Cara Mengganti Nada Dering WA Dengan MP3 Musik Sendiri

Cara mengganti nada dering WA dengan MP3 – Memiliki banyak teman chatting di WhatsApp memang sangat menyenangkan, namun pernah nggak sih kamu merasa bosan dengan nada dering atau nada notifikasi WhatsApp kamu?

Bisa kita banyangkan betapa membosankannya jika kita medapatkan banyak notifikasi WhatsApp dengan nada dering yang sama setiap saat, apalagi nada dering asli bawaan WA seringkali sama dengan milik orang lain.

Jika anda merasa bosan dengan nada dering WhatsApp yang itu-itu saja, dan ingin menggantinya dengan MP3 atau musik, maka anda sedang membaca artikel yang tepat.

Karena pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengganti nada dering WA dengan MP3, jadi mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengganti Nada Dering WA dengan MP3

Cara mengganti nada dering pesan atau panggilan WA dengan MP3 sebenarnya sangat mudah, karena pihak WhatsApp sendiri menyediakan pengaturan khusus untuk melakukan hal tersebut.

Berikut beberapa langkah yang perlu kalian ikuti untuk mengubah nada dering WA dengan MP3 atau musik:

1. Langkah pertama, siapkan MP3 yang akan anda gunakan sebagai pengganti nada dering default WhatsApp. Anda bisa menemukan nada MP3 dari Youtube atau paltform penyedia musik lain.

2. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp dan masuk pada menu Setelan

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

3. Setelah berada di dalam menu Setelan WhatsApp, pilih Notifikasi

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

4. Di dalam pengaturan notifikasi WhatsApp ini anda bisa mengubah nada dering dari pesan, group, dan panggilan. Sebagai contoh di sini saya akan mengubah nada dering pesan atau chat.

Selanjutnya akan muncul semua pilihan nada dering default bawaan HP, jika ingin menggunakan nada dering MP3 silahkan pilih opsi “Pilih dari file

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

4. Maka akan tampil semua file musik / MP3 yang ada di dalam penyimpanan HP anda, selanjutnya pilih MP3 yang akan anda gunakan sebagai nada dering WA yang baru

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

Selesai, proses mengganti nada dering WA dengan MP3 sudah berhasil. Sekarang coba tes dengan meminta teman anda mengirim pesan atau panggilan.Anda bisa mengulangi langkah di atas untuk mengganti nada dering dari group ataupun panggilan WhatsApp.

Cara Mengembalikan Nada Dering WA ke Default

WhatsApp memberikan pengaturan reset nada dering yang berfungsi untuk mengembalikan nada dering WA ke semula.

Untuk cara mengembalikan nada dering WA ke default adalah:

1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp anda dan masuk pada Setelan

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

2. Setelah itu masuk pada menu Notifikasi

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

3. Di dalam menu notifikasi, klik titik tiga yang ada dipojok kanan atas, lalu pilih Setel ulang setelan notifikasi

cara mengganti nada dering WA dengan mp3

4. Maka akan muncul jendela pesan, silahkan pilih Setel ulang 

cara mengganti nada dering WA dengan mp3

Nah, setelah itu semua nada dering notifikasi WA anda akan otomatis kembali ke default semua.

Permasalahan Seputar Mengganti Nada Dering WA

Saat mengganti nada dering WA dengan MP3, terkadang ada beberapa masalah yang ditemui. Contohnya seperti MP3 yang ingin dibuat nada dering WA tidak ada di dalam daftar ringtone, atau nada dering kembali ke default walaupun sudah diganti.

Jika kalian menemui masalah -masalah seprti diatas, di dalam proses mengganti nada dering WA dengan MP3, kami akan memberikan solusi yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

1. Lagu atau MP3 yang ingin dibuat nada dering WA tidak ada dalam pilihan nada

Masalah pertama yang sering ditemukan saat mengganti nada dering WA dengan MP3 adalah musik atau MP3 yang ingin diguanakan sebagai nada dering WA tidak ada di dalam daftar pilihan.

Masalah ini biasanya muncul karena kita menempatkan file musik atau MP3 yang akan kita gunakan untuk mengganti nada dering WA tidak pada folder Ringtone / Notification.

Walaupun tidak semua jenis HP mengalami hal tersebut, tetapi jika kalian mengalaminya kalian bisa memindahkan file MP3 yang akan digunakan sebagai nada dering WA ke dalam folder Ringtone / Notification di dalam Penyimpanan Internal HP.

Jika di dalam penyimpanan internal HP kalian tidak ada folder tersebut, maka kalian bisa membuat folder manual dengan nama tersebut. Karena kemungkinan folder ringtone di dalam HP kalian tidak sengaja terhapus.

2. Proses mengganti nada dering WA sudah berhasil, tetapi mendadak kembali ke nada dering semula

Masalah kedua yang sering ditemui di dalam proses cara mengganti nada dering WA dengan MP3 adalah kita sudah berhasil mengganti nada dering WA dengan MP3 pilihan kita, tetapi mendadak nada dering WA tersebut kembali ke semula.

Masalah ini paling sering ditemui dalam HP Xiaomi, entah apa yang membuat hal tersebut bisa terjadi. Tetapi jika kalian mengalami hal demikian, kalian bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Pertama, buka WhatsApp dan masuk pada menu Setelan > Notifikasi

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

2. Kemudian pilih Nada notifikasi lalu pilih Tema

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

3. Anda akan di bawa pada tampilan aplikasi tema bawaan Xiaomi, kemudian pilih Nada dering lokal

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

4. Maka anda akan di bawa pada daftar nada dering yang ada di dalam file manager, pilih nada dering yang akan anda gunakan kemudian pilih Oke

Cara mengganti nada dering WA dengan Mp3

Setelah ini nada dering WhatsApp yang telah anda ganti tidak akan kembali ke semula. Namun jika anda ingin mengembalikannya ke semula, anda dapat mengikuti panduan pada poin di atas

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara mengganti nada dering atau notifikasi WhatsApp dengan MP3. Kami juga memberikan panduan bagi anda yang telah mengubah nada dering WhatsApp namun kembali lagi ke nada WhatsApp yang semula atau default.

Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel kami yang lain.

Tinggalkan komentar