Gambar Lapangan Baseball Beserta Ukurannya (Sesuai Standar)

Gambar Lapangan Baseball Beserta Ukurannya – Baseball adalah salah satu olahraga yang paling diminati di daratan Amerika dan sekitarnya. permainan baseball termasuk salah satu jenis olahraga bola kecil yang dimainkan oleh dua tim di dalam lapangan.

Seiring dengan bertambahnya waktu, perkembangan olahraga baseball yang bermula hanya di dataran Amerika dan sekitarnya, kini perlahan sudah berkembang di Indonesia walaupun tidak sepopuler sepak bola, ataupun bola voli.

Bagi orang awam, seringkali menilai olahraga baseball atau bisbol sama dengan softball. Hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri, karena pola permainan sampai bentuk lapangan baseball hampir mirip dengan softball.

Walaupun terkesan mirip, tetapi ukuran lapangan baseball dengan softball berbeda. Perbedaan yang samar inilah yang seringkali luput dari pandangan kita, sehingga kita perlu mengetahui lebih detail melalui gambar lapangan baseball berikut di bawah ini.

Seperti dalam uraian di atas, artikel Tutorian21 kali ini akan membahas tentang gambar lapangan baseball beserta ukurannya. Jadi bagi kalian yang ingin mengetahui ukuran dari lapangan baseball bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Gambar Lapangan Baseball Beserta Ukurannya

Lapangan baseball bisa dibuat ditanah yang lapang dengan minimal luas tanah sebesar 0,8 hektar. Gambar lapangan baseball berbentuk bujur sangkar dan di dalamnya memiliki 3 base.

Base-base yang ada di dalam lapangan baseball tersusun dalam bentuk belah ketupat, dengan jarak antar sisinya sebesar 27,45 meter. Lapangan baseball dibagi menjadi tiga ruang, yaitu ruang dalam (Infield), ruang luar (Outfield), dan ruang foul.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar lapangan baseball beserta ukurannya di bawah ini:

gambar lapangan baseball beserta ukurannya
Gambar lapangan baseball beserta ukurannya

Berikut keterangan lebih rinci dari gambar dan ukuran lapangan baseball di atas:

  • Luas untuk semua bidang yang ada di dalam lapangan baseball adalah 0,8 hektar atau 8000 meter persegi
  • Jarak antara home plate/home base dengan base 1 sejauh: 27,4 meter
  • Jarak antara home plate dengan backstop sejauh: 15-30 meter
  • Jarak antara base yang ada dilapangan sejauh: 27,4 meter
  • Jarak antara home plate dengan base 2 sejauh: 38,8 meter
  • Jarak antara base 1 dengan base 3 sejauh: 38,8 meter
  • Jarak antara next batter circle dengan area belakang home plate sejauh: 11,28 meter
  • Jarak antara foul line dengan coach box sejauh: 4,57 meter
  • Area home plate memiliki panjang jari-jari sebesar: 7,92 meter
  • Area pitcher mound memiliki panjang jari-jari sebesar: 5,49 meter
  • Area next batter circle memiliki panjang jari-jari sebesar: 1,5 meter

Keterangan Lapangan Baseball

Mengetahui bentuk lapangan baseball dan ukurannya saja mungkin belum cukup untuk memahami seluk beluk yang ada di dalam lapangan baseball. Hal tersebut kerana lapangan baseball memiliki istilah-istilah yang digunakan di dalam setiap bagian-bagiannya.

Setiap bagian yang ada di dalam lapangan baseball memiliki fungsi untuk jalannya permainan atau pertandingan baseball. Sayangnya bagi kita yang masih awam tentang olahraga baseball pastinya sangat asing dengan istilah yang ada di dalam lapangan baseball.

Jika kalian masih bingung dengan istilah yang ada di dalam lapangan baseball, di bawah ini akan kami berikan gambar lapangan baseball beserta keterangannya:

gambar lapangan baseball beserta ukurannya
Gambar lapangan baseball beserta keterangannya
  • Home plate/home base adalah ruangan berbentuk segi lima yang digunakan sebagai tempat singgah terakhir bagi para pemain untuk mencetak poin
  • Ruang pemukul (batter box) adalah tempat bagi pemain pemukul untuk memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher (pelempar)
  • Ruang penangkap (catcher box) adalah tempat bagi para pemain penangkap (catcher) untuk menangkap bola yang gagal di pukul oleh pemain pemukul, ruang ini berada di belakang ruang pemukul
  • Gundukan pelempar (pitcher mound) adalah tempat bagi pemain pelempar untuk melempar bola ke pemain pemukul
  • Tempat hinggap (base) adalah area atau tempat yang harus disentuh oleh pemain pemukul untuk mencetak run. Base di dalam lapangan baseball ada 3 dan harus lewati secara berurutan
  • Infield adalah area yang berada di dalam bidang bujur sangar lapangan baseball
  • Outfield adalah area yang berada diluar bidang bujur sangkar lapangan baseball
  • Baseline (garis dasar) adalah garis yang digunkan untuk lintasan para pemain pelari, garis ini akan menghubungkan home plate dengan base yang ada di dalam lapangan baseball
  • Backstop adalah pembatas atau pagar yang digunakan untuk menahan bola liar untuk keluar lapangan
  • Foul teritory adalah area di dalam lapangan baseball yang tidak sah atau pelanggaran
  • Fair teritory adalah area lapangan baseball yang sah
  • Foul line (garis pelanggaran) adalah garis pembatas antara fair teritory dengan foul teritory
  • Grass line (garis rumput) adalah garis pembatas antara fair teritory dengan foul teritory yang berada di sisi sebalik foul line.

Perbedaan Antara Baseball dengan Softball

Setelah kalian mengetahui tentang seluk beluk lapangan baseball dari gambar lapangan baseball beserta ukuran dan keterangannya di atas, kalian mungkin masih merasa bingung apa perbedaan antara baseball dengan softball.

Setidaknya ada beberapa poin yang sudah kami kumpulkan mengenai perbedaan antara baseball dengan softball, yaitu:

  1. Ukuran lapangan baseball dengan softball berbeda, walupun memiliki bentuk lapangan yang sama yaitu bujur sangkar
  2. Baseball tidak memiliki jenis permainan fast pitch ataupun slow pitch yang mempengaruhi ukuran lapangan seperti softball
  3. Ukuran bola yang digunakan baseball lebih kecil jika dibanding softball, walupun hanya beberapa inchi saja
  4. Tempat pemain pelempar untuk melempar bola di dalam baseball ada gundukannya, sedangkan softball tidak ada
  5. Teknik melempar bola baseball adalah dari atas lurus ke pemukul yang berada di depan, sedangkan olah raga softball dilempar dari bawah ke atas

Penutup

Demikian pembahasan kita tentang gambar lapangan baseball beserta ukurannya. Baseball adalah olahraga yang mungkin tidak sepopuler sepakbola atau bola voli di indonesia, akan tetapi tidak menutup kemungkinan baseball di indonesia akan berkembang dan menjadi populer.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel tentang gambar lapangan baseball beserta ukurannya ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai olahraga atau permainan baseball. Sampai jumpa di artikel kami yang lain.

Tinggalkan komentar