Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya (Sesuai Standar)

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta UkurannyaBola voli adalah olahraga tim yang populer dimana dua tim yang terdiri dari enam pemain dipisahkan oleh jaring net. Setiap tim mencoba untuk mencetak poin dengan mendaratkan bola di lapangan tim lawan.

Dalam olahraga bola voli, para pemain menggunakan tangan mereka untuk memukul bola melewati jaring atau net menuju daerah lapangan lawan.

Untuk memainkan permainan ini secara efektif harus menggunakan peralatan dan lapangan yang tepat. Lapangan bola voli sendiri memiliki ukuran yang telah ditentukan dan disepakati secara resmi.

Jadi, berapa ukuran standar lapangan bola voli? Berikut kami berikan gambar lapangan bola voli beserta ukurannya secara lengkap, tentunya menurut standar nasional dan internasional.

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

gambar lapangan bola voli beserta ukurannya
Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Lapangan bola voli terdiri dari area bermain dan area bebas yang mengelilinginya. Secara resmi, ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, diukur mulai dari tepi luar garis batas. Sedangkan untuk area bebas yang mengelilingi area bermain memiliki ukuran 3 meter hingga 3,6 meter.

Ukuran ini secara resmi digunakan untuk pertandingan bersekala nasional maupun internasional, jadi tidak ada perbedaan antara ukuran lapangan bola voli internasional dan nasional.

Baik untuk pertandingan bola voli putra atau putri ukuran lapangan yang digunakan sama saja. Yang membedakannya adalah pada tinggi jaring atau net, dimana net untuk putra lebih tinggi dibandingkan dengan net putri.

Ukuran Lapangan Bola Voli

gambar lapangan bola voli beserta ukurannya
Sumber gambar: www.homenish.com

Supaya lebih mudah dipahami, berikut kami rangkumkan detail ukuran lapangan bola voli sesuai standar yang sudah tertera:

  • Lebar lapangan bola voli: 9 meter
  • Panjang lapangan bola voli: 18 meter
  • Panjang garis serang lapangan bola voli: 3 meter
  • Luas lapangan bola voli: 162 meter2 (9 meter x 18 meter)
  • Lebar garis batas lapangan bola voli: 5 sentimeter
  • Area servis lapangan bola voli: 3 meter
  • Zona bebas lapangan bola voli: 3 sampai 3,6 meter

Permukaan lapangan bola voli harus datar dan rata, selain itu permukaan tidak boleh berminyak. Lapangan bola voli dalam ruangan harus memiliki warna cat yang terang agar pemain dapat melihat bola dengan jelas.

Ukuran Net dan Tinggi Tiang di Lapangan Bola Voli

Net bola voli memiliki lebar sekitar 9,5 sampai 10 meter. Tinggi net bola voli akan dibedakan untuk putra dan putri. Untuk putra, tinggi standar net adalah 2,43 meter, sedangkan standar tinggi net putri adalah 2,24 meter.

Lapangan bola voli juga membutuhkan tiang untuk memasang net. Tinggi standar tiang net dalam permainan bola voli adalah 2,55 meter, ditempatkan di sisi tengah lapangan dengan jarak 0,5 sampai 1 meter dari garis pembatas.

Selain itu perlu juga dipasang antena di setiap sisi net, umumnya ukuran antena ini adalah 80 sentimeter dengan diameter sekitar 10 milimeter.

Agar lebih jelas, berikut kami berikan rincian ukuran net untuk voli putra dan putri:

  • Panjang net bola voli: 9 meter
  • Tinggi net bola voli putra: 2,43 meter
  • Tinggi net bola voli putri: 2,24 meter
  • Lebar net bola voli: 1 meter
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi: 0,5 meter sampai 1 meter
  • Tinggi tiang net bola voli: 2,55 meter
  • Pita tepian atas net: 5 sentimeter
  • Tinggi antena pada net: 80 cm di atas net
  • Ukuran mata jala net: 10 sentimeter dalam bentuk persegi
  • Pita tepian di samping net: lebar 5 sentimeter dengan panjang sekitar 1 meter

Sebenarnya ada aturan lain yang mengatur tinggi net bola voli remaja (usia 11-12 tahun) yaitu sekitar 2,13 meter. Ukuran ini digunakan baik untuk remaja putra maupun putri. Sedangkan anak usia dibawah 10 tahun akan diberikan jaring yang sedikit lebih pendek yaitu 1,98 meter.

Ukuran Lapangan Bola Voli Out Door (Voli Pantai)

Ukuran lapangan voli pantai memiliki luas yang berbeda dengan lapangan voli biasa. Secara spesifik lapangan voli pantai berukuran 8 meter x 16 meter tanpa ada garis serang

Ukuran lapangan voli pantai dibuat lebih kecil dari lapangan voli biasa karena permukaan bermain voli pantai adalah pasir yang tidak rata.

Hal tersebut membuat pergerakan pemain terbatas, sehingga dengan lapangan yang lebih kecil diharapkan para pemain lebih mudah untuk menjaga bola agar tetap hidup sehingga permainan dapat terus berlangsung dengan baik.

Berapa Ukuran dan Berat Bola Voli?

Setelah membahas ukuran lapangan bola voli, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas ukuran dan berat bola yang digunakan dalam pertandingan bola voli.

  • Berat bola voli: 9 sampai 10 ons
  • Tekanan udara bola voli: 4,5 hingga 6 pon
  • Diameter bola voli: 20,7 hingga 21,3 sentimeter
  • Lingkaran bolavoli: 65 hingga 67 sentimeter

Selain itu, bola yang digunakan dalam permainan bola voli harus terbuat dari kulit atau bahan sintetis pilihan.

Posisi Pemain di Lapangan Bola Voli

Di dalam lapangan bola voli, pemain memiliki posisi masing-masing menurut tempat dan tugasnya. Pada dasarnya, posisi pemain bola voli di lapangan dibagi menjdi 4 bagian:

  • Set-upper atau tosser: seorang set-upper atau tosser posisinya tepat berada di depan net dan ditengah-tengah. Pemain ini bertugas memberikan umpan dan mengatur serangan, selain itu ia juga berperan dalam melakukan blocking.
  • Spiker atau smasher: spiker atau smasher posisinya berada di depan net dan di samping tosser. Pemain ini tugas utamanya adalah menyerang dan memblokir serangan lawan.
  • Libero atau defender: pemain ini posisinya berada di belakang para pemain depan. Tugasnya adalah menerima dan menahan berbagai macam serangan dari tim lawan dengan teknik passing.
  • Server: posisi pemain ini tentunya ada di area servis. Setelah melakukan servis, pemain di posisi ini juga akan turut menjadi pemain defender atau libero.

Itulah beberapa posisi pemain dalam lapangan bola voli. Bagaimana menurut kalian, apa ada yang perlu kita bahas lagi? Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Penutup

Demikian pembahasan kita tentang gambar lapangan bola voli beserta ukurannya tentunya sesuai standar nasional dan internasional. Selain itu kita juga telah membahas ukuran net, tiang, dan bola yang digunakan dalam permainan bola voli.

Setiap ukuran tersebut tentunya sudah di atur dan disepakati bersama oleh organisasi bola voli dunia secara resmi. Oleh karena itu, baik pertandingan internasional maupun nasional di Indonesia memakai ukuran lapangan, net dan lain-lain yang sama.

Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel kami yang lain, tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik.

Tinggalkan komentar