Contoh Daftar Riwayat Hidup Word yang Baik dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Sebelum melamar pekerjaan, tentunya kita harus menyiapkan beberapa dokumen, salah satunya adalah daftar riwayat hidup.

Daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum vitae) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas mengenai identitas pribadi, prestasi, pengalaman kerja, jenjang pendidikan, keahlian, dan lain-lain.

Di zaman yang serba digital ini, kebanyakan orang lebih memilih mengirim daftar riwayat hidup mereka secara online saat melamar kerja, entah itu melalui email atupun whatsapp.

Jika kita ingin mengirim daftar riwayat hidup secara online, tentunya kita harus membuat dokumen daftar riwayat hidup kita dalam bentuk digital.

Ada banyak jenis daftar riwayat hidup digital, namun yang paling mudah dibuat adalah daftar riwayat hidup word, karena aplikasi word dapat digunakan di komputer maupun HP.

Nah, bagi anda yang belum pernah membuat daftar riwayat hidup atau CV digital, berikut ini kami akan memberikan contoh daftar riwayat hidup word untuk melamar kerja secara online.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang menjadi seleksi awal dalam perekrutan kerja sebuah perusahaan. Oleh karena itu, kita harus membuat daftar riwayat hidup kita semenarik mungkin agar pihak perekrut tertarik dengan kita.

Kita dapat mencantumkan latar belakang pendidikan, pencapaian, pengalaman kerja, dan lain-lain. Apabila anda seorang fresh graduate, anda juga dapat mencantumkannya di daftar riwayat hidup anda.

Namun perlu diingat, semua informasi yang ditulis di daftar riwayat hidup harus sesuai dengan kenyataan. Jangan pernah melebih-lebihkannya, karena suatu saat nanti hal tersebut bisa saja menimbulkan masalah bagi diri anda sendiri.

Berikut beberapa hal penting yang harus anda tulis untuk membuat daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum vitae) yang baik dan benar:

1. Data Diri

Data diri adalah informasi paling penting yang ada di dalam daftar riwayat hidup. Informasi ini meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tinggal, nomor telepon, email, hingga status pernikahan.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan informasi lain seperti tinggi badan, berat badan, hobi, dan lain sebagainya.

Namun jangan berlebihan, jangan menulis hal-hal yang tidak terlalu penting. Cukup tulis beberapa hal yang sekiranya memang perlu diketahui pihak perusahaan atau perekrut saja.

2. Jenjang Pendidikan

Data penting selanjutnya yang harus anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup adalah jenjang pendidikan. Tulislah riwayat pendidikan formal anda dari tahun awal masuk hingga lulus.

Perlu diketahui, jika anda diminta untuk mengisi “Riwayat Pendidikan” maka tulislah jenjang pendidikan anda mulai dari rendah hingga paling tinggi.

Namun jika perintahnya adalah mengisi “Pendidikan” maka tulislah jenjang pendidikan anda mulai dari paling tinggi sampai paling rendah.

3. Pengalaman Organisasi

Umumnya perusahaan lebih suka dengan karyawan yang bisa bersosialisasi dengan baik serta bekerja dalam kelompok. Oleh karena itu, jika anda pernah aktif dalam sebuah organisasi, maka anda bisa mencantumkan pengalaman tersebut ke dalam daftar riwayat hidup anda.

4. Pengalaman Kerja

Jika anda sebelumnya sudah pernah bekerja, anda dapat mencantumkan pengalaman kerja anda ke dalam daftar riwayat hidup. Cantumkan juga jabatan atau profesi anda sebelumnya, serta berapa lama anda bekerja di bidang terebut.

Apabila anda merupakan seorang fresh graduate, anda dapat mencantumkan prestasi, pengalaman berorganisasi, pengalaman PKL (praktik kerja lapangan) saat sekolah ataupun kuliah.

5. Prestasi

Prestasi adalah sebuah pencapaian yang dapat menambah nilai anda dimata perusahaan. Oleh karena itu, jika anda pernah mendapat prestasi atau penghargaan tertentu maka cantumkanlah kedalam CV.

Namun jangan asal mencantumkan prestasi atau penghargaan. Alangkah baiknya jika anda hanya mencantumkan prestasi-prestasi yang ada kaitannya dengan pekerjaan yang anda lamar. Dengan begini daftar riwayat hidup anda akan dinilai lebih baik.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Word / Doc

Bagi orang awam, membuat daftar riwayat hidup memang tidak mudah. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan beberapa contoh daftar riwayat hidup word yang bisa langsung anda edit dan gunakan.

Contoh daftar riwayat hidup word yang kami bagikan ini memiliki format yang cukup simpel, sehingga mudah di edit bahkan oleh orang awam sekalipun. Tentunya daftar riwayat hidup doc / word ini dapat di edit di aplikasi word HP maupun komputer.

1. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Kuning

daftar riwayat hidup doc

2. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Abu-abu 1

daftar riwayat hidup doc

3. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Abu-abu 2

daftar riwayat hidup doc

4. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Biru

daftar riwayat hidup word

5. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Merah V1

daftar riwayat hidup word

6. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Merah V2

daftar riwayat hidup word

7. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Merah V3

Format daftar riwayat hidup

8. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Merah V4

Format daftar riwayat hidup

9. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Merah V5

Format daftar riwayat hidup

10. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Merah V6

Contoh daftar riwayat hidup word

11. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Hijau V1

Contoh daftar riwayat hidup word

12. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Word Hijau V2

Download daftar riwayat hidup

Penutup

Demikian artikel kita tentang contoh daftar riwayat hidup word. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Semoga teman-teman juga cepat mendapat pekerjaan sesuai bidang yang diinginkan.

Terimakasih sudah menyimak sampai akhir, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar