Cara Resize Gambar di Photoshop dengan Cepat

Diposting pada

Setiap gambar pasti mempunyai ukuran yang berbeda-beda, ada yang besar dan ada juga yang kecil. Namun, terkadang kita butuh mengubah ukuran gambar tersebut agar sesuai standar yang kita inginkan.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur mengubah ukuran gambar atau resize, namun tentu saja yang paling bagus adalah photoshop. Karena di photoshop Anda bisa resize gambar dan menyimpannya dengan ukuran file yang Anda inginkan.

Cara resize gambar di photoshop sebenarnya sangat mudah, dan saya yakin Anda juga bisa melakukannya sendiri. Baiklah tanpa basa dan basi lagi mari kita mulai tutorial ini!

Baca Juga: Cara Membuat Efek Blur di Photoshop

Cara Resize Gambar dengan Photoshop

Cara mengecilkan gambar di photoshop ataupun memperbesarnya kita dapat memakai fitur image size. Fitur ini bisa megatur dimensi gambar, mengubah resolusinya, serta menyesuaikan lebar dan tinggi gambar secara custom.

Sebelum melangkah lebih jauh, saya ingin menunjukkan ukuran gambar yang akan saya resize agar nantinya kita semua bisa melihat perbedaannya.

ukuran file gambar

Bisa kita lihat, gambar tersebut mempunyai ukuran dimensi 2048 x 2048 dan ukuran file 16 MB. Di sini saya akan resize gambar tersebut sehingga akan membuat ukuran dimensi dan filenya mengecil.

Silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini…

1. Masukkan gambar ke photoshop

memasukkan gambar di photoshop

Langkah pertama masukkan gambar atau foto yang ingin di resize ke photoshop, caranya pergi ke menu file – open lalu cari gambar Anda, kemudian pilih open.

2. Buka setelan image size

cara resize gambar di photoshop

Selanjutnya Anda harus masuk ke fitur image size, caranya pilih menu image kemudian pilih image size atau jika ingin lebih cepat Anda bisa menekan tombol ctrl + alt + i di keyboard.

3. Centang scale styles dan constrain proportions

cara resize foto agar tetap presisi

Langkah selanjutnya aktifkan scale styles dan constrain proportions agar saat kita mengubah ukuran width (lebar) otomatis ukuran height (tinggi) akan menyesuaikan, sehingga gambar akan tetap presisi dan tidak peot.

Namun, jika Anda ingin mengatur lebar dan tinggi gambar secara custom Anda tidak perlu mengaktifkan scale styles dan constrain proportions.

4. Masukkan nilai width

cara resize gambar di photoshop

Selanjutnya masukkan nilai width (lebar) pada kolom yang disediakan. Di sini saya memasukkan nilai lebar 500 dan tidak merubah setingan yang lain.

Di atas kolom width Anda bisa melihat ukuran file yang telah berubah, yang awalnya sekitar 16 MB kini telah berubah menjadi sekitar 700 KB, jika Anda masih merasa kurang kecil maka silahkan turunkan nilai width nya lagi.

5. Pilih OK

cara mengecilkan gambar di photoshop

Terapkan setelan ukuran gambar yang telah dibuat, caranya dengan klik pilihan Ok. Selamat, sekarang Anda sudah berhasil resize gambar dengan photoshop, dan kini tinggal menyimpannya saja.

6. Simpan gambar

kompres gambar di photoshop

Tahap terakhir yaitu menyimpan gambar, pergi ke menu file lalu pilih save as, kemudian tentukan lokasi penyimpanan, berikan nama, dan ubah format file menjadi JPG lalu klik save.

Berikutnya akan muncul halaman JPEG Option, di sana Anda bisa mengatur kualitas gambar apakah mau di buat maksimal, sedang, atau rendah. Semakin rendah kualitasnya maka semakin kecil ukuran filenya.

Setelah itu anda bisa langsung menekan pilihan Ok untuk menyimpan gambarnya dan selesai.

Akhir kata, demikian tutorial cara resize gambar di photoshop kali ini, jika Anda menemukan kesulitan silahkan tanyakan kepada saya melalui kolom komentar di bawah, insyaallah akan saya balas secepatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *