Gambar Lapangan Rounders Beserta Ukurannya (Sesuai Standar)

Gambar Lapangan Rounders Beserta UkurannyaRounders adalah salah satu permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim di lapangan. Secara umum cara bermain rounders mirip dengan permainan bola kasti, baik dari bola maupun teknik bermain.

Walaupun rounders dan kasti mirip, namun bentuk lapangan rounders berbeda dengan lapangan bola kasti. Sehingga kita tidak bisa memainkan rounders di lapangan kasti tanpa ada perubahan.

Sebenarnya permainan rounders muncul pertama kali di amerika pada tahun 1887 tepatnya di kota Chicago. Walaupun permainan ini bukan asli dari Indonesia, namun minat masyarakat dalam bermain rounders cukup tinggi.

Hal ini ditandai dengan masuknya olahraga rounders di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 1969 di Surabaya.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan olahraga rounder, kali ini Tutorian21 akan membagikan gambar lapangan rounders beserta ukurannya.

Jadi bagi kalian yang belum tahu bentuk lapangan rounders bisa mengikuti penjelasan di bawah ini sampai selesai, karena kami akan menjelaskannya secara lengkap.

Gambar Lapangan Rounders Beserta Ukurannya

Bentuk lapangan rounders adalah segi lima dengan jarak antar sisi yang beraturan. Sama seperti olahraga lainnya, lapangan rounders juga memiliki standar ukuran tertentu.

Hampir sama dengan lapangan bola kasti, di dalam lapangan rounders juga terdapat tiang hinggap atau base yang digunakan sebagai posisi aman para pemain.

Akan tetapi tiang hinggap pada olahraga rounders memiliki jumlah 5 buah, oleh sebab itu lapangan rounders memiliki bentuk segi lima.

Untuk lebih jelasnya, inilah gambar lapangan rounders beserta ukurannya:

gambar lapangan rounders beserta ukurannya
  • Lapangan rounders berbentuk segi lima, dengan jarak antar sisi sebesar 15 meter
  • Lapangan rounders memiliki 5 tiang hinggap yang terletak di setiap sudut lapangan
  • Setiap base atau tiang hinggap, memiliki berbentuk persegi dengan ukuran 40 x 40 cm
  • Tempat pelambung dengan tempat pemukul memiliki jarak 9 meter
  • Setiap base atau tiang hinggap memiliki jarak 15 meter dengan base lain
  • Tempat untuk pemain pitcher plate atau pelampung berbentuk persegi dengan ukuran 2,5 x 2,5 meter
  • Tempat pemukul bola berbentuk persegi dengan ukuran 2 x 2 meter
  • Di empat sudut lapangan terdapat tiang yang terpasang, dengan tinggi 1,3 meter

Itulah gambar lapangan rounders beserta ukurannya, jika kalian masih kebingungan terhadap istilah atau keterangan yang ada di dalam lapangan rounders, kalian bisa melihat gambar lapangan rounders beserta keterangannya di bawah ini.

Gambar Lapangan Rounders Beserta Keterangannya

gambar lapangan rounders beserta ukurannya

Inilah beberapa keterangan atau istilah yang ada di dalam lapangan rounders:

  • Tempat pitcher (bowlers square) adalah tempat pemain pelambung melemparkan bola
  • Tempat memukul adalah tempat pemain pemukul untuk memukul bola
  • Tempat catcher adalah tempat pemain penangkap, tempat ini berada di belakang tempat pemukul
  • Tiang hinggap adalah tiang pember hentian / tempat aman bagi para pemain, tiang hinggap berada pada post I – IV
  • Home base adalah post ke V
  • Ruang tunggu adalah tempat bagi para pemain pengganti

Tugas Pemain Rounders di Lapangan

Para pemain rounders memiliki tugas yang hampir sama dengan permainan olahraga bola kecil lainnya. Berikut beberapa tugas dan posisi pemain rounders di lapangan:

1. Pitcher

Pither adalah pemain yang memiliki tugas untuk melempar bola kepada pemain pemukul. Setelah bola dilemparkan dan berhasil dipukul, pemain pemukul akan berlari ke base selanjutnya.

2. Catcher

Catcher adalah pemain yang memiliki tugas menangkap bola yang tidak berhasil dipukul oleh pemain pemukul. Pemain cather berada di belakang pemain pemukul

3. Pemain pemukul

Pemain pemukul adalah pemain yang bertugas memukul bola yang dilemparkan oleh pemain pelempar. Setelah berhasil memukul bola, pemain pemukul akan berlari ke base pertama.

4. First baseman

First baseman adalah pemain yang memiliki tugas untuk menangkap bola yang menuju base pertama. First baseman akan berjaga di base pertama.

5. Second baseman

Second baseman adalah pemain yang berjaga di base kedua. Pemain ini memiliki tugas mematikan pergerakan pemain yang berlari ke base dua dengan cara menangkap bola yang menuju ke base kedua dan melemparkannya ke base pertama.

6. Third baseman

Third baseman adalah pemain penjaga base ketiga. Tugasnya hampir sama dengan Second baseman yaitu mematikan pergerakan pemain pelari dengan cara melempar bola ke base pertama.

Peralatan Untuk Bermain Rounders di Lapangan

Sebenarnya peralatan yang digunakan dalam permainan rounders tidak jauh berbeda dengan permainan bola kasti ataupun soft ball.

Inilah beberapa perlatan untuk bermain rounders:

1. Bola rounders

Secara sekilas bola rounders dengan bola kasti memang mirip, akan tetapi bola yang digunakan untuk olahraga rounders lebih berat jika dibandingkan dengan bola kasti.

Bola rounders memiliki diameter lingkaran 19 – 22 cm dengan berat sekitar 80 – 100 gram. Bola rounders terbuat dari bahan karet ataupun kulit.

2. Tongkat pemukul

Tongkat pemukul yang digunakan olahraga rounders berbentuk bulat memanjang, dengan ukuran lebih kecil di satu sisi. Bahan untuk tongkat pemukul biasanya terbuat dari kayu.

Panjang tongkat pemukul rounders adalah kisaran 50 – 80 cm dengan diameter 7 cm, berbeda dengan tongkat kasti yang hanya memiliki panjang 52 cm.

3. Tiang bendera batas

Tiang bendera batas memiliki tinggi 1,5 meter dan berjumlah empat buah dalam satu lapangan rounders.

Letak tiang ini berada di ujung antara base V dengan base I, dan base V dengan base IV.

Penutup

Demikian pembahasan kita tentang gambar lapangan rounders beserta ukurannya. Olahraga rounders adalah olahraga yang sangat bagus untuk dimainkan anak-anak, tetapi juga bisa dimainkan oleh orang dewasa.

Lapangan permainan rounders berbentuk segi lima, tidak sulit untuk membuatnya sendiri di area yang lapang, asalkan anda sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga penjelasan gambar lapangan rounders beserta ukurannya di atas dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar