Cara Download Video Live Instagram Sendiri dan Orang Lain

Download Video Live Instagram – Ketika menjumpai video menarik di Instagram seperti Reels atau IG TV, kita biasa langsung mengunduh video tersebut melalui situs atau aplikasi download video IG.

Namun bagaimana jika konten tersebut adalah video live streaming, mungkinkah kita bisa mendownloadnya?

Nah, bagi kamu yang merasa kebingungan ketika ingin download live streaming IG, maka kamu berada pada artikel yang tepat.

Sebab kami akan membahas secara tuntas cara download video live Instagram. Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya.

Cara Download Video Live Instagram Sendiri Tanpa Aplikasi

Sebenarnya Instagram sudah memberikan fitur untuk menyimpan video live streaming yang telah kita siarkan, yaitu dengan fitur arsip yang dapat kita aktifkan melalui pengaturan privasi.

Dengan fitur ini, kita bisa melihat sekaligus mengunduh video live streaming dari akun kita dalam rentan 30 hari sejak live tersebut dilakukan.

Langkah-langkah cara download video live Instagram sendiri tanpa aplikasi melalui fitur arsip adalah sebagai berikut.

  • Pertama, kamu harus mengaktifkan fitur arsip live Instagram terlebih dahulu. Caranya adalah dengan cara masuk ke Pengaturan > Privasi > Siaran Langsung > dan aktifkan fitur Simpan Siaran Langsung ke Arsip.
    cara download video live streaming instagram sendiri
  • Setelah itu lakukan siaran langsung di Instagram seperti biasa.
    cara download video live streaming instagram sendiri
  • Apabila kamu ingin download video siaran langsung yang tadi kamu lakukan, kamu bisa pergi ke menu Profile, kemudian klik ikon garis tiga di pojok kanan atas dan pilih Arsip.
    cara download video live streaming instagram sendiri
  • Maka akan riwayat video live streaming kamu akan muncul, setelah itu pilih video yang ingin kamu download.
    cara download video live streaming instagram sendiri
  • Klik ikon download yang ada di bagian bawah untuk memulai proses pengunduhan video.
    cara download video live streaming instagram sendiri
  • Tunggu hingga proses unduhan selesai, dan secara otomatis video live Instagram kamu sudah tersimpan di galeri ponsel.

Cara download live Instagram dengan menggunakan fitur arsip sangatlah mudah untuk dilakukan, namun sayangnya fitur ini hanya bisa kita gunakan untuk download video live IG kita sendiri.

Namun perlu diketahui, untuk video live IG yang sudah lebih dari 30 hari maka akan secara otomatis hilang dan kita tidak bisa melihat ataupun mengunduh video nya.

Cara Download Video Live Instagram Orang Lain

Untuk melakukan cara download video live Instagram orang lain kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan tersebut.

Salah satu aplikasi pengunduh video live IG orang lain adalah Story Saver+. Aplikasi ini sebenarnya hampir sama seperti aplikasi downloader video online pada umumnya, namun menerapkan sistem login akun IG untuk bisa digunakan.

Hal bagus ketika sebuah aplikasi downloader menerapkan sistem login adalah kita bisa dengan mudah mengunduh semua konten yang muncul di akun IG kita tanpa harus copy link kontennya terlebih dahulu.

Langkah-langkah cara download video live Instagram orang lain dengan menggunakan aplikasi Story Saver+ adalah sebagai berikut.

  • Download dan pasang aplikasi Story Saver+ di HP kamu melalui Play Store.
  • Buka aplikasi Story Saver+ dan lakukan login akun Instagram di sana. Jika tampilkan feed IG kamu sudah muncul, lalu klik Lanjutkan Sekarang.
    cara download video live streaming instagram orang lain
  • Pilih menu Live & Replay dalam tampilan beranda aplikasi.
  • Maka akan muncul banyak replay video live streaming IG, pilih salah satu yang ingin kamu download.
    cara download video live streaming instagram orang lain
  • Jika video sudah muncul, kamu tinggal klik ikon download yang ada di bagian bawah untuk menyimpan video live streaming IG tersebut.
    cara download video live streaming instagram orang lain

Apakah Semua Video Live Instagram Dapat di Download?

Tidak semua video live streaming di Instagram dapat kita unduh semuanya, sebab hanya video live IG yang sudah dibagikan di IG TV saja yang dapat kita unduh videonya.

Selain itu, video live Instagram tersebut harus dari akun yang di setting publik ataupun dari akun IG privat yang sudah kita ikuti saja yang dapat kita download video nya.

Hal ini karena sistem download video live Instagram pada dasarnya mengacu pada akun Instagram kita, sehingga hanya live IG yang muncul dan dapat kita tonton saja yang bisa kita download videonya.

Apakah Aplikasi Download Live Streaming Instagram Aman Digunakan?

Sebenarnya kami tidak bisa menjamin kalau aplikasi download video live Instagram di atas seratus persen aman, sebab aplikasi tersebut pada dasarnya dibuat oleh pihak ketiga.

Jadi, alangkah baiknya gunakan akun IG kedua untuk login ke aplikasi tersebut, agar jika ada hal yang tidak diinginkan data pribadi kita tetap aman.

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara download video live Instagram yang dapat kami bagikan. Pada dasarnya video live streaming di IG dapat kita download secara mudah, asalkan kita tahu caranya seperti di atas.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply