Cara Menyimpan Dokumen Hasil Editan Photoshop

Diposting pada

Cara menyimpan dokumen gambar hasil editan Photoshop – Membuat dan mengedit sesuatu dengan Photoshop memang sagat menyenangkan. Anda bisa menuangkan seluruh kreativitas anda menjadi sebuah karya visual yang sangat menakjubkan, saya yakin anda bisa melakukannya di aplikasi Photoshop ini.

Cara menyimpan file Poshophot dengan baik dan benar

Setelah membuat desain dan menyempurnakan gambarnya tentu yang harus di lakukan adalah menyimpan hasilnya. Untuk menyimpan dokumen hasil editan Photoshop caranya cukup mudah, namun banyak para pemula yang belum paham caranya. Karena itu di kesempatan ini Admin akan mengajarkan kapada kalian bagaimana cara menyimpan file/dokumen (gambar) Photoshop yang baik dan benar.

Biasanya kesalahan yang sering di lakukan para pemula adalah ketika akan menyimpan file Photoshop mereka lupa menentukan/mengganti format file-nya. Sehingga jika tidak di ganti format-nya maka file tersebut akan otomatis berbentuk PSD, dan hasilnya gambar tidak bisa di buka secara langsung.

Nah, agar gambar bisa di buka secara langsung, maka kita harus mengubah format file-nya menjadi JPG atau PNG ketika hendak menyimpan. Setidaknya dua format tersebut yang paling umum dan sering di pakai, misalnya untuk di buka di Android, di upload ke sosial media, blog, web, dll.:

Baca Juga:

Cara Menyimpan Dokumen Hasil Editan Photoshop

1. Pertama-tama silahkan buka aplikasi Photoshop di laptop atau Pc anda, kemudian buatlah sebuah projek atau suatu gambar.

2. Jika sudah selesai kini saatnya untuk menyimpan. Tekan menu File -> Save As (CTRL + Shift + S) maka akan muncul jendela baru.

Menyimpan file photoshop sebagai gambar PNG dan JPG

3. Pilih lokasi penyimpanan anda lalu tentukan nama filenya. Jika sudah, klik pada bagian Save as Type dan tentukan formatnya. Saya sarankan untuk menggunakan format JPG/JPEG jika hanya ingin di posting ke sosial media.

Cara menyimpan gambar photoshop menjadi JPG / PNG

4. Kemudian klik Save maka akan muncul pengaturan kualitas gambar dari Low sampai Maximum. Semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin besar ukuran filenya.

Cara menentukan gambar resolusi Photoshop

5. Jika sudah langsung saja tekan Ok. Kini file editan anda berhasil di simpan.

Saran saya simpan juga file editan anda dalam bentuk PSD agar jika ada revisi kesalahan anda masih bisa mengeditnya menggunakan file PSD tersebut. Karena di file JPG dan PNG anda sudah tidak bisa mengedit layer-layernya layaknya file PSD.

Dari ketiga file tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan yang dapat Admin simpulkan seperti ini:

  • PSD: Kelebihannya bisa di edit lagi di Photoshop, dan kekurangannya tidak bisa langsung di buka di media pembuka gambar dan juga tidak bisa di unggah di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
  • JPG: Kelebihannya bisa di unggah di semua media sosial, ukuran filenya juga bisa di buat cukup ringan. Kekurangannya layer-layernya tidak bisa di edit lagi di Photoshop.
  • PNG: Kelebihannya bisa di gunakan untuk membuat gambar transparan, bisa di unggah di semua sosial media, gambar cukup tajam. Kekurangannya ukuran file cukup besar dan tidak bisa di edit lagi layer-layernya.

Bagaimana, sudah mengerti? Intinya jika gambar editan anda belum selesai, maka simpan filenya menggunakan format PSD agar bisa di teruskan pengeditannya. Nah jika sudah selesai dan ingin di posting ke sosmed silahkan simpan gambarnya menggunakan format JPG atau PNG.

Seperti itulah kira-kira cara menyimpan file/dokumen editan gambar Photoshop yang sudah selesai secara benar. Demikan tutorial tentang Photoshop kali ini semoga dapat membantu anda, dan jika ingin belajar tutorial Photoshop lainnya silahkan baca di Tutorian21.

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *