Contoh Formulir Pendaftaran Ekskul (Ekstrakurikuler) Sekolah Word

Formulir Pendaftaran Ekskul – Kegiatan ekstrakurikuler atau biasa disingkat ekskul merupakan sebuah kegiatan non kurikulum diluar jam belajar mengajar. Kegiatan ini biasanya dilakukan setelah jam pelajaran atau dihari-hari libur seperti weekend.

Ekstrakurikuler sendiri ada banyak jenis kegiatannya, mulai dari pramuka, olaharaga, musik, dan lain-lain. Kegiatan ekskul ini sudah ada di setiap sekolahan mulai jenjang SD sampai dengan SMA sederajat.

Setiap siswa berhak untuk mengikuti ekskul, akan tetapi biasanya hanya boleh mengikuti kegiatan ekskul maksimal dua kegiatan. Dan untuk menjadi anggota ekstrakurikuler, setiap siswa harus mendaftar terlebih dahulu.

Salah satu syarat untuk mendaftar kegiatan ekskul adalah dengan mengumpulkan formulir pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler. Formulir ini berisi data diri peserta didik yang mendaftar secara lengkap dan memiliki format tertentu.

Nah, pada artikel kali ini Tutorian21 akan membagikan contoh-contoh formulir pendaftaran ekskul lengkap dengan file dokumen word yang dapat kalian edit. Jadi, simak dengan seksama, ya.

Contoh Formulir Pendaftaran Ekskul Lengkap

Pada dasarnya formulir pendaftaran ekskul sendiri ada banyak pilihan format dan juga jenis. Hal ini karena secara umum sebuah formulir pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler hanya berisi data diri siswa saja dan beberapa hal-hal pendukung.

Namun apabila kalian masih awam dalam hal membuat formulir pendaftaran khususnya fomulir ekskul, maka kalian bisa melihat contoh-contoh formulir pendaftaran ekstrakurikuler secara lengkap dan download file mentahan word-nya di bawah ini.

1. Contoh Pormulir Pendaftaran Ekskul Lengkap dengan Jadwal

formulir pendaftaran ekskul lengkap dengan jadwal

Formulir pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler jenis ini merupakan salah satu formulir yang lengkap, karena menyisipkan jadwal kegiatan setiap kegiatan ekstrakurikulernya sekaligus.

Biasanya formulir ini dibuat oleh pihak sekolah, karena sudah ada penentuan tempat dan jam kegiatan ekskul. Sehingga para siswa hanya cukup mengisi formulir tersebut untuk proses pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler.

Download Formulir Pendaftaran Kegiatan Ekskul Docx

2. Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler Sederhana

formulir pendaftaran kegiatan ekstrakulikuler sederhana

Seperti yang kalian lihat pada gambar formulir ekstrakurikuler di atas, bawasanya formulir ini cukup sederhana dan hanya berisi poin-poin penting saja, seperti data diri siswa, jenis ekskul yang dikuti dan tanda tangan dari peserta dan ketua pelaksana.

Formulir pendaftaran kegiatan ekskul seperti di atas ini sangat cocok digunakan apabila sekolahan kita memiliki banyak murid dan jumlah kegiatan ekstrakurikulernya banyak, karena bentuk formulir yang sederhana akan membuat proses pendaftaran menjadi cepat.

Download Formulir Pendaftaran Kegiatan Ekstrakurikuler Sederhana Docx

3. Formulir Pendaftaran Ekskul dengan Tanda Tangan Orang Tua

contoh formulir pendaftaran kegiatan ekstrakulikuler tanpa alasan

Contoh formulir pendaftaran ekstrakurikuler kali ini memiliki satu unsur yang membedakan dengan yang lainnya, yaitu adanya tanda tangan dari wali murid atau orang tua.

Fungsi dari adanya tanda tangan ini adalah untuk mengetahui bahwa siswa yang akan ikut kegiatan ekskul tersebut sudah mendapatkan ijin dari orang tua mereka.

Formulir pendaftaran kegiatan ekskul ini biasanya digunakan untuk proses perekrutan ekstrakurikuler yang ada resiko cidera, seperti pencak silat, karate, dan olahraga lainnya.

Download Formulir Pendaftaran Kegiatan Ekstrakurikuler Docx

4. Formulir Pendaftaran Kegiatan Ekstrakurikuler Simpel

contoh formulir pendaftaran ekskul simpel

Contoh formulir pendaftaran ekskul ini biasanya paling banyak digunakan, karena memiliki unsur-unsur yang simpel tetapi lengkap. Hal ini bisa terlihat dengan adanya kolom alasan mengikuti ekstrakurikuler di dalam formulir ini.

Formulir pendaftaran seperti di atas biasanya banyak digunakan dalam pendaftaran online, karena kolom isian yang sedikit sehingga bisa dengan mudah di isi lewat HP ataupun laptop.

Download Formulir Pendaftaran Kegiatan Ekskul Simpel Docx

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Ekskul Sendiri

Setelah kalian melihat contoh-contoh dari formulir pendaftaran ekskul di atas, pastinya kalian sudah memiliki gambaran bentuk dari formulir tersebut. Karena pada dasarnya formulir pendaftaran kegiatan ekskul terdiri dari:

  1. Data diri siswa pendaftar.
  2. Pilihan ekskul yang ingin didaftar, umumnya maksimal 2.
  3. Alasan mendaftar ekskul.
  4. Tanda tangan pelamar dan juga wali atau orang tua atau ketua pelaksana.

Unsur-unsur yang ada di dalam formulir pendaftaran anggota baru ekstrakurikuler di atas bisa kalian kolaborasikan dengan unsur lain atau sedikit memangkasnya sesuai dengan kebutuhan penerimaan ekskul kalian sendiri.

Agar lebih mudah membuat formulir pendaftaran anggota baru ekskul, kami sarankan untuk memilih salah satu dari jenis formulir di atas dan melakukan pengeditan isi sesuai dengan kebutuhan saja, supaya proses pembuatan dan pengisiannya bisa lebih cepat.

Penutup

Itulah beberapa contoh formulir pendaftaran ekskul lengkap dengan contoh-contoh dan juga file mentahan word yang dapat kami bagikan. Formulir pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler merupakan gerbang awal para siswa berkegiatan non formal di sekolah, jadi harus jelas dan mudah dipahami.

Terimakasih sudah berkunjug, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar