2 Cara Mudah Mengganti Background Foto di Photoshop

Diposting pada

Pada tutorial photoshop kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengganti latar belakang atau background foto, mulai dari cara mengganti warna background, sampai mengganti background foto dengan gambar lain.

Teknik ini merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai oleh fotografer dan editor. Meskipun kelihatannya ribet, namun sebenarnya cara mengganti background foto di photoshop tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Yang terpenting Anda sudah menguasai salah satu tool seleksi yang ada di photoshop. Karena nantinya tool seleksi inilah yang akan kita pakai untuk memisahkan objek dan background untuk kemudian menggantinya.

Jika Anda belum mengerti sama sekali atau Anda masih newbie soal photoshop, janganlah khawatir. Karena di sini saya akan menjelaskan dengan rinci step by step. Baiklah tanpa berlama-lama, langsung saja kita mulai tutorialnya.

Cara Mengganti Warna Background Foto di Photoshop

Pada tutorial ini saya menggunakan photoshop CS6, namun tenang saja jika Anda memakai photoshop versi lain atau yang terbaru karena pada dasarnya cara dan tool yang dipakai sama saja.

Berikut cara mengganti warna background foto di photoshop:

  1. Buka photoshop dan masukkan foto yang ingin diubah warna backgroundnya, caranya seperti biasa pilih menu File > Open lalu pilih foto Anda.
  2. Buka gembok layer Background, caranya kilik kanan pada layer Background kemudian pilih opsi Layer from Background dan pilih Ok. cara mengganti background foto di photoshop
  3. Pilih Magic Wand Tool yang letaknya ada di bagian kiri photoshop (alat ini akan kita gunakan untuk menyeleksi dan menghapus background foto). pilih magic wand tool
  4. Arahkan kursor Anda ke background foto, kemudian klik satu kali di sana.
  5. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus background sehingga hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. menghapus background
  6. Pilih Paint Bucket Tool lalu pilih warna yang Anda inginkan. paint bucket tool
  7. Kemudian arahkan kursor Anda ke area background lagi dan klik satu kali di sana untuk memberikan warna baru pada background. mengganti warna background
  8. Terakhir, tekan tombol CTRL+D di keyboard untuk menghilangkan seleksi.
  9. Selesai, sekarang Anda bisa langsung menyimpan hasilnya. cara mengganti warna background di photoshop

Perlu Anda ketahui bahwa cara ini akan lebih efektif jika dipakai untuk mengganti background gambar yang berwarna polos dan kontras dengan objeknya.

Jika warna background foto Anda tidak polos, Anda perlu memakai tool seleksi lain seperti Pen Tool untuk menyeleksi dan menghapus backgroundnya.

Setelah Anda menghapus backgroundnya, Anda bisa memakai cara yang sama seperti di atas untuk mengubah warna background.

Cara Mengganti Background Foto di Photoshop dengan Gambar Lain

Sekarang kita akan belajar cara mengganti background foto di photoshop dengan gambar lain. Sederhananya kita akan memakai gambar atau foto lain untuk dijadikan background dengan cara menyisipkannya di belakang objek.

Daripada bingung mari langsung saja kita mulai tutorialnya:

  1. Buka photoshop dan masukkan foto Anda.
  2. Klik kanan pada layer Background lalu pilih opsi Layer from Background dan Ok. buka gembok layer
  3. Pilih Pen Tool lalu lakukan seleksi mengelilingi objek dengan cara klik-klik dengan mouse. Jika Anda tidak bisa memakai Pen Tool, silahkan lihat dulu tutorial video di link ini: Cara Menggunakan Pen Toolgunakan pen tool
  4. Selanjutnya, klik kanan pada area seleksi lalu pilih Make selection dan pilih Ok. make selection
  5. Masuk ke menu Select dan pilih Inverse. inverse
  6. Pilih layer utama Anda kemudian tekan tombol Delete untuk menghapus backgroundnya. klik layer utama
  7. Tekan CTRL+D untuk menghapus seleksi.
  8. Selanjutnya, masukkan gambar yang ingin anda jadikan background. Anda bisa memasukkannya dengan cara drag and drop kedalam photoshop.
  9. Letakkan layer gambar tersebut di bawah layer utama/objek Anda. memasukkan background
  10. Lalu tekan CTRL+T untuk mengatur ukuran dan posisi background/objek. mengganti background foto di photoshop

Sampai di sini Anda sudah berhasil mengganti background foto dengan gambar lain. Namun, saya ingin menambahkan tips supaya objek dan background Anda terlihat lebih menyatu dan terkesan real.

Caranya adalah seperti berikut:

Masuk ke menu Image > Adjustments > Color balance, atau bisa juga dengan cara menekan shortcut CTRL+B.

setting warna

Kemudian atur warna-warna pada opsi setelan Shadow, Midtones, dan Highlight. Silahkan atur hingga Anda merasa warna objek dan background sudah menyatu.

Jika sudah, langsung saja tekan Ok dan silahkan Save gambar Anda.

Bagaimana cukup mudah bukan? Demikian tutorial kali ini tentang cara mengganti background foto di photoshop. Apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *