mengirim file tanpa kabel data

Cara Mengirim File dari HP ke PC Tanpa Kabel Data USB

Diposting pada

Bagi pengguna android, cara paling umum untuk mengirim file dari HP ke PC atau sebaliknya adalah dengan menggunakan kebel data USB. Namun cara ini terkadang mengalami kendala, seperti tidak adanya kabel data USB, lubang USB rusak, atau bahkan driver USB pada PC mengalami eror.

Jika Anda mengalami masalah seperti di atas, maka Anda sangat beruntung telah membaca postingan ini. Karena, di artikel ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirim file dari HP ke PC tanpa menggunakan kebel data USB.

Namun di sini kita tidak akan memakai perangkat bluetooth, melainkan kita akan memakai jaringan WiFi atau Hotspot sebagai media penghubung antara HP dan PC, dan tentunya kita akan memakai bantuan aplikasi tertentu.

Perlu Anda ketahui, meskipun kita memakai jaringan WiFi atau Hotspot, namun proses mengirim atau menerima file tidak akan memakai ataupun mengurangi kuota internet Anda. Karena memang pada dasarnya cara ini hanya memanfaatkan WiFi atau Hotspot sebagai media penghubung saja.

Baca Juga: Cara Mematikan Keyboard Laptop Eror

Cara Mengirim File dari HP ke PC dengan SHAREit

Shareit adalah aplikasi besutan Lenovo yang dapat digunakan untuk mengirim file dari HP ke PC atau sebaliknya tanpa memakai kabel data. Aplikasi ini akan memanfaatkan jaringan WiFi atau Hotspot sebagai media pengiriman file.

Menurut penelitian, kecepatan transfer data Shareit bisa 200x lebih cepat jika dibandingkan dengan media transfer data Bluetooth. Dan menariknya, Anda tidak perlu menginstal Sahreit di PC dan cukup di HP saja.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut untuk mentransfer file dari HP Android ke PC/laptop tanpa menggunakan kabel USB? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Pertama download dan install aplikasi Shareit di HP android Anda.
  2. Jika sudah terinstal, langsung saja buka aplikasinya dan masuk ke menu yang ada di pojok kanan atas.
  3. Pilih opsi Sambungkan ke PC.
  4. Pilih Mode Hotspot.
  5. Sambungkan PC dengan Hotspot yang tertera di Shareit. hubungkan pc dengan shareit
  6. Jika sudah, sekarang buka browser di PC Anda dan masukkan alamat Web yang tertera di Shareit dengan benar. cara mengirim file dari HP ke PC dengan shareit
  7. Tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat hingga PC dan HP berhasil terhubung.
  8. Sekarang Anda sudah bisa mulai mengirim file dari HP ke PC ataupun sebaliknya.

Cara Mengirim File dari HP ke PC dengan Xender

Xender adalah aplikasi Android yang mirip dengan Shareit. Namun bedanya, Xender memiliki ukuran file aplikasi yang lebih ringan dibandingkan Shareit, yaitu sekitar 15 Mb saja.

Xender juga menawarkan fitur yang menarik, di mana pengguna dapat langsung mengakses folder dan semua jenis file yang ada dalam ruang penyimpanan HP melalui browser komputer.

Untuk kecepatan pengiriman data sendiri Xender tidak kalah cepat dari Shareit. Ditambah lagi dengan cara pemakaiannya yang mudah dan simpel membuatnya layak untuk Anda jadikan aplikasi transfer data dan file di HP.

Berikut cara menggunakan Xender untuk mengirim file dari HP Android ke PC tanpa kabel data:

  1. Download dan pasang aplikasi Xender di HP Anda.
  2. Aktifkan Hotspot HP dan sambungkan PC ke Hotspot tersebut.
  3. Buka aplikasi Xender, kemudian pilih ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas dan pilih opsi Connect PC. Di sini Anda akan menemukan alamat Web yang nantinya akan dipakai untuk menghubungkan PC dengan HP. cara mengirim file dengan xender
  4. Buka browser di PC Anda, lalu masukkan alamat Web yang telah diberikan oleh Xender tadi, lalu tekan enter. cara mengirim file dengan xender
  5. Periksa HP Anda untuk menerima izin menyambungkan perangkat HP dengan PC.
  6. Penyambungan selesai dan Anda sudah bisa mengambil atau mengirim file.

Cara Mengirim File dari HP ke PC dengan ShareMe

Bagi pengguna HP Xiaomi pasti tidak asing lagi dengan aplikasi ShareMe atau yang dulu dikenal dengan nama MiDrop. Aplikasi besutan Xiaomi ini juga dapat Anda pakai untuk mengirim data ke komputer tanpa memakai kebel USB. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang sangat ringan yaitu sekitar 5 MB.

Cara kerjanya hampir sama dengan Shareit dan Xender yaitu dengan memakai jaringan WiFi. Namun, ShareMe tidak memakai browser untuk mengakses file manager HP, melainkan memakai File Explorer atau File Manager.

Berikut cara mengirim file dari HP Android ke PC menggunakan ShareMe:

  1. Pertama Anda harus menghubungkan HP dan Komputer Anda ke jaringan Hotspot atau WiFi yang sama.
  2. Kemudian buka ShareMe dan pilih icon garis tiga yang ada di kiri atas.
  3. Pilih opsi Hubungkan ke Komputer.
  4. Pilih Mulai.
  5. Pilih tipe koneksi Portable lalu Anda akan mendapat semacam kode alamat. cara mengirim file dengan shareme
  6. Pada komputer, silahkan buka File Explorer atau File Manager.
  7. Masukkan alamat yang diberikan ShareMe ke kolom yang saya beri tanda merah. cara mengirim file dengan shareme 1
  8. Tekan enter pada keyboard dan Anda akan segera terhubung ke file manager HP Anda.
  9. Sekarang Anda sudah dapat mengirim ataupun mengambil file dari perangkat HP Anda.

Yap, seperti itulah beberapa cara mengirim file dari HP ke PC/laptop tanpa menggunakan kabel data USB. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *