Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya (Sesuai Standar)

Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya – Bola kasti merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam suatu lapang bola kasti dengan menggunakan bola tenis. Setiap tim bola kasti memiliki jumlah pemain 12 orang dengan tugas yang berbeda-beda setiap orangnya.

Secara sederhana gambaran suatu tim yang bermain dalam lapangan bola kasti terdiri dari tim pemukul dan tim penjaga. Tim penjaga akan menjaga bola yang dipukul oleh tim pemukul, sedangkan tim pemukul berusaha memukul bola agar tidak dapat ditangkap oleh tim penjaga.

Sebenarnya olahraga bola kasti dapat dimainkan di lapangan atau tempat mana saja, selama tempat tersebut berbentuk persegi panjang dan memiliki tanda yang sesuai dengan aturan lapangan bola kasti.

Akan tetapi dalam pertandingan resmi bola kasti, lapangan yang digunakan harus sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku. Bagi kalian yang belum tahu berapa ukuran lapangan bola kasti, berikut kami berikan gambar lapangan bola kasti beserta penjelasannya dengan lengkap.

Gambar dan Bentuk Lapangan Bola Kasti

Bentuk lapangan kasti adalah
Bentuk Lapangan Kasti

Bentuk lapangan kasti adalah persegi panjang seperti halnya lapangan sepak bola. Sebenarnya dalam pertandingan tidak resmi, kita juga bisa memakai lapangan sepak bola untuk bermain kasti asalkan perlengkapannya terpenuhi.

Perlengkapan tersebut diantaranya adalah:

  • Ruang penjaga
  • Ruang pemukul
  • Ruang pelempar
  • Ruang bebas
  • Tiang hinggap
  • Tiang pertolongan
  • Bendera atau tiang tanda

Itulah beberapa perlengkapan yang harus kalian penuhi jika kalian ingin membuat lapangan bola kasti sendiri. Akan tetapi, dalam pertandingan bola kasti profesional tentu saja lapangan yang dipakai harus terukur dengan tepat menurut standar yang telah ditentukan.

Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya

Lapangan bola kasti berbentuk persegi panjang dengan panjang 60 – 70 meter dan lebar 30 meter. Di dalam lapangan bola kasti terdapat beberapa ruang antara lain: ruang penjaga, ruang pemukul, ruang pelempar, dan ruang bebas.

Setiap ruang yang ada di dalam lapangan bola kasti memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya di bawah ini:

gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya
Gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya

Keterangan ukuran lapangan bola kasti:

  • Panjang lapangan bola kasti adalah: 60 – 70 meter
  • Lebar lapangan bola kasti adalah: 30 meter
  • Ruang penjaga: panjang 5 meter dan lebar 5 meter
  • Ruang pemukul: panjang 5 meter dan lebar 5 meter
  • Ruang pelempar: panjang 5 meter dan lebar 5 meter
  • Ruang bebas: panjang 15 meter dan lebar 5 meter
  • Tempat hinggap: berbentuk lingkaran dengan jari-jari 1 meter
  • Jarak tiang pertolongan: berjarak 10 meter dari sisi depan lapangan dan 5 meter dari kiri lapangan (berada di depan ruang pemukul dengan jarak 5 meter)
  • Jarak tiang hinggap 1: berjarak 10 meter dari sisi depan lapangan dan 5 meter dari kanan lapangan (berada pada jarak 50 – 60 meter di depan ruang pemukul)
  • Jarak tiang hinggap 2: berjarak 10 meter dari sisi depan lapangan dan 5 meter dari kanan lapangan (berada di depan ruang bebas dengan jarak 50 – 60 meter)
  • Jarak tiang hinggap 1 dan 2: jarak antar tiang hinggap 1 dan 2 yaitu antara 10 – 20 meter
  • Tinggi tiang hinggap: tiang ini memiliki tinggi 1.5 meter
  • Tinggi tiang pertolongan: 1.5 meter

Itulah gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya, untuk mempermudah memahami ukuran lapangan bola kasti secara menyeluruh kalian bisa memadukan antara gambar dan penjelasannya secara bersamaan.

Atau bagi kalian yang masih awam tentang olahraga bola kasti, dan tidak mengerti keterangan-keterangan yang ada di dalam lapangan bola kasti, kalian bisa melihat gambar lapangan bola kasti beserta keterangannya di bawah ini.

Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Keterangannya

Lapangan bola kasti terdiri dari beberapa ruangan di dalamnya, dan setiap ruang-ruang yang ada di lapangan bola kasti memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Jika di atas kita sudah membahas gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya, maka pada bagian ini kami akan membagikan gambar lapangan bola kasti beserta keterangannya.

Mengingat betapa pentingnya mengetahui keterangan yang ada di dalam lapangan bola kasti, berikut kami berikan gambar lapangan bola kasti beserta keterangannya untuk anda:

gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya
Gambar lapangan bola kasti beserta keterangannya

Secara garis besar gambar lapangan bola kasti beserta keterangannya di atas memiliki beberapa wilayah ruang antara lain:

  • Ruang penjaga: ruangan ini memiliki fungsi untuk tempat para pemain penjaga yang berada di belakang tim pemukul
  • Ruang pemukul: ruangan ini adalah tempat para pemain pemukul di dalam sebuah regu bola kasti
  • Ruang pelempar: ruangan pelempar adalah tempat para pemain pelempar di dalam sebuah regu bola kasti
  • Ruang bebas: ruang ini adalah wilayah pendaratan bola kasti yang dipukul oleh pemain pemukul, wilayah ini adalah target bagi para pemain pemukul untuk medaratkan bola yang ia pukul
  • Tiang pertolongan: tiang ini adalah tempat para aman para pemukul yang gagal memukul bola
  • Tiang hinggap 1: tiang ini adalah base pertama bagi para pemain pelari yang wajib dilewati. Setiap pemain pelari yang sudah menyentuh dan berada pada tiang hinggap tidak bisa diserang
  • Tiang hinggap 2: tiang ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan tiang hinggap 1, yaitu bersifat seperti base kedua bagi pemain pelari

Itulah beberapa penjelasan mengenai ruang-ruang yang ada di dalam lapangan bola kasti.

Mengetahui ukuran dan ruang-ruang lapangan bola kasti sangatlah penting untuk mengetahui seluk beluk permainan bola kasti, apalagi bagi kalian yang tertarik untuk mendalami olahraga bola kasti.

Tugas Pemain Bola Kasti di Lapangan

Sebuah pertandingan bola kasti terdiri dari dua regu tim di dalam lapangan, setiap regu bola kasti memiliki 12 pemain dan 6 pemain cadangan.

Di dalam permainan bola kasti terdiri dari pelempar, pemukul, dan penangkap bola. Untuk lebih jelasnya mengenai tugas pemain bola kasti di lapangan adalah sebagai berikut:

1. Pelempar bola

Pelempar bola di dalam olahraga bola kasti merupakan pemain kunci dari awal yang menentukan arah permainan bola kasti tersebut. Pemain ini menempati ruang pelempar yang berada di depan ruang pemukul.

Seorang pemain pelempar akan melempar bola yang sesuai dengan keinginan pemukul bola, agar lemparan bolanya dapat dipukul dengan mudah sehingga membuat regu lawan kesulitan untuk menangkap bola yang dipukul dan dapat mendapatkan poin.

Ada dua jenis lemparan bola yang sering digunakan dalam olahraga bola kasti, yaitu lemparan lambung dan lemparan mendatar.

Lemparan lambung sangat cocok untuk pemula karena memiliki tingkat kesulitan yang rendah, tetapi lemparan lambung kurang bagus jika dipukul.

Sedangkan lemparan datar cukup sulit dilakukan, tetapi akan sangat bagus jika dipukul karena mengarah ke pemukul bola yang dilempar.

2. Pemukul bola

Pemukul bola adalah seorang pemain yang bertugas memukul bola yang dilempar oleh pemain pelempar. Pemain pemukul bola menempati ruang pemukul seperti dalam gambar di atas

Seorang pemain pemukul bola harus memiliki akurasi dan menguasai teknik memukul bola yang bagus. Karena jika bola yang ia pukul sulit ditangkap lawan, maka ia bisa berlari memutari base dan timnya akan mendapatkan poin.

3. Penangkap bola

Penangkap bola adalah pemain yang bertugas menangkap bola yang dilepar oleh pemain pemukul dan melemparkan bola yang sudah ditangkap ke pemain pelempar yang berlari menuju base.

Pemain penangkap bola merupakan anggota dari tim penjaga, tim penjaga adalah lawan dari tim pelempar. Tim ini memiliki tugas menangkap bola yang dipukul dan melemparkan kembali bola tersebut ke pemain pelempar.

Penutup

Demikian pembahasan kita tentang ukuran lapangan bola kasti beserta gambar dan keterangannya. Olahraga bola kasti adalah sebuah olahraga yang mengandalkan kerja sama tim. Selain itu setrategi juga sangat diandalkan dalam pertandingan ini.

Pada artikel ini kita telah membahas: Bentuk lapangan kasti, Panjang lapangan bola kasti, Ukuran lapangan bola kasti, Gambar lapangan kasti, dan Gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga gambar lapangan bola kasti beserta ukurannya dan keterangannya di atas bisa bermanfaat untuk anda. Cukup sekian dan sampai jumpa di artikel kami yang lain.

Tinggalkan komentar