Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya (Sesuai Standar)

Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga yang ada di dunia. Sudah sejak lama, olahraga ini banyak digemari dan populer di kalangan masyarakat.

Seperti namanya, bulu tangkis adalah permainan yang dilakukan dengan cara menangkis bola (shuttlecock) yang terbuat dari bulu angsa menggunakan sebuah alat yang dinamakan raket.

Meskipun olahraga ini cukup populer, namun masih banyak orang yang belum tahu berapa ukuran lapangan bulu tangkis yang sesungguhnya.

Nah, pada artikel kali ini Tutorian21 akan memberikan gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya, tentunya ukuran tersebut sesuai standar nasional dan internasional BWF (Badminton World Federation), dan kita juga akan membahasnya secara lengkap.

Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya
Lapangan Bulu Tangkis

Pertandingan bulu tangkis profesional harus diselenggarakan di lapangan indoor. Hal ini bertujuan untuk menghindari angin ataupun hujan yang dapat mengganggu terbangnya shuttlecock.

Seperti yang kita tahu, shuttlecock atau “kok” adalah bola yang terbuat dari bulu angsa dan gabus. Bola ini mudah rusak apabila terkena air. Selain itu hembusan angin yang berlebihan juga dapat mempengaruhi arah lajunya.

Lapangan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang, di tengahnya terdapat jaring net yang membagi area lapangan menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Adapun beberapa garis dengan fungsi tertentu, yaitu di bagian tengah, samping, dan belakang.

Secara keseluruhan, panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter, sedangkan lebarnya adalah 6,10 meter. Umumnya, permukaan lapangan bulu tangkis terbuat dari bahan kayu dan lantai sintetis di atasnya.

Untuk ukuran lapangan bulu tangkis nasional sendiri sama dengan ukuran lapangan internasional yang telah ditentukan oleh BWF (Badminton World Federation). Untuk lebih jelasnya, simak rincian berikut:

  • Panjang lapangan bulu tangkis: 13,40 meter
  • Lebar lapangan bulu tangkis: 6,10 meter
  • Tinggi net lapangan bulu tangkis: 1,52 meter
  • Jarak garis servis depan ke net: 1,98 meter
  • Jarak garis servis tengah ke garis samping: 3,05 meter
  • Jarak garis servis belakang ke garis belakang: 0,76 meter (permainan ganda)
  • Jarak garis samping ke pinggir lapangan: 0,46 meter (permainan tunggal)

Itulah ukuran lapangan bulu tangkis standar nasional dan internasional. Namun perlu kalian ketahui, bahwa garis lapangan bulu tangkis yang digunakan dalam pertandingan partai ganda dan tunggal memiliki aturan yang berbeda.

Berikut kami jelaskan secara lebih rinci untuk ukuran lapangan dan peraturan garis yang digunakan dalam pertandingan bulu tangkis ganda maupun tunggal:

1. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Partai Tunggal

ukuran lapangan bulu tangkis tunggal
Area Bermain Lapangan Bulu Tangkis Partai Tunggal

Dalam pertandingan bulu tangkis partai tunggal, lebar area bermain diukur dari garis samping bagian dalam, sedangkan panjang area bermain mencakup hingga garis belakang bagian luar.

Untuk area servis partai tunggal juga diukur dari garis saping bagian dalam dan garis belakang bagian luar.

Berikut rincian ukuran lapangan bulu tangkis yang digunakan dalam pertandingan partai tunggal:

  • Lebar lapangan permainan bulu tangkis partai tunggal: 5,18 meter
  • Panjang lapangan permainan bulu tangkis partai tunggal: 13,0 meter
  • Lebar area penerima servis partai tunggal: 2,59 meter
  • Panjang area penerima servis partai tunggal: 4,72 meter

2. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Partai Ganda

ukuran lapangan bulu tangkis ganda
Area Bermain Lapangan Bulu Tangkis Partai Ganda

Pada permainan bulu tangkis partai ganda, lebar area bermain diukur dari garis samping bagian luar dengan panjang yang juga diukur dari garis belakang bagian luar.

Area servis dalam pertandingan ganda diukur dari garis samping bagian luar dan garis belakang bagian dalam.

Berikut rincian ukuran lapangan bulu tangkis yang digunakan dalam pertandingan partai ganda:

  • Lebar lapangan permainan bulu tangkis partai ganda: 6,10 meter
  • Panjang lapangan permainan bulu tangkis partai ganda: 13,40 meter
  • Lebar area penerima servis partai ganda: 3,05 meter
  • Panjang area penerima servis partai ganda: 3,96 meter

Ukuran Shuttlecock Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis, bola yang digunakan terbuat dari bahan bulu angsa dan gabus, bola ini disebut dengan shuttlecock atau kok. Seperti halnya lapangan, BWF (Badminton World Federation) juga memberikan ukuran standar untuk shuttlecock.

  • Berat shuttlecock adalah sekitar 4,73 sampai 5,50 gram
  • Jumlah bulu pada shuttlecock adalah 14 sampai 16 bulu
  • Panjang setiap helai bulu shuttlecock adalah 62 sampai 70 mm
  • Ujung bulu harus terletak pada lingkaran dengan diameter 58mm hingga 68mm
  • Kepala shuttlecock terbuat dari gabus setengah lingkaran berdiameter antara 25mm hingga 28mm

Selain itu shuttlecock juga harus di tes dengan cara dipukul hingga melewati garis belakang. Shuttlecock yang lulus dari tes ini baru dinilai layak untuk digunakan dalam pertandingan bulu tangkis tingkat profesional baik untuk partai tunggal ataupun ganda.

Penutup

Itulah pembahasan kita tentang gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya. Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga andalan Indonesia. Sudah banyak putra putri Indonesia yang berhasil mendapatkan medali di kancah internasional pertandingan bulu tangkis.

Pada artikel ini kita telah membahas: Lapangan bulu tangkis, Ukuran lapangan bulu tangkis, Gambar lapangan bulu tangkis, Gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya, Ukuran lapangan badminton, Gambarlah lapangan bulu tangkis beserta ukurannya, Gambarkan lapangan bulu tangkis beserta ukurannya.

Oleh sebab itu, mari kita berlatih dengan gigih agar kita dapat dapat ikut serta mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga ini. Demikian artikel ukuran lapangan bulu tangkis kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar