10 Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong (Full Kertas & Rapi)

Cara print Excel agar tidak terpotong – Bagi kita yang masih awam dalam menggunakan Microsoft Excel, hal yang paling sering kita temui ketika mencetak atau print halaman Excel adalah kondisi lembar kerja yang tidak bisa tercetak secara utuh alias terpotong.

Kondisi ini tentu saja membuat kita bingung dan kesal, sebab lembar kerja yang sudah kita buat dengan susah payah menjadi berantakan atau bahkan sulit dibaca ketika dicetak.

Nah, apabila kamu mengalami kesulitan dalam mencetak lembar kerja di Excel secara full dan tidak terpotong, maka kamu berada pada artikel yang tepat.

Karena pada artikel Tutorian21 kali ini akan membagikan tips dan cara print Excel agar tidak terpotong dan bisa full halaman. Jadi, simak dengan seksama ya!

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

Berbeda dengan Microsoft Word yang memiliki lembar kerja berbentuk kertas, Microsoft Excel memiliki lembar kerja berbentuk tabel yang tak terbatas. Hal inilah yang membuat kita kadang kesulitan ketika ngeprint lembar kerja di Excel.

Sebab jika kita asal melakukan print dan tidak melakukan penyesuaian kertas dan print area pada lembar kerja Excel, maka hasil print out lembar kerja tersebut akan terpotong atau tidak bisa full.

Oleh sebab itu sebelum mencetak lembar kerja di Excel, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar hasilnya tidak terpotong.

1. Atur ukuran kertas yang digunakan

cara print excel agar tidak terpotong

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan agar hasil print lembar kerja Excel tidak terpotong adalah dengan mengatur ukuran kertas sesuai dengan yang kita gunakan. Kamu bisa mengatur ukuran kertas di Excel seperti langkah-langkah berikut ini.

  • Pilih Tab Page Layout.
  • Klik dropdown menu Size.
  • Setelah itu kamu tinggal sesuaikan dengan ukuran kertas yang kamu gunakan.

2. Atur Margin yang sesuai

cara print excel agar tidak terpotong

Sama halnya ketika ingin mencetak dokumen pada umumnya, ketika ingin ngeprint Excel kita juga perlu mengatur Margin halaman atau pembatas pada tepian halaman.

Hal ini dilakuakan agar hasil cetakan lembar kerja Excel kita bisa terlihat lebih rapi, sebab ada ruang kosong atau pembatas di setiap sisinya. Cara untuk mengatur Margin di Excel adalah sebagai berikut.

  • Pilih Tab Page Layout.
  • Klik dropdown menu Margins.
  • Maka akan terlihat banyak pilihan Margin yang sudah disediakan secara default oleh pihak Excel, yaitu Normal, Wide, dan Narrow. Apabila kamu ingin mengatur sendiri ukuran Marginnya silahkan pilih Custom Margin.
  • Lalu kamu tinggal masukkan ukuran Margin sesuai dengan yang kamu inginkan, dan checklist kedua pilihan Center On Page agar hasil print Excel bisa persis ditengah-tengan kertas.

3. Atur orientasi halaman

cara print excel supaya tidak terpotong

Setelah kita berhasil mengatur kertas dan Margin, maka langkah selanjutnya kita perlu mengatur orientasi halaman pada lembar kerja Excel. Proses ini sangat berpengaruh untuk membuat hasil cetakan lembar kerja Excel bisa full tanpa terpotong, maka kamu jangan melewatkannya.

Orientasi lembar kerja di Excel secara default akan berada pada mode Potrait atau berdiri, sehingga apabila ada banyak kolom yang akan kita print di Excel maka harus diubah dalam bentuk Landscape atau horizonatal.

Cara mengatur orientasi halaman di Excel adalah sebagai berikut.

  • Pilih Tab Page Layout.
  • Klik dropdown menu Orientation.
  • Setelah itu kamu tinggal pilih orientasi halaman yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Preview tampilan halaman dengan Layout View

cara print excel agar tidak terpotong

Proses ini sebenarnya hanyalah untuk mengecek lembar data Excel kita yang akan di cetak saja, sehingga apabila ada bagian yang terpotong bisa kita lakukan perbaikan sebelum di cetak.

Untuk melakukan preview tampilan halaman Excel yang akan di print, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama pilih Tab View.
  • Kemudian pilih menu Page Layout.
  • Maka secara otomatis tampilan lembar kerja Excel akan terlihat per halaman kertas. Kamu tinggal mengedit ulang apabila ada yang terpotong.

5. Atur Print Area yang dibutuhkan

cara print di excel agar tidak terpotong

Ketika kita mencetak secara default lembar kerja Excel, maka otomatis semua kolom dan baris yang terisi data akan di print semuanya. Sehingga apabila kita ingin mencetak bagian kolom dan baris tertentu saja maka kita perlu mengatur print area lembar kerja tersebut.

Langkah-langkah untuk mengatur area lembar kerja Excel yang akan di print adalah:

  • Pertama-tama blok kolom dan baris yang akan di print.
  • Lalu masuk ke Tab Page Layout.
  • Kemudian klik dropdown menu Print Area dan pilih Set Print Area.

Pada step ini kamu bisa melewatinya apabila kamu ingin mencetak semua isi lembar kerja Excel kamu.

6. Melihat pergantian halaman cetak

cara print excel agar tidak terpotong

Apabila lembar kerja Excel yang akan kamu cetak memiliki kolom dan baris yang banyak, maka secara otomatis lembar kerja tersebut akan tercetak dalam beberapa halaman.

Oleh sebab itu, kamu perlu melihat pergantian halaman yang akan di cetak di Excel, agar tidak ada bagian yang terpotong atau tidak sesuai.

Untuk melihat pergantian halaman yang akan di cetak pada Excel, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pilih Tab View.
  • Kemudian pilih menu Page Break Preview.

7. Menyesuaikan Page Break pada halaman cetak

cara ngeprint excel agar tidak terpotong

Setelah kamu melihat tampilan perhalaman yang akan dicetak, kamu bisa menyesuaikan tabel yang akan dicetak perhalaman tersebut menggunakan Page Break.

Untuk mengaturnya, kamu bisa langsung menyeret garis pinggir biru ke area yang kamu inginkan atau menggunakan tools Insert Break seperti berikut ini.

  • Dalam tampilan Page Break Preview, silahkan pilih kolom atau baris yang akan menjadi pembatas halam satu dan dua.
  • Kemudian masuk ke Tab Page Layout, klik droupdown menu Breaks dan pilih Insert Page Break.
  • Secara otomatis pemisah halaman satu dan dua akan terbentuk.

Apabila kamu ingin menghapus Page Break, kamu bisa masuk ke menu Breaks dan pilih Remove Page Break atau jika ingin menghapus semua Page Break yang sudah dibuat pilih Reset All Break.

8. Atur skala percetakan

cara ngeprint excel agar tidak terpotong

Perlu diketahui bahwa Excel memiliki ratusan atau bahkan ribuah baris atau kolom yang dapat dibuat, sehingga untuk bisa mencetak lembar kerja di Excel agar tidak terpotong kita perlu mengatur sekala percetakan dengan tepat.

Kamu bisa mengatur pembagian halaman mendatar dan menurun yang akan dicetak seperti berikut.

Pertama-tama masuk Tab Page Layout. lemudian masuk ke group menu Scale to Fit dan drowpdown menu Windth dan Height.

Umumnya saat mencetak lembar kerja di Excel kita hanya perlu mengatur Windth menjadi 1 Page, sedangkan Height dibiarkan otomatis supaya pembagian tinggi halaman bisa dilakukan otomatis.

9. Atur skala tabel

cara print excel agar tidak terpotong

Proses ini dilakukan apabila tabel yang akan di cetak menjadi kurang rapi sebab terlalu besar.

Kamu bisa langsung mengatur skala tabel yang akan dicetak di Excel seperti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke halaman Print dengan menekan kombinasi tombol CTRL+P.
  • Setelah itu pilih Page Setup.
  • Pada bagian Scaling to, pilih Adjust to dan kecilkan skala tabel hingga ke angka yang tepat.
  • Jika sudah klik Ok.

10. Cek keseluruhan halaman dan print

Setelah melakukan semua tips di atas, lakukan print preview untuk sekali lagi agar memastikan hasil print bisa sempurna dan tidak ada yang terpotong.

Apabila semua tampilan halaman yang akan di cetak sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa langsung print lembar kerja Excel tersebut.

Penutup

Itulah cara print Excel agar tidak terpotong yang dapat kami bagikan. Pada dasarnya untuk bisa mencetak lembar kerja di Excel secara rapi tanpa terpotong tentunya kita perlu pintar-pintar memainkan skala dari tabel.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply