Download Font Iphone Untuk Android dan Cara Memasangnya

Font Iphone untuk Android – Keuntungan menggunakan smartphone dengan sistem operasi open source seperti Android adalah kemudahan melakukan kustomisasi, baik itu dalam performa ataupun tampilan.

Hal ini tentu saja membuat para pengguna Android bisa dengan leluasa melakukan perubahan tampilan ponsel yang mereka gunakan, termasuk mengubah tampilan Android menjadi Iphone.

Kustomisasi tampilan HP Android menjadi Iphone sebenarnya bukanlah hal yang sulit, hal tersebut karena banyak tema atau tampilan di dalam theme stock yang menyediakan tampilan mirip Iphone.

Namun tema-tema tersebut belum bisa merubah tampilan Android menjadi Iphone seutuhnya, sebab font yang digunakan di Android tidak sama dengan font Iphone.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini Tutorian21 akan membahas font Iphone untuk Android lengkap dengan link download font dan juga cara memasang font Iphone di Android.

Jadi bagi kalian yang suka melakukan kustomisasi tampilan HP Android menjadi Iphone bisa mengikuti artikel ini sampai selesai ya, guys.

Apa Nama Font yang digunakan Iphone?

Untuk bisa melakukan kustomisasi tampilan Android menjadi Iphone, kita wajib mengetahui nama-nama dari font yang digunakan HP Iphone. Hal ini dilakukan agar font Iphone untuk Android kita bisa sesuai.

Berikut beberapa nama font Iphone untuk Android yang dapat kalian gunakan:

1. Font Helvetica

font iphone untuk android helvetica

Font yang digunakan Iphone umumnya menggunakan font Helvetica, font ini dibuat oleh Max Meidinger dan Eduard Hoffman dengan nama awal Neue Hass Grostesk menggunakan ejaaan bahasa Swiss.

Font Helvetica pertama kali di rilis pada tahun 1957 oleh perusahaan Max Meidinger, kemudian berganti perusahaan ke Linotype hingga sekarang. Helvetica menjadi font default dari Iphone OS X Yosemite, iOS 7, iOS 4, dan juga iOS 8.

2. Font San Fransisco

font iphone untuk android san fransisco

Font kedua yang digunakan oleh Iphone adalah San Fransisco, font ini merupakan sebuah font rancangan asli dari pihak Apple selama hampir dua puluh tahun.

Font San Fransisco memiliki jenis huruf neo aneh dengan karakteristik tegas dan elegan. Hal tersebut karena font ini merupakan sebuah penggabungan dari font Helvatica dengan FF DIN.

Font San Fransisco terdapat pada Iphone OS 9, OS 10, OS 11 dan seri OS di atasnya.

3. Font Avenir Next

nama font iphone untuk android avenir next

Font Iphone ketiga adalah Avenir Next, font ini merupakan sebuah font tambahan atau pengganti yang disediakan oleh pihak Apple di dalam OS-nya.

Karena bersifat tambahan, font ini tidak terpasang dalam tampilan default, sehingga pengguna harus mengganti tema terlebih dahulu untuk menggunakan font ini.

Font Avenir Next hanya tersedia di IPhone keluaran terbaru, yaitu mulai dari Iphone 11 keatas, artinya font ini hanya tersedia pada OS 13 keatas.

Download Font Iphone untuk Android

Setelah kita paham dan tahu font-font apa saja yang digunakan oleh Iphone, maka langkah selanjutnya untuk melakukan kustomisasi tampilan Android menjadi IPhone adalah dengan mendowload font Iphone untuk Android tersebut.

Font-font Iphone tersebut bisa kalian unduh melalui link-link dibawah ini.

1. Download Font Iphone Font Helvetica

Nama FontHelvetica
Ukuran2,45 MB
LinkDownload

2. Download Font Iphone San Fransisco

Nama FontSan Fransisco
Ukuran10,81 MB
LinkDownload

3. Download Font Iphone Avenir Next

Nama Font Avenir Next
Ukuran116 KB
LinkDownload

Cara Pasang Font Iphone untuk Android

Dalam proses memasang font Iphone untuk Android kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Hal ini karena font-font tersebut tidak bisa kita aplikasikan secara langsung dalam proses pemasangannya.

Oleh sebab itu, dibutuhkan aplikasi pengubah font Android menjadi iphone sebagai media pemasang font-font tersebut di dalam HP Android kita.

Berikut beberapa aplikasi yang digunakan untuk memasang font Iphone di Android lengkap dengan cara menggunakannya.

1. Aplikasi font Iphone untuk Android – zFont 3

aplikasi font iphone untuk android zfont

Aplikasi pertama yang dapat kita gunakan untuk memasang font Iphone untuk Android adalah zFont 3. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pengubah font Android terbaik karena memiliki banyak tool yang bisa diandalkan.

Langkah-langkah memasang font Iphone di Android dengan aplikasi zFont 3 adalah sebagai berikut:

  • Pertama, download aplikasi zFont 3 di Play Store.
  • Setelah itu, buka aplikasi zFont 3 dan masuk pada menu Local.
  • Lalu klik ikon + untuk menambahkan font, kemudian arahkan ke tempat penyimpanan font Iphone yang sudah kalian unduh sebelumnya.
  • Jika file font masih dalam bentuk RAR, silahkan Ekstrak file font tersebut terlebih dahulu.
  • Setelah itu, secara otomatis pada menu Local yang tadinya kosong akan ada pilihan font Iphone yang tadi sudah kalian ekstrak, pilih salah satu font Iphone yang ingin kalian pasang di HP.
  • Jika ada pesan peringatan tentang pengubahan format font, kalian abaikan saja dengan pilih Ignore.
  • Apabila ada iklan yang muncul, kalian tunggu dan lewati iklan tersebut. Maka secara otomatis kalian akan dibawa kedalam menu Font Preview, kalian bisa tes bentuk tulisan dari font Iphone yang akan dipasang di menu ini atau jika kalian ingin memasangnya langsung silahkan pilih Apply.
  • Maka akan ada 3 pilihan metode penginstallan font, silahkan pilih Metode 3 (via Thema).
  • Secara otomatis kalian akan diarahkan ke dalam aplikasi tema bawaan HP, pilih ikon pensil untuk menerapkan font tersebut ke dalam tema yang sedang digunakan.
  • Terakhir, tekan opsi Apply me, dan restart HP. Maka otomatis font Iphone akan terpasang saat HP hidup kembali.

2. Aplikasi font Iphone di Android – iFont

dowload font iphone untuk android ifont

Aplikasi kedua yang dapat kalian gunakan untuk memasang font Iphone untuk Android adalah iFont. Aplikasi ini tidak bisa melakukan instalasi font secara eksternal di dalam penyimpanan ponsel, sehingga kita harus memasang font Iphone di dalam aplikasi ini secara langsung.

Tetapi tenang saja, karena font-font Iphone yang ada di dalam database iFont sangatlah lengkap, jadi kita tetap bisa mengubah font Android kita menjadi Iphone.

  • Pertama, unduh aplikasi iFont di Play Store.
  • Setelah itu, buka aplikasi iFont dan masuk ke menu Find.
  • Kemudian tuliskan nama font Iphone yang ingin dipasang, setelah itu pilih font tersebut dan klik Download.
  • Setelah proses pengunduhan font Iphone selesai, silahkan pilih Apply.
  • Restart HP kalian dan setelah itu font Iphone akan secara otomatis terpasang saat HP hidup kembali.

Penutup

Itulah pembahasan tentang font Iphone untuk Android yang dapat kami bagikan. Font-font Iphone memiliki karakteristik yang simpel dan enak dilihat. Jadi dengan memasangnya di Android dapat membuat tampilan HP kita menjadi lebih estetik dan keren.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar