdate WhatsApp

VPN atau Virtual Privat Network ialah layanan yang memungkinkan kita untuk tersambung ke internet lewat server yang dioperasionalkan oleh penyuplai VPN. Ini akan membuat “terowongan” terenkripsi di antara perangkat dan server VPN, sehingga kegiatan online kita akan tetap pribadi dan aman dari pengintaian.

Ada banyak aplikasi VPN gratis yang bisa Anda pakai, misalnya seperti Turbo VPN dan Thunder VPN. Berikut cara memperbarui WhatsApp menggunakan VPN:

  • Download dan instal aplikasi VPN.
  • Buka aplikasi VPN dan setujui syarat dan ketentuannya.
  • Pilih server negara yang tidak memblokir WhatsApp.
  • Selanjutnya, klik Hubungkan atau Connect.
  • Jika muncul notifikasi izin atau permintaan sambungan pilihlah Setuju atau Oke.
  • Tunggu proses penyambungan, jika berhasil maka akan ada pesan Terhubung.
  • Terakhir, buka Play Store dan silahkan update WhatsApp Anda.
  • Selesai.

b. Update WhatsApp dengan file APK

Memperbaharui WhatsApp memakai file APK dapat menjadi jalan keluar bila Anda tidak bisa mengupdate WhatsApp melalui Play Store. Tetapi perlu di ingat, jika Anda memilih untuk menggunakan cara ini, maka pastikan file APK yang Anda unduh berasal dari sumber yang terpercaya.

Sebelum menginstall file Apk WhatsApp, disarankan untuk melakukan backup chat WhatsApp jika memang diperlukan. Caranya buka WhatsApp, pergi ke Setelan » Chat » Cadangkan chat » dan tekan Cadangkan.

Setelah itu, klik menu Akun dan pilih akun google yang ingin Anda gunakan untuk membackup WhatsApp. Tunggu proses pencadangan selesai, biasanya proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung koneksi internet dan seberapa besar data yang di backup.

Setelah berhasil membackup chat WhatsApp, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal APK WhatsApp secara manual:

  • Download file APK WhatsApp.
  • Cari dan buka file APK WhatsApp di File Manager » Download.
  • Izinkan instalasi dari sumber tak dikenal.
  • Pilih install dan tunggu proses instalasi selesai..
  • Buka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor Anda.
  • Pada tahap ini Anda bisa mengembalikan pesan WhatsApp anda melalui pilihan Restore.

3. Play Store Usang

Google Play Store adalah tempat para pengguna Android untuk mendownload dan mengupdate aplikasi. Tetapi, Play Store sendiri juga seperti aplikasi lain yang memerlukan pembaruan kadang-kadang.

Bila versi Play Store yang Anda punyai telah kedaluwarsa atau memiliki masalah, ini kemungkinan menjadi satu diantara beberapa faktor yang menyebabkan Anda tidak bisa mengupdate WhatsApp atau aplikasi lain.

WhatsApp tiadak bisa di update

Oleh karena itu, pastikan Play Store Anda tetap up to date.

  • Pertama-tama buka Google Play Store.
  • Klik ikon profile yang berada di sudut atas kanan.
  • Pilih menu Setelan » Tentang.
  • Klik Update Play Store untuk memeriksa dan melakukan pembaruan.

Apabila Play Store sudah dalam versi terbarunya, maka akan muncul pernyataan bahwa “Versi Google Play Store sudah yang terbaru“. Namun, bila belum diperbaharui, sistem akan secara otomatis memperbarui Play Store ke versi terkini.

4. Jaringan Internet Buruk

Dalam proses memperbarui aplikasi, kita akan mengunduh sejumlah data baru. Proses ini tentunya memerlukan jaringan internet yang stabil. Jika jaringan internet yang Anda gunakan buruk atau terputus, maka proses pembaruan bisa gagal bahkan bisa menyebabkan aplikasi eror karena data yang di unduh tidak lengkap.

Oleh karena itu, sebelum mengupdate aplikasi pastikan koneksi internet yang Anda pakai cepat dan stabil.

  • Pakai jaringan Wi-Fi yang cepat dan stabil.
  • Jika WiFi lemot, Anda bisa me-restart router atau modem terlebih dahulu.
  • Jika Anda memakai data seluler, pastikan sinyal bagus dan tidak dalam model hemat data.

5. Ruang Penyimpanan Penuh

Ruang penyimpanan atau memori internal yang penuh bisa menjadi kendala utama saat kita ingin memperbarui aplikasi. Kita tahu, bahwa dengan memperbarui aplikasi, kita juga akan mengunduh data baru dari aplikasi tersebut.

Jika ruang penyimpanan penuh, maka tidak akan ada ruang lagi untuk menyimpan data dari aplikasi yang kita perbaruhi, alhasil proses update pun bisa gagal. Oleh sebab itu, sangat penting memastikan kapasitas penyimpanan HP Anda mencukupi sebelum melakukan pembaruan aplikasi.

Berikut beberapa cara mengurangi penyimpanan yang penuh:

  • Hapus aplikasi yang jarang-jarang digunakan.
  • Pindahkan foto dan video ke memori eksternal atau cloud.
  • Bersihkan cache semua aplikasi.
  • Sisakan ruangan kosong minimal 1 GB ketika ingin memperbarui aplikasi.

Penutup

Itulah jawaban dari pertanyaan kenapa tidak bisa mengupdate WhatsApp. Seperti keterangan di atas, permasalahan ini dapat disebabkan karena beragam faktor, dimulai dari permasalahan penyimpanan sampai permasalahan pada sistem operasi.

Dengan memahami penyebab dan langkah-langkah menanganinya, Anda dapat mengupdate lagi WhatsApp dan menikmati semua fitur terbaru yang diberikan. Pastikan untuk secara berkala memeriksa dan menjaga perangkat Anda agar sesuai dengan kebutuhan update aplikasi.

Leave a Reply