Cara Remote HP Jarak Jauh dengan Aplikasi Kontrol HP

Cara Remote HP Jarak Jauh. Memiliki akses untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh, sekarang ini sudah menjadi hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sebab dengan hal tersebut, proses memantau pekerjaan kantor dari rumah, atau menggunakan device yang tidak dalam genggaman kita, bisa kita lakukan dengan mudah.

Selain itu, perkembangan aplikasi remote jarak jauh di HP juga terus berkembang, sehingga memberikan kita banyak pilihan penggunaan. Mulai dari akses remote HP secara full, hingga akses pemantauan orang tua juga dapat kita lakukan dalam satu aplikasi.

Meskipun fitur yang ada didalam aplikasi remote HP terus berkembang, namun kebanyakan dari kita justru belum mengetahui hal tersebut. Baik itu cara remote jarak jauh di HP, atau bahkan nama-nama aplikasinya.

Nah, Jika kamu sedang mencari cara untuk melakukan remote HP dari jarak jauh dan masih belum mengetahui aplikasi apa saja yang bisa digunakan, maka kamu telah menemukan artikel yang tepat. Sebab, kami akan memberikan daftar lengkap aplikasi remote HP jarak jauh, khususnya dari HP ke HP lengkap dengan cara menggunakannya.

Manfaat Mengontrol HP dari Jarak Jauh

Mengetahui cara remote HP dari jauh jauh tentu saja memiliki banyak sekali manfaat, selain untuk kemudahan akses ponsel dari mana saja, kamu juga bisa mendapatkan beberapa hal, diantaranya:

1. Akses File Pribadi dari mana saja

Ketika menerapkan akses remote untuk semua device yang kamu miliki, maka secara otomatis kamu dapat mengakses file, dokumen, foto, atau informasi penting lainnya yang tersimpan di HP atau perangkat lain dari lokasi manapun.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat, apabila kamu berada pada situasi di mana memerlukan dokumen penting untuk pekerjaan, namun tidak dapat mengakses HP secara langsung.

2. Solusi Saat Lupa Membawa HP

Apabila kamu kelupaan tidak membawa ponsel saat pergi, maka menggunakan aplikasi remote jarak jauh bisa menjadi solusi yang bagus ketika dalam kondisi darurat seperti itu. Sebab kamu tetap bisa terhubung di HP yang tertinggal tersebut, dan melakukan banyak hal, seperti: mengirim pesan, menjawab email, atau bahkan melakukan panggilan.

3. Kontrol Penggunaan HP Anak Bagi Orang Tua

Bagi kamu para orang tua dan merasa membutuhkan pengawasan digital untuk anak-anak, maka menggunakan aplikasi remote HP bisa menjadi sebuah solusi. Hal ini karena, sekarang ini ada banyak aplikasi kontrol HP yang memiliki fitur pariental control, sehingga kamu bisa memantau , mengontrol, dan mengatur batasan penggunaan untuk ponsel anak-anak.

4. Solusi Kemanan Ketika HP Hilang

Ketika kamu mengalami musibah HP hilang atau dicuri orang, maka kamu bisa memanfaatkan remot jarak jauh di HP untuk mengunci perangkat dan menghapus data-data yang penting agar tetap aman.

Selain itu, apabila HP tersebut masih dalam keadaan aktif, kamu juga memiliki opsi untuk melacak lokasi ponsel menggunakan aplikasi remote HP.

Daftar Aplikasi Remote HP Jarak Jauh Untuk Android

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja manfaat dari mengontrol ponsel dari jarak jauh, maka sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan apa saja aplikasi remote HP jarak jauh.

Dalam daftar aplikasi dibawah ini, kami mengkhususkan hanya untuk perangkat Android saja, sebab kami mengambil aplikasinya dari Play Store. Namun jika kebetulan aplikasi tersebut ada di App Store, maka kamu bisa menggunakannya di iPhone.

Inilah daftar aplikasi untuk kontrol HP jarak jauh terbaik versi kami:

1. TeamViewer Remote Control

aplikasi remote hp jarak jauh teamviewer

TeamViewer Remote Control merupakan salah satu aplikasi kontrol HP jarak jauh yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol HP. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengakses HP milikmu atau milik orang lain dengan syarat aplikasi TeamViewer Quick Support telah terpasang pada ponsel yang akan diremote.

TeamViewer Remote Control memiliki tampilan antarmuka yang simple dan mudah untuk digunakan, sehingga bagi kamu yang masih awampun bisa mengoperasikannya. Selain itu, keamanan data kamu juga terjamin dengan enkripsi end-to-end.

Ketika proses remote HP berjalan, kamu juga bisa melakukan transfer file atau komunikasi via chat dan video dengan HP yang kamu remote. TeamViewer Remote Control juga kompatibel dengan berbagai jenis perangkat, termasuk Android, iPhone, Windows, macOS, dan Linux..

2. AnyDesk Remote Control

aplikasi remote hp jarak jauh anydesk
Aplikasi AnyDesk Remote Control

Bagi kamu yang memiliki kendala jaringan kurang stabil saat ingin meremote HP jarak jauh, maka menggunakan aplikasi AnyDesk Remote Control bisa menjadi sebuah solusi yang tepat. Sebab aplikasi ini tidak membutuhkan jaringan yang kencang saat proses kontrol HP jarak jauh.

Walaupun memiliki konsumsi jaringan internet yang minim dibanding aplikasi lainnya, namun tampilan didalam aplikasi ini juga tidak terlalu buruk, bahkan secara pribadi kami lebih suka tampilan yang minimalis seperti didalam aplikasi AnyDesk.

Kelebihan lain dari AnyDesk adalah ukuran aplikasinya yang tidak terlalu besar, sehingga sangat ramah untuk ponsel. Untuk masalah keamanan, AnyDesk juga sudah dibekali enkripsi data end-to-end, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan aplikasi kontrol HP jarak jauh ini.

3. AirMiror

aplikasi remote hp jarak jauh airmiror
Aplikasi AirMiror

AirMirror adalah aplikasi yang dirancang secara khusus untuk memudahkan kamu dalam mengontrol dan mengakses HP lain dari jarak jauh. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat dan juga mendengar suara dari sekitar dari perangkat ponsel yang diremote, sebab mereka memiliki fitur miroring layar dan juga kamera secara bersamaan.

Bagusnya lagi, saat proses menjalankan kamera dan microphone di HP yang kamu kontrol tidak ada pemberitahuan sama sekali, sehingga aplikasi ini juga cocok untuk mengawasi seseorang seperti kekasih ataupun anak kita.

Akan tetapi, aplikasi AirMiror memiliki mekanisme pengaturan yang sedikit rumit jika dibandingkan dengan yang lain, sebab kamu harus login di email yang sama untuk kedua ponsel. Selain itu, jaringan internet untuk kedua perangkat HP jarus stabil, dan jika ada salah satu yang lemah, maka proses remote HP jarak jauh bisa terputus.

4. Chrome Remote Dekstop

aplikasi remote hp jarak jauh chrome remote
Aplikasi Chrome Remote Dekstop

Aplikasi remote jarak jauh selanjutnya adalah Chrome Remote Dekstop. Dari namanya, kamu mungkin sudah mengetahui bahwa aplikasi ini besutan Google LLC, sehingga untuk kemanan data kamu tidak perlu ragu lagi.

Chrome Remote Dekstop menawarkan akes remote perangkat komputer dari jarak jauh hanya dengan menggunakan HP yang terhubung dengan Gmail yang sama. Dengan syarat, di perangkat komputer kamu sudah memasang ekstensi Google Crome Remote Dekstop.

Apabila kamu memiliki komputer lebih dari satu, kamu juga bisa meremote semua perangkat tersebut melalui HP kita, asalkan masih terhubung di akun Gmail yang sama. Selain itu, kamu juga bisa mentransfer file dari komputer yang kamu remote ataupun sebaliknya.

Akan tetapi, aplikasi Chrome Remote Dekstop hanya bisa kamu gunakan untuk proses remote HP jarak jauh ke perangkat komputer saja. Sehingga bagi kamu yang ingin remote HP ke HP jarak jauh, tidak bisa menggunakannya.

5. AirDroid Parental Control

aplikasi remote hp jarak jauh airdroid
Aplikasi AirDroid Parental Control

Sedikit berbeda dengan aplikasi remote jarak jauh di HP yang sebelum-sebelumnya, AirDroid Parental Control berfokus pada akses kontrol jarak jauh HP untuk pengawasan orang tua.

Aplikasi ini memiliki fitur keamanan yang memungkinkan orang tua untuk memantau dan menghubungi anak mereka dengan mudah, bahkan ketika mereka terpisah jarak. Selain itu, fitur untuk memonitor aktivitas online anak, dan memungkinkan penyaringan konten juga tersedia secara lengkap didalam aplikasi ini. Sehingga kita tidak perlu khawatir tentang kesahatan digital dari ponsel anak kita.

Namun, agar aplikasi ini bisa optimal untuk mengontrol HP anak dari jarak jauh, kita perlu melakukan mengatur lebih detail diawal, sebab aplikasi ini tidak bisa beroperasi secara otomatis.

Cara Remote HP Jarak Jauh dengan TeamViewer

cara remote hp jarak jauh dengan teamviewer

Pada dasarnya, proses untuk meremote HP menggunakan aplikasi-aplikasi diatas memiliki konsep yang hampir sama. Oleh sebab itu, kami memilih untuk mencontohkan cara remote HP jarak jauh menggunakan aplikasi TeamViewer saja, sebab aplikasi tersebut paling banyak digunakan.

Langkah-langkah kontrol HP jarak jauh dengan aplikasi TeamViewer adalah sebagai berikut:

  1. Instalasi Aplikasi:
    • Pasang aplikasi TeamViewer Remote Control pada HP yang akan digunakan untuk meremote.
    • Di HP yang akan diremote, instal aplikasi TeamViewer QuickSupport.
  2. Persiapan pada HP yang Akan Diremote:
    • Buka aplikasi TeamViewer QuickSupport di HP yang akan diremote.
    • Kemudian, izinkan akses aksesibilitas pada aplikasi.
    • Secara otomatis, ID penautan perangkat akan muncul.
    • Disini, jangan tutup aplikasi QuickSupport sampai proses remote HP selesai.
  3. Lakukan Proses Penyambungan:
    • Buka aplikasi TeamViewer Remote Control di HP yang akan digunakan untuk meremote. Dan lakukan login akun.
    • Masukkan ID yang tadi didapat dari aplikasi QuickSupport, dan pilih Kontrol Jarak Jauh.
    • Secara otomatis di HP yang akan kita remote akan muncul pesan pop-up konfirmasi, pilih Izinkan agar remote jarak jauh bisa berjalan.
    • Maka, proses kontrol HP jarak jauh sudah berhasil dilakukan.

Sebagai catatan, agar proses remote HP berjalan dengan lancar, pada perangkat yang akan diremote harus mengizinkan akses akesibilitas untuk aplikasi TeamViewer. Apabila proses remote tetap tidak bisa berjalan, coba install aplikasi TeamViewer Remote Control, dan TeamViewer Universal Add-On di perangkat yang akan diremote jarak jauh.

Oh iya, ketika proses remote berjalan, usahakan untuk setiap ponsel terhubung di jaringan internet yang stabil, sebab jika salah satu memiliki jaringan yang lambat, maka proses remote bisa terjadi delay atau bahkan terputus.

Itulah pembahasan tentang aplikasi remote HP jarak jauh dan cara kontrol HP jarak jauh yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan membantu kamu mengatasi masalah.

FAQ

Bisakah saya meremot HP tanpa persetujuan dari pemiliknya?

Tidak bisa, sebab proses remote HP memerlukan banyak konfirmasi dari perangkat yang akan kita remote. Sehingga akan sangat sulit dilakukan jika kita tidak mendapatkan izin dari pemilikinya.

Apa yang harus saya lakukan jika koneksi saat proses remote terputus?

Tetap tenang, dan coba untuk mengecek kembali status internet dari kedua belah HP. Apabila koneksi internet sudah aman, lakukan penyambungan ulang mulai dari awal.

Bisakah saya transfer file antar perangkat saat meremot HP?

Bisa, beberapa aplikasi remote HP jarak jauh seperti TeamViewer menawarkan fitur transfer file antar perangkat. Namun, kamu harus ingat bahwa proses transfer file ini seperti selayaknya download file dari internet, jadi cepat lambat prosesnya tergantung dari koneksi internet kita.

Leave a Reply