Cara Menonaktifkan Akun FB yang di Hack Secara Permanen

Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack Secara Permanen – Tragedi pembajakan atau Hacking akun-akun FB belakangan ini memang sangat banyak terjadi. Hal tersebut memang sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi, mengingat banyaknya fungsi akun Facebook dari mulai untuk berjualan, promosi barang, bahkan untuk menghasilkan uang dari monetisasi Facebook Ads.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengembalikan akun Fb yang dibajak, akan tetapi akun Facebook kalian yang dibajak tersebut sebelumnya harus sudah melakukan otentikasi kemanan seperti mengkonekkan terhadap email atau nomer ponsel.

Tetapi jika kalian belum melakukan otentikasi kemanan akun FB kalian yang terkena hack dan bahkan lupa akan email atau kata sandi kalian sendiri. Jalan satu-satunya adalah menonaktifkan akun FB kalian yang di hack tersebut secara permanen, agar akun yang terbajak tersebut tidak merugikan kalian lebih lanjut.

Nah, di artikel ini kami akan membahas cara menonaktifkan akun FB yang di hack, jadi jika kalian mengalami pembajakan akun Facebook dan ingin menghapus akun FB tersebut bisa mengikuti tutorial ini.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun FB Yang Dibajak Orang

Tahapan dan Cara Menonaktifkan Akun FB Yang di Hack

Saat akun Facebook kita terkena hack, maka otomatis kita tidak memiliki akses untuk masuk ke akun Facebook tersebut. Sehingga untuk bisa menonaktifkan akun FB yang di hack kita harus membuat laporan pembajakan akun dan penutupan akun secara permanen kepada pihak Facebook.

Permasalahannya adalah proses pengajuan laporan pembajakan akun hingga penonaktifan akun FB kalian itu tidak singkat, karena pihak Facebook sendiri juga membutuhkan waktu peninjauan akun yang di hack terlebih dahulu.

Oleh sebab itu kami akan membagikan tahapan-tahapan dan cara menonaktifkan akun Fb yang di hack yang harus kalian lewati, agar terbajaknya akun Facebook kalian tidak membuat kerugian terhadap kalian yang lebih besar.

Membuat Pemberitahuan

Sebelum ke cara menonaktifkan akun FB yang di hack, hal pertama yang harus kalian lakukan jika mendapati akun FB kalian terkena hack adalah memberitahu teman atau saudara terlebih dahulu. Pemberitahuan disini bertujuan agar teman atau saudara kalian tidak dirugikan dengan dibajaknya akun FB kalian.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan akun FB yang di hack digunakan untuk penipuan, dengan modus meminta bantuan kepada teman atau saudara kita untuk mengirim uang dengan menggunakan akun FB kita yang sudah dia hack.

Selain hal itu, dengan kita memberitahukan bahwa akun FB kita di bajak orang lain maka nama baik kita akan tetap terjaga jika orang yang membajak akun kita memutuskan untuk mengunggah sesuatu yang buruk.

Setelah teman atau saudara kita sudah mengetahui bahwa akun FB kita terkena hack, langkah selanjutnya adalah meminta bantuan mereka untuk melaporkan akun Facebook tersebut, agar akun FB yang di hack bisa dinonaktifkan oleh pihak Facebook.

Melaporkan Akun FB Yang di Hack Ke Facebook

Tahapan selanjutnya untuk menonaktifkan akun FB yang di hack secara permanen adalah melaporkan akun yang di bajak tersebut ke pihak Facebook.

Karena kita tidak mempunyai akses kendali terhadap akun yang di hack, maka satu-satu cara menonaktifkan akun FB yang di hack adalah dengan melaporkannya ke pihak Facebook agar pihak Facebook sendiri yang akan menonaktifkan akun yang di hack tersebut.

Kami sudah membagi ada dua jenis laporan yang dapat kalian lakukan untuk menonaktifkan akun yang di hack, yaitu:

  1. Laporan yang dilakukan oleh orang lain
  2. Laporan yang dilakukan kita sendiri

Untuk cara melaporkan akun Facebook agar bisa di nonaktifkan secara permanen, kalian bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Cara lapor akun FB yang di hack oleh orang lain

Proses melaporkan akun Fb yang di hack dalam cara ini kusus dilakukan oleh akun orang lain, kalian bisa meminta bantuan untuk melaporkan dari teman atau saudara kalian. Karena semakin banyak jumlah pelapor maka akan semakin bagus.

Untuk cara melaporkan akun FB yang di hack dengan menggunakan akun orang lain sangat mudah, yaitu:

  • Pertama buka profil akun FB yang di hack dengan menggunakan akun FB orang lain, kemudian klik titik tiga yang ada didalam profil akun Facebook tersebut dan pilih Cari Dukungan atau Laporkan Profil
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack
  • Lalu akan ditampilkan jendela beberapa pilihan laporan, kalian pilih Saya Ingin Membantu
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack Secara Permanen
  • Maka kalian akan diarahkan pada beberapa pilihan laporan akun FB yang lebih detail, kalian pilih Dibajak
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack Secara Permanen
  • Jika tampilan dilayar kalian seperti gambar dibawah ini, maka proses melaporkan akun FB yang dibajak sudah selesai
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack Secara Permanen

Seperti itulah cara menonaktifkan akun FB yang di hack dengan cara melaporkan akun tersebut menggunakan facebook orang lain.

Melaporkan akun Facebook yang di hack seperti ini akan sangat bagus jika dilakukan oleh banyak orang, sehingga pihak Facebook akan percaya dan bisa dengan cepat menindaki akun yang dibajak.

Akan tetapi perlu diingat bahwa cara menonaktifkan akun FB yang di hack di atas hanya bisa dilakukan oleh orang lain atau akun facebook lain. Jika kalian ingin melaporkan sendiri akun kalian bisa mengikuti cara di bawah ini.

2. Cara lapor akun FB yang di hack oleh kita sendiri

Cara menonaktifkan akun FB yang di hack dengan melapor ke pihak Facebook yang kedua ini bisa dilakukan oleh kita sendiri. Akan tetapi cara yang kedua ini membutuhkan persiapan yang ekstra jika dibandingkan dengan cara yang pertama di atas.

Hal-hal yang harus kalian persiapkan sebelum melakukan cara ini adalah menyiapkan akun Facebook baru dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Akun Facebook harus menggunakan nama pengguna, bio, dan keterangan profil lain yang sama dengan akun FB kalian yang terkena hack
  2. Akun Facebook harus menggunakan foto profil yang sama dengan akun FB kalian yang terkena hack
  3. Samakan juga sebagian postingan yang ada di FB kalian yang terkena hack

Jika kalian sudah berhasil membuat akun yang sama dengan akun FB kalian yang terkena hack, maka langkah selanjutnya adalah melaporkan akun kalian yang terkena hack tadi menggunakan akun FB duplikat yang sudah kalian buat.

Langkah-langkah untuk melaporkan akun FB dengan menggunakan akun duplikat hampir sama dengan cara menonaktifkan akun FB yang di bajak oleh orang lain yang pertama tadi, akan tetapi berbeda pada jenis laporan yang dipilih saja.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat tutorialnya dibawah ini:

  • Pertama buka profil akun FB yang di hack dengan menggunakan akun FB orang lain, kemudian klik titik tiga yang ada di dalam profil akun Facebook tersebut dan pilih Cari Dukungan atau Laporkan Profil
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack
  • Lalu akan ditampilkan jendela beberapa pilihan laporan, kalian pilih Berpura-pura Menjadi Orang lain
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack
  • Maka kalian akan diarahkan pada beberapa pilihan laporan akun FB yang lebih detail mengenai laporan menyamar, kemudian pilih Saya
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack
  • Setelah itu kalian akan diberikan pernyataan persetujuan pelaporan, kalian pilih Kirim
    Cara Menonaktifkan Akun FB Yang Di Hack

Cara menonaktifkan akun FB yang di hack dengan melaporkan akun yang dibajak menggunakan akun duplikat sebagai penyamar akun seperti ini cukup efektif jika dibandingkan dengan melapor dengan pembajakan biasa.

Akan tetapi mungkin setelah kalian melaporkan bisa jadi tindakan dari Facebook adalah membekukan kedua akun tersebut. Jadi bisa dibilang cara menonaktifkan akun FB yang di hack ini menumbalkan satu akun duplikat.

Menunggu Keputusan Facebook

Hal terakhir yang bisa kalian lakukan setelah melaporkan akun FB yang terkena hack adalah menunggu peninjauan dan keputusan dari pihak Facebook mengenai laporan yang sudah kalian kirim.

Sayangnya dari pihak Facebook sendiri belum ada peraturan resmi yang menyangkut waktu tunggu untuk sebuah laporan yang diajukan oleh para penggunanya.

Biasanya pengajuan laporan mengenai pembajakan akun Facebook akan langsung ditindaki apabila hacker yang membajak akun tersebut melakukan aktifitas yang mencurigakan, seperti memposting sesuatu yang melanggar.

Akan tetapi apabila pembajak tidak melakukan aktifitas yang mencurigakan maka tindakan penonaktifan akun FB kalian yang di hack akan lebih lama karena pihak Facebook akan mempertimbangkan relevansi laporan terlebih dahulu.

Oleh sebab itu banyaknya pelapor dan jumlah laporan yang diajukan kepada pihak Facebook mengenai akun FB kalian yang di hack sangat menentukan cepat lambatnya proses penonaktifan akun FB kalian yang dibajak.

Tetapi kalian jangan berkecil hati, kalian bisa melaporkan pembajakan akun FB hingga 5-6 kali perhari dengan menggunakan cara menonaktifkan akun FB yang di hack di atas dengan akun yang sama.

Baca juga: Kumpulan Nama FB Keren Untuk Laki-laki dan Perempuan

Penutup

Cukup sampai disini pembahasan kita tentang cara menonaktifkan akun Fb yang di hack secara permanen. Kunci dari keberhasilan untuk menghapus akun Facebook adalah jumlah laporan yang diajukan. Oleh karena itu mintalah bantuan sebanyak-banyaknya kepada teman-teman kalian agar proses menonaktifkan akun FB bisa berjalan dengan cepat.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar